• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi

Apakah saya mengalami gejala depresi?

A
Anonymous
Simpan

Saya masih berusia muda namun saya sering berpikir untuk bunuh diri karenakan saya sering memikirkan masa depan dan saya pernah mengalami kejadian kurang menyenangkan hingga membuat saya merasa tertekan dalam beberapa waktu yang lama. Saya sering mengalami kesulitan tidur bahkan pernah tidak tidur selama dua hari, saya kesulitan berkonsentrasi, sering kehilangan semangat, dan berpikir lebih baik mati.

Debora Indah Angelia

Dokter

Jawaban rekomendasi dari dokter

Halo, 

Terima kasih sudah bertanya di OkayDoc.

Perkenalkan saya dr. Debora Indah Angelia, dan saya akan berusaha menjawab pertanyaan kamu mengenai masalah yang kamu rasakan.

Pertama-tama, perlu diketahui bahwa diagnosis depresi dapat ditegakkan setelah seseorang berkonsultasi dengan psikiater, di mana pasien akan melakukan wawancara mengenai suasana perasaan yang dirasakan, serta adanya hendaya/gangguan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Diagnosis ini juga tidak dapat serta-merta ditegakkan, sebab perlu mencari tahu apa yang melatarbelakangi gejala yang muncul, onset timbulnya keluhan, dan lain sebagainya.

Perlu diketahui bahwa pasien dengan gangguan depresi memperlihatkan kehilangan energi dan minat, merasa bersalah, sulit berkonsentrasi, hilang nafsu makan, memiliki pikiran untuk mati atau bunuh diri, serta adanya perubahan aktivitas dan gangguan beragam fungsi dalam hidup sehari-hari (tidur, bekerja, dan lainnya). Depresi juga dapat menimbulkan gangguan dalam berinteraksi dengan orang lain, sosial, serta pekerjaan.

Untuk mengetahui apakah kamu benar-benar mengalami depresi, alangkah baiknya kamu segera menemui Psikiater (dokter spesialis jiwa). Dokter akan mengkaji masalah yang kamu hadapi, serta memberi terapi jika diperlukan. Tidak perlu merasa malu atau sungkan, karena Dokter pasti akan membantu kamu dalam mengatasi masalah ini dan menjaga kerahasiaan ceritamu. Kamu juga dapat mengetahui lebih lanjut mengenai gejala-gejala depresi pada laman kami.

Perlu kamu pahami, segala tekanan yang menimpa kamu saat ini tidak akan berlangsung lama. Bunuh diri juga bukanlah merupakan pilihan yang bijak untuk menyelesaikannya. 

Semoga jawaban saya bisa membantu kamu perihal masalah yang kamu alami.

Terima Kasih sudah bertanya di OkayDoc.

Masih belum menemukan apa yang kamu butuhkan ?
Pencarian Populer :
Mengecilkan pori pori, Ciri ciri Asma, bagaimana mengobati vertigo
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...