• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi

Sakit Pinggang Berkepanjangan

Elsy Rhada Raina
Simpan

Malam dok saya mau nanyak nih. Saya baru pertama kali sakit yg awalnya hanya sakit di pinggang aja trus bertambah sakit di punggung juga terus sakitnya tiap hari bertambah sekarang malah sakit di dada jdi susah nafas sakit di tulang ekor sampe sakit di paha saya kadang kaki saya lemas tak bertenaga dan itu sudah berlangsung 2 minggu . Saya sudah mencoba semua saran dari org tapi tetap tidak kunjung sembuh malah bertambah sakit. Tolong dok saya kenapa ya dan cara nyembuhin.a gimana ya Terima kasih

dr. Asti Meidianti

Dokter

Jawaban rekomendasi dari dokter

Halo,

Perkenalkan saya dr. Asti Meidianti, dan saya akan berusaha menjawab pertanyaan kamu mengenai Sakit Pinggang Berkepanjangan.

Rasa nyeri yang muncul di pinggang bisa berasal dari berbagai sumber. Dari otot, nyeri saraf, hingga peradangan pada sendi bisa menimbulkan nyeri pada pinggang. Nyeri pinggang bisa timbul secara tiba-tiba, dan bisa juga terus menerus menyerang selama minimal tiga bulan atau disebut nyeri kronis.

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan timbulnya nyeri pinggang antara lain:

  • Nyeri dari Otot Quadratus Lumborum. Otot ini berperan untuk menopang postur tubuh. Rangsangan pada titik nyeri otot ini dapat memicu nyeri pada pinggang.
  • Herniasi Diskus Lumbalis. Tulang belakang atau vertebra manusia terdiri dari 5 bagian, salah satunya regio lumbal yang terdiri dari lima ruas dan memiliki mobilitas yang tinggi. Kondisi ini terjadi ketika cakram tulang rawan pada masing-masing ruas yang berfungsi sebagai peredam kejut mengalami kerusakan atau pergeseran sehingga menekan saraf tulang belakang.
  • Gangguan pada organ reproduksi. Pada perempuan, endometriosis dapat menyebabkan sakit pinggang, dengan rasa sakit yang tajam dan menusuk-nusuk. Infeksi pada organ reproduksi seperti inflammatory pelvic disease atau radang panggul juga sering menyebabkan keluhan sakit pinggang. Cermati pola menstruasi serta bila ada gangguan pada siklusnya.
  • Batu ginjal. Kondisi ini terjadi ketika batu yang berasal dari ginjal berpindah pada saluran kencing. Ketika batu berpindah terutama di saluran kencing yang sempit, akan menimmbulkan rasa nyeri kolik, nyeri saat buang air kecil, sulit untuk buang air kecil atau urine yang keluar sedikit, hingga terdapat darah atau pasir di urine.
  • Infeksi ginjal. Infeksi ginjal bisa disebabkan oleh infeksi pada saluran kemih yang ‘naik’ menuju ginjal. Peradangan dan nyeri lokal bisa terjadi pada kasus ini. Biasanya, gejala tambahan seperti demam, mual/muntah, nyeri buang air kecil, atau bau urine yang menyengat ikut menyertai.
  • Radang usus besar. Peradangan pada usus besar bisa menyebabkan sakit pinggang baik salah satu sisi bahkan keduanya.
  • Pada wanita hamil, nyeri pinggang umum terjadi ketika janin dalam tahap perkembangan.

Untuk sementara, kamu bisa mengompres pinggang atau daerah punggung bawah yang nyeri dengan kompres hangat selama 20 menit untuk mengurangi kekakuan otot.

Beberapa kondisi penyakit di atas memerlukan perhatian medis segera ya! Obat-obat antinyeri seperti OAINS bisa kamu gunakan untuk mengurangi keluhanmu saat ini. Tapi penggunaan obat antinyeri jangka panjang amat tidak disarankan.

Sehubungan dengan keluhan penyerta yang kamu alami, seperti lemas, sesak napas, dan nyeri di tulang ekor sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter. Selain mendapat evaluasi dari pemeriksaan fisik dan penunjang, juga guna mendapatkan pengobatan yang sesuai berdasarkan penyebabnya. Tes seperti Rontgen atau tes darah biasanya disarankan sesuai pertimbangan dokter yang memeriksamu secara langsung.

Perlu diingat saat berkonsultasi ke dokter akan ditanyakan mengenai durasi nyeri, sudah berapa lama nyeri terjadi, intensitas nyeri, dan apakah ada faktor trauma sebelumnya. Sebaiknya siapkan jawaban yang detil agar mempermudah dokter mendiagnosis kondisimu.

Baca juga artikel kami mengenai 'Kenali Ragam Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri' di sini.

Semoga jawaban saya bisa membantu kamu perihal topik ‘Sakit Pinggang Berkepanjangan’.

Terima Kasih sudah bertanya di OkayDoc.

Masih belum menemukan apa yang kamu butuhkan ?
Pencarian Populer :
Mengecilkan pori pori, Ciri ciri Asma, bagaimana mengobati vertigo
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...