• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Vitamin rambut kering mungkin sangat dibutuhkan ketika kulit kepala tidak memproduksi minyak dan kelembapan yang cukup untuk mendukung pertumbuhan rambut. Kekeringan yang melanda mahkotamu mungkin juga disebabkan oleh ketidakmampuan kepala menjaga kelembapan di sana.

Kelembapan kulit kepala sangat tergantung pada jumlah minyak yang diproduksi di akar rambut. Jika bahan ini diproduksi cukup, maka penampilan rambut akan lebih berkilau. Kekurangan produksi minyak sendiri dipengaruhi oleh berbagai hal, mulai dari faktor bawaan hingga karena makin bertambahnya usia. Kulit kepala yang tidak dapat memproduksi cukup minyak bisa juga akan memperbesar peluang berkembangnya ketombe.

Selain kulit kepala yang kurang baik dalam memproduksi minyak, kutikula yang tidak berfungsi dengan baik akan menyebabkan rambut menjadi kering. Kutikula merupakan lapisan pelindung yang terdapat pada setiap helai rambut. Bagian ini bertugas melindungi rambut dari panas dan kerusakan akibat paparan sinar matahari. Jika bagian ini sehat, lapisannya akan saling menempel rapat sehingga menjaga kelembapan rambut.

Vitamin Rambut Kering yang Direkomendasikan

Vitamin A, B7, dan E merupakan ragam vitamin rambut kering yang disarankan - OkayDoc

Beberapa vitamin memiliki peranan penting guna memperbaiki masalah rambut kering. Adapun vitamin yang direkomendasikan tersebut adalah:

·         Vitamin A

Salah satu penyebab rambut kering adalah kurangnya vitamin A. Vitamin ini berperan penting untuk mendukung keratin berfungsi dengan baik. Senyawa tersebut merupakan protein yang dibutuhkan rambut.

Jika perlu, berikan vitamin ini pada rambut kering agar kondisinya bisa diperbaiki. Bentuk aman dari vitamin A adalah dalam bentuk betakaroten. Senyawa tersebut akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh.

·         Vitamin B-7

Untuk rambut kering, vitamin B-7 alias biotin juga sangat diperlukan. Senyawa ini berperan penting bagi metabolisme makanan untuk rambut. Kinerja yang baik dari senyawa ini akan memberikan nutrisi yang cukup guna mendukung kesehatan rambut.

Untuk mencukupi kebutuhan biotin, pemilik rambut kering disarankan untuk mengonsumsi vitamin B kompleks yang setidaknya mengandung biotin 50 mcg dan vitamin B kompleks lainnya. Senyawa ini juga bisa didapatkan dari sejumlah makanan seperti jagung, telur, brokoli, kembang kol, ikan, dan jamur.

·         Vitamin E

Vitamin rambut kering yang juga sebaiknya dicukupi kebutuhannya adalah vitamin E.  Senyawa ini akan mengurangi saling menempelnya trombosit dan memperbaiki aliran darah menuju kulit kepala. Tercukupinya aliran darah sangat penting karena cairan tersebut bertugas membawa nutrisi dan oksigen yang mendukung kesehatan rambut.

Keunggulan lain vitamin ini adalah tinggi kandungan antioksidannya. Kandungan tersebut penting guna menetralkan radikan bebas dan racun yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan rambut. Jumlah yang direkomendasikan adalah 200 IU vitamin E setiap harinya.

Selain Memberikan Vitamin Rambut Kering, Lakukan Hal Ini

Hindari mencuci rambut terlalu sering dan gunakan produk perawatan yang tepat - OkayDoc

Memberikan vitamin untuk rambut kering juga sebaiknya dikombinasikan dengan beberapa tindakan. Beberapa tindakan perawatan di bawah ini sebaiknya diperhatikan dengan seksama agar rambut kering bisa diatasi dengan baik:

·         Gunakan produk dengan kandungan tepat

Rambut kering terkadang disebabkan oleh pemakaian produk yang tidak tepat. Untuk pemilik rambut kering, sebaiknya gunakan produk perawatan rambut dengan kandungan minyak zaitun atau minyak kelapa.

·         Jauhkan kandungan penyebab rambut kering

Jika beberapa kandungan di atas sebaiknya digunakan, beberapa produk dengan kandungan bahan tertentu sebaiknya dihindari. Dua bahan yang sebaiknya dijauhi adalah silikon dan alkohol. Jika melihat produk perawatan rambut mengandung salah satu atau keduanya, sebaiknya tinggalkan daripada membuat kulit kering makin buruk kualitasnya.

Silikon akan membuat kulit menjadi kekurangan air sehingga tidak mampu menyerap pelembap. Sementara itu, alkohol akan membuat kulit kepala lebih mudah mengalami kehilangan cairan atau dehidrasi.

·         Jangan terlalu sering mencuci rambut

Rambut sebaiknya tidak dicuci terlalu sering. Mencuci terlalu sering akan menghilangkan minyak alami yang diproduksi oleh kulit kepala. Untuk menghindari hal ini, keramaslah maksimal tiga kali dalam seminggu.

Baca Juga : Tips Alami Rambut Panjang Kian Cepat Tumbuh

Mengombinasikan pemberian vitamin rambut kering dengan perawatan di atas akan membuat mahkota kepala terhindar dari kondisi yang tidak sehat. Memiliki rambut yang sehat berkilau tentu akan membuatmu makin percaya diri.

 

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Rambut
5 Cara Mengatasi Rambut Berminyak Demi Rambut Anti Lepek!
Maya Ligina
12 Jan 2018
Rambut
Kembali Berkilau dengan Perawatan Rambut Rusak yang Benar
Vivi Hermin
09 Dec 2017
Rambut
Jangan Sampai Salah, Begini Cara Keramas yang Benar!
Vivi Hermin
14 Sep 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...