• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Keluarga adalah lingkaran sosial pertama tempat mengajarkan banyak hal pada seseorang. Namun, dinamika dan berbagai permasalahan kerap menjadi tantangan tersendiri dalam membentuk lingkungan keluarga yang seiya sekata.

Meskipun lazim terjadi, masalah yang berlarut-larut dapat menimbulkan perkara yang lebih besar. Oleh karenanya, penting bagimu untuk mengetahui tips menjaga keharmonisan keluarga guna menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapi.

1. Tidak Ada Orang Tua yang Sempurna

tips menjaga keharmonisan keluarga OkayDoc

Wajar bagi orang tua untuk merasa kewalahan dalam menghadapi perilaku anak - OkayDoc

Sekarang adalah saatnya untuk meninggalkan pemahaman lampau bahwa orang tua yang sempurna adalah orang tua yang mampu membesarkan anak-anak yang bahagia dan jauh dari masalah maupun kenakalan, karena kenyataannya tidak seperti itu.

Sebagai orang tua, kamu perlu memahami bahwa sangatlah normal untuk merasa khawatir, bingung, marah, bersalah, dan kewalahan menghadapi perilaku anak. Ini adalah bagian yang wajar dari proses menjadi orang tua, dan kesalahan yang banyak dilakukan orang justru disebabkan karena mereka menuntut diri menjadi sempurna.

Ingat kembali bagaimana tingkah lakumu sewaktu kecil dan bagaimana orang tuamu menghadapinya. Cara mereka tidaklah sempurna, karena memang tak ada satu pun orang tua yang sempurna.

Setiap orang tua dan anak-anak akan membuat kesalahan, tapi justru di situlah terjadi proses komunikasi dan pencarian solusi menuju arah yang lebih baik.

2. Lakukan Kegiatan yang Menyenangkan Bersama-sama

tips menjaga keharmonisan keluarga OkayDoc

Kegiatan menyenangkan yang melibatkan anggota keluarga dapat meningkatkan ikatan emosional keluarga - OkayDoc

Salah satu tips menjaga keharmonisan keluarga yang paling ampuh adalah dengan melakukan kegiatan menyenangkan yang melibatkan seluruh anggota keluarga agar hari-hari tak terasa menjemukan. Kamu dapat melakukan kegiatan seperti:

  • Menonton film bersama, tidak lupa dilengkapi semangkuk camilan
  • Duduk bersama dan melihat foto-foto lama di dalam album foto, atau menonton kumpulan video lama jika ada
  • Sesekali pergi untuk makan siang atau makan malam di luar rumah
  • Beribadah bersama-sama
  • Pergi ke luar rumah bersama-sama untuk sekadar menikmati suasana di jalan, lalu berhenti di mana pun kamu suka
  • Memasak makan malam bersama-sama
  • Memainkan permainan kartu, domino, dan sebagainya
  • Melakukan pekerjaan rumah bersama-sama agar tak terasa melelahkan

3. Meskipun Santai, Setiap Anggota Keluarga Tetap Disiplin

tips menjaga keharmonisan keluarga OkayDoc

Setiap anggota keluarga harus memiliki peran dan kewajiban - OkayDoc

Setiap keluarga memiliki aturan yang harus dipatuhi oleh setiap anggota keluarga. Jika kamu dan keluargamu telah sepakat untuk membatasi penggunaan video game selama dua jam dalam sehari, maka hindarilah membuat pengecualian yang dapat menurunkan rasa disiplin.

Guna mempertahankan kedisiplinan, setiap anggota keluarga idealnya memiliki peran dalam rutinitas sehari-hari. Kurangnya peran dalam rutinitas sehari-hari dapat menjadi pemicu masalah perilaku anak dan remaja.

Rutinitas sehari-hari juga dapat meningkatkan komitmen dan hubungan emosional keluarga jika dilakukan bersama dengan cara yang menyenangkan. Dengan hubungan emosional yang kuat, setiap anggota keluarga akan memiliki pandangan positif antara satu sama lain.

Baca juga: Hindari 8 Penyebab Perceraian yang Paling Umum Terjadi

4. Menghindari Pemicu Kerenggangan dengan Pasangan

tips menjaga keharmonisan keluarga OkayDoc

Hindari hal-hal yang dapat memicu pertengkaran pasangan dengan menjaga komunikasi - OkayDoc

Usia pernikahan yang telah berjalan lama tidak menjamin keharmonisan keluarga jika kamu dan pasangan masih terlibat dalam hal yang memicu kerenggangan hubungan, baik dilakukan secara sadar maupun tidak.

Karena itu, kunci dari tips menjaga keharmonisan keluarga juga terletak pada keharmonisan pasangan. Agar keharmonisan kamu dan pasangan selalu terjaga, sebaiknya hindari hal-hal yang dapat memicu kerenggangan hubungan, seperti:

  • Tidak berkomunikasi dengan baik
  • Sering melampiaskan amarah pada pasangan
  • Terlalu banyak mengeluh dibandingkan memberikan solusi
  • Terlalu banyak berdebat tentang uang
  • Menghindari berhubungan intim tanpa alasan yang jelas
  • Kecanduan akan sesuatu contohnya saja media sosial, makanan, alkohol, berbelanja, berjudi dan sebagainya
  • Membiarkan orang lain terlibat dalam hubungan, misalnya mertua atau anggota keluarga lainnya
  • Melupakan hal-hal kecil yang penting dalam menjaga kualitas hubungan intim kalian, seperti mengucapkan terima kasih tiap pasangan melakukan hal untuk Anda.

5. Perbedaan Pendapat Adalah Suatu Hal yang Wajar

tips menjaga keharmonisan keluarga OkayDoc

Perbedaan pendapat adalah hal yang wajar, tapi hindarilah perdebatan untuk hal-hal yang sepele - OkayDoc

Perbedaan pendapat dan argumen pada setiap anggota keluarga adalah suatu hal yang wajar. Jika hal ini tidak terjadi, maka ini bisa menjadi tanda bahwa keluargamu cenderung menghindari masalah yang datang, bukannya mencari solusi.

Akan tetapi, tidak berarti semua perbedaan pendapat harus diperdebatkan. Kenali apa masalah yang harus didiskusikan dan apa yang bisa diselesaikan secara sederhana. Hindari memperdebatkan hal-hal sepele yang dapat bertambah besar jika semua anggota keluarga mengeluarkan argumennya.

Baca juga: Tahan Egomu Ini Dampak Perceraian pada Anak

Tidak lupa, tetapkan batasan-batasan bagi argumen yang muncul. Jadikan perbedaan argumen sebagai suatu bentuk komunikasi produktif yang terkendali sehingga tercetuslah suatu solusi. Segera hentikan perdebatan jika ada anggota keluarga yang mulai bersikap buruk seperti marah, berteriak, mengejek, dan sejenisnya.

Seluruh tips menjaga keharmonisan keluarga tersebut membutuhkan kerja sama dari semua anggota keluarga. Jadi, penting bagi kamu, pasangan, dan anak-anakmu untuk mengetahui bahwa setiap individu memiliki peran yang berharga demi keharmonisan keluarga yang senantiasa terjaga.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Dewasa
6 Kunci Keluarga Bahagia yang Patut Diterapkan!
Annisa Trimirasti
17 Nov 2017
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...