• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi

Akibat Keramas Setiap Hari

Nami
Simpan

Dok, rambut saya sangat lepek jika tidak keramas setiap hari. tapi, keramas setiap hari membuat rambut saya sangat kering dan kasar. kalau saya tak keramas, rambut saya malah berketombe. apa yang sebaiknya saya lakukan ya? terima kasih.

dr. Bayu Adiputro

Dokter

Jawaban rekomendasi dari dokter

Halo,

Terima kasih sudah bertanya di OkayDoc.

Perkenalkan saya dr. Bayu Adiputro, dan saya akan berusaha menjawab pertanyaan kamu mengenai keramas setiap hari.

Mencuci rambut seringkali menjadi salah satu ritual saat mandi. Selain membersihkan rambut dari debu dan kotoran, keramas juga dapat menghilangkan lapisan minyak pada permukaan rambut dan kulit kepala.

Perlu kamu ketahui bahwa lapisan minyak pada rambut berperan penting untuk membuat rambut sehat dan memberikan tampilan bersinar. Seperti yang kamu keluhkan, keramas terlalu sering dapat membuat rambutmu sangat kering dan kasar. Kegiatan ini sebaiknya tidak dilakukan setiap hari. Seseorang baru dianjutkan untuk mencuci rambut saat sudah terlalu berminyak atau teraba kotor.

Beberapa faktor di bawah ini merupakan hal yang patut dipertimbangkan untuk menentukan frekuensi seseorang dalam mencuci rambut.

Lapisan minyak alami pada permukaan rambut merupakan alasan paling utama seseorang mencuci rambut. Produksi minyak dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, serta lingkungan. Beberapa orang memiliki rambut yang sangat berminyak, sehingga harus keramas setiap hari. Tetapi, sebagian besar orang tidak mengalami kondisi tersebut dan kebiasaan mencuci rambut setiap hari sebaiknya dihindari.

  • Jenis rambut

Rambut lurus dan tipis perlu keramas lebih sering daripada rambut keriting atau bergelombang. Rambut yang lurus lebih mudah ditutupi oleh minyak alami pada rambut, membuatnya tampak lepek dan tidak sedap dipandang. Sementara, rambut yang tebal, keriting, atau bergelombang biasanya kering karena lapisan minyak dari kulit kepala tidak terdistribusi secara merata.

Terlalu sering keramas dapat menyebabkan kerusakan pada rambut karena kehilangan lapisan pelindung alaminya, bahkan mengalami kerontokan.

  • Penggunaan hair product

Pemakaian produk kecantikan untuk rambut, seperti hairspray dapat menyebabkan rambut lebih cepat kotor, sehingga mengharuskanmu untuk lebih sering mencuci rambut.

  • Keringat dan debu

Produksi keringat tentu memengaruhi seberapa sering kamu harus keramas. Selain membuatnya kotor, keringat juga dapat membuat rambutmu memiliki aroma yang tidak sedap. Paparan debu dan polusi juga dapat membuat rambut tampak kusam, bahkan memperberat reaksi alergi pada sebagian orang.

Berdasarkan keterangan di atas, dapat disimpulkan bahwa memahami karakteristik rambutmu sangat penting untuk menentukan frekuensi keramas. Apabila kamu juga memiliki masalah dengan ketombe, sebaiknya kamu menemui dokter, terutama ahli kulit dan penyakit kelamin (SpKK) untuk memeroleh penanganan yang tepat.

Semoga jawaban saya bisa membantu kamu perihal keramas setiap hari.

Terima Kasih sudah bertanya di OkayDoc.

Masih belum menemukan apa yang kamu butuhkan ?
Pencarian Populer :
Mengecilkan pori pori, Ciri ciri Asma, bagaimana mengobati vertigo
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...