• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi

Masalah Jerawat di Dahi dan Bekasnya

L
Lu'lu'il Azaliyyah
Simpan

Saya ingin bertanya, wajah saya itu berminyak dan mudah berjerawat. Dan menimbulkan bekas jerawat warna hitam di dahi dan banyak. Serta tidak cocok menggunakan produk facial foam apapun. Justru dengan menggunakannya justru menimbulkan jerawat yang baru. Bagaimana solusinya dokter?

dr. Bayu Adiputro

Dokter

Jawaban rekomendasi dari dokter

Halo,

Terima kasih sudah bertanya di OkayDoc.

Perkenalkan saya dr. Bayu Adiputro, dan saya akan berusaha menjawab pertanyaan kamu mengenai jerawat di dahi dan bekasnya.

Seseorang dengan kulit berminyak biasanya rentan mengalami masalah jerawat. Hal ini disebabkan oleh penyumbatan pori-pori akibat tumpukan sel-sel kulit mati, debu, dan kotoran yang terinfeksi bakteri.

Untuk mengatasi hal tersebut, penggunaan beragam produk untuk kulit wajah mungkin dapat bermanfaat. Tetapi, apabila selama penggunaan produk muncul beragam gejala seperti kemerahan, jerawat yang memberat, atau bahkan rasa panas/terbakar, sebaiknya penggunaan produk tersebut dihentikan.

Kamu dapat menggunakan produk lain yang disesuaikan untuk kulit sensitif serta bebas alkohol. Meskipun demikian, berkonsultasi dengan dokter kulit untuk memperoleh advis dan penanganan yang tepat lebih disarankan.

Menghilangkan bekas jerawat memang lebih sulit daripada meredakan jerawat yang sedang meradang. Biasanya perlu waktu cukup lama untuk mengatasi masalah bekas jerawat, terutama bekas yang meninggalkan jaringan parut (skar) atau ‘bopeng’.

Mengenai bekas jerawat, untuk menghilangkan bekas jerawat secara singkat, umumnya kamu memerlukan bantuan dokter spesialis kulit. Kamu bisa disarankan untuk menggunakan krim wajah yang mengandung kombinasi asam salisilat, tretinoin topikal, atau vitamin C untuk menyamarkan flek hitam. Sebelum memakai krim wajah sangat disarankan untuk memastikan bahan-bahan yang terkandung aman untuk digunakan. Bila terjadi reaksi alergi seperti gatal-gatal, kemerahan, perih, hingga bengkak-bengkak segera hentikan pemakaian.

Selain itu ada prosedur dermabrasi yang dapat menjadi salah satu solusi menangani bekas jerawat membandel. Prosedur ini dilakukan oleh tenaga profesional dengan mengikis lapisan kulit atas dengan alat khusus. Selama masa penyembuhan mungkin dokter akan meresepkan obat tertentu dan menyarankan agar kamu tidak terpapar sinar matahari langsung selama beberapa waktu.

Ada lagi solusi menghilangkan bekas jerawat dengan chemical peeling. Perawatan jenis ini bertujuan mengelupas sel-sel kulit mati kemudian diharapkan kulit yang terkelupas digantikan dengan kulit baru yang lebih halus dan lebih sehat.

Terakhir ada prosedur laser, sama seperti dermabrasi dan chemical peeling, prosedur ini dilakukan dengan bantuan sinar laser berkekuatan tinggi untuk menghilangkan lapisan terluar kulit. Waktu penyembuhannya cukup singkat, namun sebelum melakukannya biasanya dokter memiliki pertimbangan seperti apakah wajahmu masih memiliki jerawat aktif yang meradang atau tidak.

Untuk menghilangkan bekas jerawat dengan cepat memang cukup membutuhkan biaya yang lebih besar. Alternatif pilihannya bisa dengan memakai bahan-bahan alami, namun tentu saja kekurangannya hasilnya tidak se-instan tindakan-tindakan di atas.

Yang paling penting tangani jerawat sedini mungkin. Hindari faktor-faktor penyebab jerawat, dan sangat dianjurkan untuk tidak memencet jerawat yang sedang meradang atau banyak menyentuh wajah (apalagi dengan tangan kotor).

Demikian. Semoga jawaban saya bisa membantu kamu perihal jerawat pada kulit berminyak dan masalah jerawat di dahi dan bekasnya.

Terima Kasih sudah bertanya di OkayDoc.

L
Lu'lu'il Azaliyyah


Terimakasih dokter, atas informasi dan solusinya.

Masih belum menemukan apa yang kamu butuhkan ?
Pencarian Populer :
Mengecilkan pori pori, Ciri ciri Asma, bagaimana mengobati vertigo
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...