• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi

Cara memutihkan kulit wajah

I
Iyas Winda
Simpan

Bagaimana ya dok caranya memutihkan kulit wajah secara alami dan cepat

dr. Graciela Audria

Dokter

Halo,

Terima kasih sudah bertanya di OkayDoc.

Perkenalkan saya dr. Audria Graciela, dan saya akan berusaha menjawab pertanyaan kamu mengenai cara memutihkan wajah secara alami.

Memiliki wajah putih bersinar memang akan membuat pemiliknya makin percaya diri dan kian memesona. Namun, bukan hal yang mudah mendapatkannya. Banyak hal yang ikut mempengaruhi kecantikan dan kesehatan kulit seseorang. Kecukupan nutrisi menjadi faktor yang penting untuk mewujudkannya.

Faktor lain yang tak kalah pentingnya adalah cara membersihkan, bagaimana menutrisi kulit dari luar, serta melindunginya dari paparan sinar matahari juga ikut menentukan.

Berikut beberapa cara yang dapat membantu memutihkan kulit wajah secara alami :

  • Mengangkat sel-sel kulit mati

Agar kamu dapat mendapatkan kulit putih dan cerah, salah satunya kamu perlu membersihkan sel kulit mati. Untuk mengangkat sel-sel kulit mati, kamu juga bisa menggunakan scrub yang akan membantu mengelupas sel kulit mati. 

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan masker oatmeal dengan mencampurkan dua sendok makan yogurt di dalamnya.

  • Gunakan campuran lemon dan madu sebagai masker

Mencampurkan madu dan lemon artinya kamu membuat ramuan yang mampu mengelupaskan sel kulit mati sekaligus membuat kulit lebih bersinar. Kedua bahan ini akan membuang sel-sel kulit mati dari permukaan kulit sekaligus memunculkan kulit yang lebih bersinar di bawahnya.

Madu juga berperan sebagai pelembap alami kulit sehingga mampu mengurangi kekuatan lemon yang bisa membuat kulit kering.

Gunakan masker ini pada wajah selama 20 menit kemudian basuh hingga bersih. Jika perlu, tambahkan oatmeal pada ramuan ini agar menambah kekuatan pengangkatan sel kulit mati. Selama membersihkan kulit wajah dari masker ini, lakukan pijatan lembut melingkar dengan menggunakan ujung jari.

  • Gunakan masker yoghurt atau kefir secara rutin

Salah satu cara memutihkan wajah secara alami adalah menggunakan susu fermentasi seperti yoghurt ataupun kefir. Kandungan asam laktat di dalam kedua bahan ini dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati dan mengembalikan warna putih kulit Anda.

Selain itu, menggunakannya secara rutin dapat membantu kamu memperoleh manfaat masker kefir yang lain seperti antiinflamasi dan mengatasi kulit kering.

Tak hanya digunakan sebagai masker, yoghurt dan kefir juga dapat kamu konsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.

  • Memutihkan wajah dengan lidah buaya

Sebuah studi menunjukkan bahwa lidah buaya mengandung banyak senyawa polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan alami ini dapat melindungi kulit dari radiasi sinar matahari penyebab kulit kusam.

Meski demikian, menggunakan cara alami tentu akan membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan menjalani prosedur medis. Karena itu, kesabaran dapat menjadi kunci keberhasilan.

Namun jika kamu merasa kurang puas dengan hasil perawatan alami, atau dirasa tidak juga menunjukkan hasil, berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dapat menjadi pilihan. Kamu dapat mendiskusikan krim perawatan ataupun prosedur medis selanjutnya yang paling aman dan cocok untukmu.

Semoga jawaban saya bisa membantu kamu perihal ‘cara memutihkan kulit wajah’.

Terima Kasih sudah bertanya di OkayDoc.

Masih belum menemukan apa yang kamu butuhkan ?
Pencarian Populer :
Mengecilkan pori pori, Ciri ciri Asma, bagaimana mengobati vertigo
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...