• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Rambut panjang yang sehat merupakan anugerah bagi para pemiliknya. Tidak peduli pria atau wanita, memiliki rambut panjang merupakan sebuah kebanggaan. Untuk mendapatkan kebanggaan tersebut tidaklah sulit, namun bukan berarti gampang juga.

Bahan-bahan Alami untuk Mendukung Rambut Panjang yang Sehat

bahan aalmi untuk rambut panjang yang sehat

Tidak perlu menggunakan obat, bahan makanan di rumah bisa digunakan untuk memanjangkan rambut - OkayDoc

Baik pria maupun wanita, ada beberapa bahan alami yang bisa dipakai untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Beberapa bahan yang bisa dipakai tersebut tersebut antara lain:

  • Bawang merah

    Salah satu bahan alami yang berguna untuk mempercepat pertumbuhan rambut adalah jus bawang. Bahan ini dianggap sebagai yang paling efektif dan paling kuno digunakan untuk tujuan ini. Bawang merah dinilai ampuh menumbuhkan rambut karena mengandung zat sulfur.
    Zat tersebut berguna untuk meningkatkan produksi kolagen di jaringan dan membantu rambut tumbuh kembali. Banyak yang menghindari jus bawang merah karena baunya dianggap mengganggu. Padahal, banyak cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan baunya.
    Cara memakainya sangat gampang, yaitu cukup dengan memotong beberapa iris bawang merah dan peras airnya. Oleskan di kulit kepala kemudian diamkan selama 10-15 menit. Biarkan ramuan ini bekerja dan kamu bisa menggunakan sampo untuk membilasnya.
  • Santan

    Bahan lain yang juga efektif untuk mendapatkan rambut panjang adalah santan. Bahan alami ini kaya akan zat besi, potassium, dan lemak esensial. Ramuan santan yang baik adalah yang diambil langsung dari kelapanya, bukan santan di dalam kemasan yang dijual bebas.
    Cara pakainya juga nyatanya tidak seribet yang kamu pikirkan. Tambahkan perasan dari setengah lemon dan empat tetes minyak lavender. Campurkan semua bahan dan oleskan pada kulit kepala hingga merata. Biarkan ramuan menempel di kulit kepala antara 4-5 jam lalu bilas hingga bersih.
  • Cuka sari apel

    Pertumbuhan rambut yang ideal membutuhkan kulit kepala yang bersih dan pH seimbang. Untuk urusan ini, cuka sari apel adalah bahan yang bisa diandalkan. Membuatnya pun mudah, cukup campurkan 75 ml cuka sari apel dengan seliter air untuk membuat ramuan yang banyak. Untuk versi yang lebih sedikit, cukup campurkan 15 ml cuka sari apel dengan air secangkir. Basuh rambutmu dengan ramuan ini.
    Kamu bisa menambahkan pembersih rambut di akhir pemakaian. Selain mempercepat pertumbuhan, tambahan pembersih bisa membuat rambut lebih berkilau.
  • Telur

    Ramuan yang bisa dibuat sendiri di rumah untuk mempercepat pertumbuhan rambut panjang adalah masker telur. Telur mengandung protein tinggi yang berperan penting dalam pembentukan rambut baru. Selain itu, telur juga kaya akan sulfur, seng, besi, selenium, fosfor, dan yodium.
    Cukup campurkan putih telur dengan satu sendok teh minyak zaitun, minyak biji anggur, atau minyak lavender. Jenis minyak yang dipilih tergantung dengan kesukaanmu. Bahan lain yang bisa ditambahkan adalah madu. Campurkan semua bahan hingga berbentuk pasta, oleskan ke seluruh rambut dan kulit kepala. Biarkan selama 20 menit, kemudian akhiri dengan membilas dengan sampo dan air hingga bersih.
  • Kantong teh hijau

    Jangan buang kantong teh hijau. Mulai sekarang, gunakan untuk mempercepat pertumbuhan rambutmu. Teh hijau kaya akan antioksidan sehingga mampu membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Fungsi lain dari bahan ini adalah mencegah kerontokan.
    Cara memakainya sama mudahnya dengan bahan-bahan di atas. Cukup oleskan air larutan teh hijau hangat dari kantong tehmu dan diamkan selama satu jam. Setelah itu, cuci rambut hingga bersih memakai air dingin dan sampo.

Memanjangkan Rambut Lebih Efektif dengan Dibantu Diet

rambut panjang yang sehat

Rambut panjang yang sehat harus didukung oleh diet yang bernutrisi juga - OkayDoc

Agar makin optimal, pertumbuhan rambut bisa dibantu dengan makanan yang tepat. Beberapa makanan yang disarankan untuk tujuan ini adalah:

  • Ikan

    Ikan sarden, salmon, dan makarel mengandung asam lemak omega-3 yang menyehatkan. Bahan ini bisa membantu tubuhmu terlindungi dari penyakit. Khususnya untuk rambut, senyawa ini membantu membuatnya berkilau dan tebal.
  • Yoghurt

    Yoghurt mengandung protein yang membantu aliran darah ke kulit kepala. Ini penting untuk pertumbuhan rambut. Salah satu senyawa yang berperan adalah vitamin B5 atau asam pantotenat yang juga berperan untuk mencegah penipisan dan kerontokan rambut.
  • Bayam

    Kandungan vitamin A, zat besi, beta karoten, asam folat, dan vitamin C pada bayam penting bagi mahkotamu ini. Kombinasi senyawa-senyawa di atas membuat kulit kepala sehat dan menjaga kelembapan rambut.
  • Jambu biji

    Makanan yang disarankan lainnya adalah jambu biji. Buah yang satu ini kaya akan vitamin C. Vitamin ini sangat penting dalam melindungi rambut dari pecah-pecah.
  • Ubi

    Agar rambutmu bersinar, ubi menjadi salah satu makanan yang direkomendasikan. Bagan makanan ini kaya akan antioksidan yang disebut beta karoten. Senyawa ini juga meningkatkan produksi minyak dari kelenjar kulit sehingga rambut tidak kering. Selain ubi, makanan lain yang berfungsi sama baiknya adalah wortel, labu, blewah, dan mangga.

Kombinasi perawatan luar dan dalam untuk rambut panjang ini akan membuatmu makin menawan. Melakukannya dengan rutin adalah kunci agar niatmu memiliki rambut panjang yang sehat berhasil disertai hasil yang optimal.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Diet
Mengolah Camilan Sehat agar Bisa Diet Seimbang
Raditya Wardana
03 Jul 2017
Rambut
Atasi Rambut Rontok Berlebihan pada Pria Pakai Cara ini!
Raditya Wardana
22 Jun 2017
Wajah
Manfaat Jahe untuk Wajah Ternyata Bukan Sekedar Mitos!
Dedi Irawan
02 Apr 2018
Kulit
Manfaat Mandi Susu: Cantik dari Ujung Rambut Hingga ke Ujung Kuku
Dedi Irawan
11 Nov 2017
Rambut
Jangan Sedih, Ini Dia Ragam Cara Mengatasi Kebotakan
Rini
17 Nov 2017
Diet
Lemas dan Sering Sakit? Mungkin Kamu Kekurangan Vitamin D
Annisa Trimirasti
12 Oct 2017
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...