• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi

Penyembuhan Cedera Lutut Ligamen Anterior

M
Muhammad Arkan
Simpan

Dok saya cedera partial ruptur acl sudah 5 bulan,apa masih bisa sembuh dengan fisioterapi

Debora Indah Angelia

Dokter

Halo,

Terima kasih sudah bertanya di OkayDoc.

Perkenalkan saya dr. Debora Indah Angelia, dan saya akan berusaha menjawab pertanyaan kamu mengenai Penyembuhan Cedera Lutut Ligamen Anterior.

Lutut manusia memiliki struktur yang cukup kompleks dan disertai oleh banyak komponen. Secara anatomi, lutut terbentuk dari tulang, tulang rawan, ligamen, dan tendon. Struktur kompleks ini sayangnya dapat mengalami cedera dengan mudah. Jenis cedera lutut yang sering terjadi selain fraktur, dislokasi, cedera meniskus, adalah cedera ligamen, seperti yang anda alami. Jenis cedera ligamen ditentukan berdasarkan lokasi anatominya seperti posterior cruciate ligament (PCL), anterior cruciate ligament (ACL), atau juga medial colateral ligament (MCL).

Cedera Ligamen Lutut Depan (ACL) adalah suatu kondisi yang ditandai dengan adanya kerusakan atau robekan pada ligamen lutut anterior. Ligamen ini merupakan jaringan ikat yang menghubungkan antara tulang paha (femur) dengan tulang kering (tibia) dan memiliki fungsi untuk menjaga kestabilan lutut. Cedera pada ACL paling sering dialami oleh atlet karena sering terjadi saat olahraga, terutama olahraga yang melibatkan perubahan arah gerak lutut atau gerakan berhenti mendadak, misalnya basket, sepak bola, tennis, atau voli. Cedera ligamen ini secara klinis bisa ditandai dengan beberapa gejala, seperti nyeri, bengkak, lutut berbunyi, memar, keterbatasan pergerakan dan sebagainya.

Penanganan cedera ligamen pada umumnya tergantung pada tingkat keparahan cedera yang terjadi. Untuk menentukan penanganan yang tepat, disarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis ortopedi. Jika diperlukan, maka konsultasi tambahan dengan fisioterapis mungkin akan dianjurkan oleh dokter. 

Pada sebagian kasus anterior cruciate ligament (ACL) dan posterior cruciate ligament (PCL) yang robek memang diperlukan operasi rekonstruksi untuk pulih. Setelah itu, anda dapat melakukan fisioterapi untuk memaksimalkan fungsi lutut anda. Dokter atau fisioterapis akan membantu anda melakukan fisioterapi pada lutut anda serta mengajarkan anda beberapa gerakan latihan yang dapat anda lakukan di rumah untuk mempercepat masa pemulihan anda. Fisioterapi biasanya merupakan cara perawatan yang biasa dilakukan, tetapi jika ini tidak berhasil, mungkin diperlukan pembedahan rekonstruksi. Masa pemulihannya bisa berlangsung hingga berbulan-bulan. Lamanya dilakukannya fisioterapi ini bisa berbeda-beda pada setiap orang, namun rata-rata dibutuhkan waktu 2-6 bulan. 

Durasi penyembuhan cedera lutut cukup bervariasi. Beberapa kasus dapat sembuh dalam seminggu namun tidak sedikit yang memerlukan waktu hingga berbulan-bulan. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempercepat pemulihan:

  • Lindungi area cedera. Cegah agar area keselo tidak mengalami cedera lanjutan atau menjadi lebih parah. Coba untuk lebih berhati-hati dalam bergerak serta hindari menaruh beban pada area cedera. Kamu boleh menggunaan kruk, penyangga tangan (sling), ataupun penahan lainnya untuk membatasi gerakan di area cedera.
  • Istirahat. Kamu disarankan untuk tidak melakukan aktivitas berat setelah cedera. Meski begitu, bukan berarti kamu tidak melakukan kegiatan sama sekali. Tetap coba gerakkan area cedera sesekali. Cara ini dapat mencegah otot dan sendi pada tempat keseleo tidak kaku. Perlahan-lahan, area keseleo akan kembali dapat bergerak dengan leluasa.
  • Beri kompres dingin. Rasa dingin dapat membantu mencegah memar dan nyeri dengan mengurangi aliran darah ke area cedera. Tempelkan bungkusan es dengan serbet, atau kantung air dingin segera setelah cedera terjadi. Jangan menempelkan es secara langsung ataupun terlalu lama pada kulit karena dapat merusak kulit dan jaringan di sekitarnya (ice burn). Tempelkan kompres tersebut selama sekitar 15 menit.
  • Bebat ringan. Kamu cukup membungkus area cedera dengan kekuatan sedang jangan terlalu ketat. Pasalnya, cara ini bukan untuk menghentikan aliran darah ataupun membuatmu tidak nyaman. Bahan karet atau neoprene disebut bahan perban terbaik.
  • Coba letakkan area cedera pada tempat lebih tinggi, dan bila memungkinkan, angkat lebih tinggi dari jantungmu. Misalnya, bila keselo terjadi di kaki, sanggalah area tersebut dengan bantal saat tidur.

Jika nyeri terasa mengganggu kamu bisa mengonsumsi pereda nyeri yang aman digunakan sebagai pereda nyeri sementara. Ingat, antinyeri bukan solusi untuk jangka panjang ya.  Dan sebaiknya hindari 3 hal ini setelah cedera :

  • Paparan panas pada cedera, termasuk air panas ataupun sauna. Meski memiliki efek menenangkan, panas dapat memicu memar karena meningkatkan aliran darah.
  • Memijat area cedera. Saran pemijatan setelah keseleo ternyata kurang tepat. Pasalnya, perilaku ini justru bisa memicu bengkak dan perdarahan.
  • Mengonsumsi alkohol. Alkohol bisa menghambat proses penyembuhan dengan meningkatkan risiko bengkak juga perdarahan.

Semoga jawaban saya bisa membantu kamu perihal topik ‘Penyembuhan Cedera Lutut Ligamen Anterior’.

Terima Kasih sudah bertanya di OkayDoc.

Masih belum menemukan apa yang kamu butuhkan ?
Pencarian Populer :
Mengecilkan pori pori, Ciri ciri Asma, bagaimana mengobati vertigo
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...