• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Sampo dan conditioner saja sepertinya tidak cukup untuk gaya rambut pria masa kini. Berbagai produk untuk menata rambut, termasuk pomade, pun kerap digunakan. Nah, agar tidak ketinggalan tren, simak yuk cara tepat penggunaan pomade!

Pomade adalah salah satu produk yang berfungsi agar rambut mudah dibentuk. Konsistensinya kental, namun bertekstur lebih lembut daripada wax. Produk ini digunakan untuk memberi tampilan rambut licin dan basah (klimis).

Pomade cocok untuk rambut yang sulit diatur karena mampu membuatnya tampak lebih halus. Produk berbahan dasar minyak ini pun bisa membuat rambutmu terlihat lebih bersinar.

Tips Memilih Pomade, Berbahan Dasar Air atau Minyak?

TipsMenggunakanPomade Pomade OkayDoc.jpg

Tips menggunakan pomade termasuk memilihnya sesuai kebutuhan - OkayDoc

Ingin memilih pomade untuk digunakan? Berikut pertimbangannya:

  • Pomade berbahan dasar minyak memberi tampilan rambut lebih klimis dan bersinar. Rambut pun lebih mudah dibentuk dan efeknya bisa bertahan lama dengan pomade jenis ini. Sayangnya, pomade berbahan dasar minyak sulit dibersihkan hanya dengan sampo.
  • Pomade berbahan dasar air lebih populer meski sedikit lebih mahal. Pasalnya, hasil rambut tidak jauh berbeda dengan oil-based pomade (meski efeknya tidak terlalu bertahan lama) namun mudah dibersihkan.

Masing-masing tipe pomade di atas terbagi menjadi 3 jenis lagi berdasarkan kekuatannya untuk membentuk rambut (light,medium,strong). Kalau kamu baru menggunakan pomade, sebaiknya pilih tipe light terlebih dahulu untuk membiasakan diri.

Namun, bila rambutmu cukup tebal, tipe medium atau strong bisa menjadi pertimbangan. Jangan takut mencoba beberapa jenis pomade sampai kamu menemukan tipe mana yang paling cocok ya.

Baca Juga: Pria, Begini Cara Merawat Berewok agar Tampil Macho

4 Tips Memakai Pomade yang Benar agar Tidak Merusak Rambut

TipsMenggunakanPomade RambutBasah OkayDoc.jpg

Tips menggunakan pomade termasuk membiarkan rambut dalam keadaan lembap - OkayDoc

Penggunaan pomade meliputi beberapa tahapan di bawah ini:

Bilas Rambut dan Biarkan Lembap

Kamu disarankan untuk keramas sebelum menggunakan pomade untuk menata rambut. Setelah membilas sampo hingga bersih, keringkan rambut secukupnya. Biarkan rambut dalam keadaan sedikit lembap agar mudah dibentuk.

Rambut yang lembap juga memudahkan pomade masuk ke sela-sela batang rambut sehingga memberi hasil optimal saat kering nanti.

Oleskan Sedikit Pomade ke Tanganmu

Mulailah dengan mengoleskan sedikit pomade ke ujung jari dan gosokkan ke seluruh telapak tangan dan sela-sela jarimu. Cara ini membantu pomade agar menyebar secara merata ke permukaan rambut.

Sapukan Pomade Perlahan ke Seluruh Rambut

Oleskan lagi pomade ke telapak tangan juga jari-jarimu dan ratakan. Kemudian, sapukan tangan ke bagian rambut yang kamu inginkan mulai dari sedikit di atas kulit kepala hingga ujung rambut secara merata.

Pastikan, pomade tidak mengenai kulit kepalamu. Pasalnya, hal ini dapat mengikis minyak alami di kulit kepala, serta membuat rambutmu tampak sangat berminyak.

TipsMenggunakanPomade MengolesPomade OkayDoc.jpg

Oleskan pomade merata ke seluruh bagian rambut termasuk tips menggunakan pomade yang perlu kamu terapkan - OkayDoc

Trik Menyapukan Pomade untuk Gaya Rambut Tertentu

Bila kamu menginginkan rambut model ‘spike’, cukup oleskan pomade ke ujung-ujung rambut saja. Gunakan ujung jempol dan jari untuk menarik-narik sedikit ujung rambut sesuai bentuk yang kamu inginkan.

Sedangkan untuk gaya rambut klimis, sisir terlebih dahulu rambut agar tidak kusut sebelum menggunakan pomade. Kemudian, oleskan pomade dari sela-sela jarimu mulai dari dekat akar rambut lalu tarik perlahan ke belakang hingga ujung rambut sampai rapi dan licin.

Selain pomade, banyak produk penataan rambut lain yang bisa kamu coba. Misalnya, wax, hair cream, gel, juga mousse. Silakan mencoba-cobanya hingga kamu menemukan produk yang cocok, dan jangan takut bereksperimen.

Meski begitu, hentikan penggunaan bila terjadi masalah pada rambut, seperti rontok atau menjadi tipis. Sebagai saran, produk apapun yang dipilih sebaiknya tidak mengandung alkohol, apalagi bila memiliki masalah ketombe atau kulit kepala kering.

Pasalnya, alkohol dapat memicu kulit kering. Selain itu, hindari mencampurkan dua produk yang berbeda ya, terutama bila rambutmu sudah tipis.

Baca Juga: 9 Tips Awet Muda untuk Pria Secara Alami dan Tetap Tampan

Sebelum menggunakan pomade, kamu perlu tahu tips memilih dan memakainya dengan tepat agar hasilnya sesuai keinginan dan tidak merusak rambut. Berbagai produk pomade di LINE SHOPPING bisa jadi rekomendasi pilihanmu.

Memakai pomade dalam keseharian mungkin menambah waktu bersiap-siapmu, namun hasilnya sebanding dengan usahanya bukan? Kamu jadi lebih tampan dan menarik. Selamat mencoba ya!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...