• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Seseorang dengan kondisi rabun jauh memerlukan kacamata minus sebagai alat bantu penglihatan. Masalahnya, banyak orang yang merasa memakai kacamata minus membuat penampilan menjadi kurang menarik. Apakah kamu salah satunya? Simak tips memakai kacamata minus ini!

Berkebalikan dengan rabun dekat, Rabun jauh atau miopia adalah kondisi mata yang titik fokusnya berada di depan retina. Sementara, pada mata normal, fokus berada tepat di retina. Kondisi ini membuat benda yang jauh jadi tampak buram, sementara, benda yang dekat tetap tampak normal.

Kenali Rabun Jauh Lebih Dalam

tips memakai kacamata minus OkayDoc

Selain bersifat genetik, miopia juga dipengaruhi oleh faktor kebiasaan sehari-hari - OkayDoc

Rabun jauh bisa disebabkan oleh faktor genetic, namun faktor lingkungan juga tidak kalah berpengaruh.

Misalnya, pekerjaan yang menuntut penglihatan pada objek yang dekat secara terus-menerus atau bagi seseorang yang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah sehingga jarang melihat objek yang jauh. Kebiasaan-kebiasaan ini membuat bola mata mengalami perubahan secara alami.

Apakah penglihatanmu masih jelas saat melihat benda-benda yang dekat, seperti majalah atau ponsel? Di sisi lain, kamu melihat benda-benda yang jauh tampak buram dan harus berusaha ekstra agar benda-benda itu tampak jelas? Apakah kamu juga memicingkan mata saat melihat benda-benda yang jauh?

Bila jawabannya ‘ya’, maka kemungkinan besar kamu mengalami gejala rabun jauh. Segeralah berkonsultasi ke dokter mata untuk mendapatkan hasil yang tepat. Jika benar kamu menderita rabun jauh, jangan ragu untuk memesan kacamata minus agar penglihatanmu terbantu.

Baca Juga : Bagian-bagian Mata yang Penting Kamu Ketahui Fungsinya

Jenis-Jenis Lensa untuk Kacamata Minusmu

tips memakai kacamata minus OkayDoc

Utamakan lensa yang ringan agar tidak membebani hidung dan kuat agar bisa digunakan tahan lama - OkayDoc

Perlu kamu ketahui, ada beberapa lensa yang dapat menjadi pilihan. Masing-masing lensa bisa dipilih sesuai dengan aktivitas atau tingkat kenyamanan. Ada yang terbuat dari plastik yang ringan, ada yang lebih tipis, dan lain-lain. Mau tahu jenis-jenis lensa tersebut? Ini dia!

  • High-index plastic. Meski tipis, lensa ini tergolong kuat. Kamu yang memerlukan lensa tahan banting bisa memilih jenis ini. Salah satu kelebihannya lagi, lensa ini ringan sehingga tidak membebani hidungmu ketika mengenakannya.
  • Lensa asferik. Lensa ini punya banyak varian berdasarkan tingkat kelengkungannya. Ada yang sangat lengkung, ada juga yang datar. Sesuaikan saja dengan seleramu.
  • Lensa polikarbonat. Lensa ini juga termasuk tahan banting. Jika kamu orang yang banyak bergerak, sering berolahraga, aktif ke sana dan kemari, atau selama ini kacamatamu mudah rusak, cobalah untuk mempertimbangkan mengenakan kacamata berlensa polikarbonat.
  • Lensa trivex. Kelebihan lensa ini berada pada fungsinya yang dinilai lebih unggul ketimbang lensa lainnya dalam membantu penglihatan. Kelebihan lainnya adalah tipis dan ringan sehingga tidak mudah rusak saat terbentur.
  • Lensa fotokromik. Lensa ini bisa berupa plastik atau kaca. Sifatnya menghambat sinar UV sehingga bagi kamu akan merasa seperti menggunakan kacamata hitam khusus penangkal sinar UV. Bedanya dengan kacamata hitam, lensa fotokromik tidak membuat benda yang kamu lihat menjadi gelap.

Adakah Tips Mengenakan Kacamata Tanpa Mengganggu Penampilan?

tips memakai kacamata minus OkayDoc

Kacamata justru bisa menjadikan penampilan lebih baik asalkan serasi dengan bentuk wajah - OkayDoc

Sayangnya, masih banyak orang yang tidak mau memakai kacamata meskipun dibutuhkan. Alasannya, kacamata bisa merusak penampilan. Baiklah, jika kamu takut penampilanmu menjadi kurang menarik gara-gara kacamata minus yang bertengger di wajah, cobalah usir ketakutanmu ini dengan memilih kacamata minus yang tepat.

Bagaimana caranya? Simak tips memakai kacamata minus di bawah ini, ya!

Pilih lensa yang paling sesuai

Tampilan lensa sering dianggap menggambarkan kepribadian seseorang. Orang berkacamata dengan lensa tebal dilihat sebagai kutu buku. Bila tidak ingin mengesankan seperti itu, hindari memilih lensa tebal pada kacamata.

Pilih bingkai yang pas

Terlepas dari adanya tren mengenakan kacamata berbingkai tebal, hindari memilihnya jika wajahmu termasuk kecil. Dampaknya akan membuat kacamata seakan-akan menutupi seluruh area wajahmu.

Sesuaikan dengan bentuk wajah

Umumnya ada empat bentuk wajah, yaitu bulat, oval, bentuk hati, dan persegi. Kenali bentuk wajahmu dan konsultasikan kepada ahli optik mengenai model kacamata yang sesuai. Kunci dalam memilih kacamata agar tampak pas adalah dengan menyesuaikan dengan bentuk wajah.

Tujuannya agar wajah tetap tampak proporsional antara bagian atas dan bawah serta bagian kiri dan kanan.

Warna bingkai juga penting

Jangan sampai keliru dalam memilih warna bingkai kacamatamu. Jika kamu termasuk orang yang senang memakai pakaian berwarna-warni, pilihlah bingkai kacamata dengan warna netral agar cocok dengan semua warna pakaianmu.

Bagaimanapun, kamu tidak mau berganti bingkai kacamata tiap hari, bukan? Untuk bingkai, kuncinya masih sesuaikan dengan kepribadian. Jangan lupa, sesuaikan juga warna bingkai dengan warna kulit dan rambutmu.

Baca juga: 4 Latihan Mata Minus Ini Dapat Kamu Terapkan Di Rumah!

Sekarang kamu sudah paham tips memakai kacamata minus dengan tetap terlihat keren? Mungkin kamu masih malu saat mengenakan kacamata pada awalnya.

Tapi jika kamu tahu bentuk kacamata yang trendi, sesuai dengan bentuk wajah, dan warnanya pun cocok, maka kacamata justru menjadi barang fashion yang membuat penampilan seseorang menjadi lebih keren, lho. Jadi, buat apa malu berkacamata kalau kamu memang perlu memakainya?

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Wajah
Manfaat Jahe untuk Wajah Ternyata Bukan Sekedar Mitos!
Dedi Irawan
02 Apr 2018
Kulit
Manfaat Mandi Susu: Cantik dari Ujung Rambut Hingga ke Ujung Kuku
Dedi Irawan
11 Nov 2017
Pengobatan
6 Cara Mengobati Mata Bintitan Hingga Sembuh Sempurna
Annisa Trimirasti
14 Sep 2018
Pengobatan
6 Cara Melakukan Tes Buta Warna yang Tepat dan Akurat!
Dewangga
03 Jul 2017
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...