• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Selain mempermanis penampilan, kacamata hitam ternyata baik untuk melindungi mata. Namun tidak sembarang kacamata hitam yang bisa memberikan kebaikan ini. Yuk, simak tips memilih kacamata hitam yang benar!

Salah satu fungsi kacamata hitam adalah melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet (UV). Sinar ini dapat meningkatkan risiko penyakit mata seperti katarak, degenerasi makula, hingga kanker pada mata maupun kelopaknya. Matamu juga terlindungi dari paparan debu dengan memakai kacamata hitam.

Di samping itu, kacamata hitam juga bisa membantumu dalam mencegah timbulnya keriput pada tepian mata akibat paparan sinar UV. Maka dari itu, mulailah gunakan kacamata hitam dengan kriteria berikut untuk melindungi matamu!

1. Perlindungan Maksimal dari Sinar UV

tips-memilih-kacamata2--okaydoc.jpg

Kacamata yang baik adalah yang mampu melindungi dari sinar UV - OkayDoc

Terdapat 2 jenis sinar UV yang berbahaya bagi matamu, yaitu sinar ultraviolet A (UVA) dan B (UVB). Jadi, tips memilih kacamata hitam yang terpenting adalah memiliki perlindungan maksimal dari radiasi keduanya.

Meski dibutuhkan dalam jumlah kecil untuk sintesis vitamin D, terlalu banyak pajanan sinar UV malah membahayakan dan bisa memicu kerusakan pada mata. Mulai dari munculnya katarak, kanker kulit, hingga kerusakan retina (lapisan pada bagian dalam mata yang peka terhadap rangsangan cahaya).

Untuk mengurangi risiko di atas, pilihlah kacamata hitam yang mampu menghalangi paparan sinar UV hingga 100 persen.

Baca Juga: Tips Memakai Kacamata Minus Agar Tampil Gaya

2. Warna Lensa yang Sesuai dengan Aktivitas

tips-memilih-kacamata-3-okaydoc.jpg

Warna kacamata berpengaruh dalam kemampuan mata untuk membedakan warna - OkayDoc

Warna lensa kacamata juga perlu diperhatikan. Kamu sebaiknya menyesuaikan warna dan gradasinya dengan aktivitasmu. Jenis dan waktu kamu beraktivitas akan memengaruhi pemilihan ini. Misalnya, kacamata hitam untuk olahraga selancar di siang hari tentu akan berbeda dengan golf di sore hari.

Meskipun sebutannya kacamata hitam, lensa kacamata ini tersedia dalam banyak gradasi warna. Warna lensa tidak hanya memengaruhi penampilan, tetapi juga berdampak pada kemampuan mata dalam menyesuaikan kontras dan membedakan warna.

Beberapa warna lensa dapat menambah kontras, tapi bisa berbahaya karena akan mengurangi kemampuan mata membedakan warna dari balik lensa. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan kacamata yang memungkinkanmu berganti-ganti lensa agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Di bawah ini terdapat daftar warna lensa dan pengaruhnya pada cahaya serta warna.

  • Lensa berwarna cokelat atau perunggu akan menghalangi cahaya biru sehingga meningkatkan kontras. Lensa ini berguna untuk aktivitas di tempat terang dan terbuka.
  • Lensa berwarna oranye atau merah cocok untuk aktivitas di tempat terbuka dengan cuaca mendung, tapi akan mengurangi kemampuanmu dalam mengenali warna.
  • Lensa berwarna abu-abu dapat mengurangi intensitas cahaya tanpa memengaruhi kontras atau mengubah warna. Oleh sebab itu, lensa ini cocok untuk digunakan di luar ruangan atau tempat terang. Mengemudi juga dapat kamu lakukan dengan lensa berwarna abu-abu.
  • Lensa berwarna hijau akan sedikit meningkatkan kontras pada warna kuning, tanpa mengubah warna.
  • Lensa berwarna kuning akan meningkatkan kontras secara signifikan karena menghalangi cahaya biru. Namun warna lensa ini akan menghambat aktivitas yang memerlukan pengenalan warna, jadi sebaiknya kamu hindari ketika menyetir.

3. Ukuran Kacamata yang Sesuai Bentuk Wajah dan Menutupi Hingga Sekitar Area Mata

tips-memilih-kacamata-4-okaydoc.jpg

Kacamata dengan lensa besar dan pas di wajah akan memberikan perlindungan yang lebih baik - OkayDoc

Tips memilih kacamata hitam yang terakhir adalah memastikan kacamata sesuai ukuran wajah. Kacamata hitam yang pas ketika digunakan akan melindungi area mata dengan lebih baik.

Hindari memilih ukuran lensa kacamata yang terlalu kecil. Sinar matahari kadang tidak hanya datang dari bagian depan saja dan kacamata yang tidak pas bisa membuat mata dan area di sekitarnya tetap terkena sinar UV.

Sebelum membeli kacamata hitam, pastikan kamu mencobanya terlebih dulu. Jangan sampai gagangnya terasa menekan sisi kepala dan lensa atau bingkainya menyentuh bulu matamu.

Berat kacamata juga sebaiknya seimbang pada batang hidung. Jika kacamatamu lebih condong ke satu sisi, kamu bisa meminta penyetelan kacamata agar sesuai bentuk dan ukuran wajahmu serta nyaman dipakai.

Baca Juga: Tips Mudah Merawat Lensa Kontak

Selain menerapkan sederet tips memilih kacamata hitam di atas, kamu juga sebaiknya memilih toko atau optik terpercaya agar mendapatkan produk yang berkualitas.

Mengingat fungsinya untuk menjaga kesehatan mata, pilihan kacamata hitam yang sesuai juga akan memberikan perlindungan optimal pada matamu. Semoga bermanfaat!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...