• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Melahirkan normal adalah proses persalinan melalui vagina yang merupakan metode alamiah dalam mengeluarkan bayi dari rahim. Jenis persalinan ini tidak menggunakan alat bantu atau melalui pembedahan, seperti halnya melahirkan dengan bantuan forceps atau operasi caesar.

Meski begitu, sebagian proses melahirkan normal tetap membutuhkan metode pendukung untuk memperlancar prosesnya, seperti dilakukannya episiotomi (pemotongan perineum untuk melebarkan jalan lahir). Namun, faktor pendukung ini sebenarnya hanya dipraktikkan jika situasi benar-benar membutuhkan. 

Nah, Bunda juga bisa menghindari gangguan selama melahirkan normal nanti dengan menjalani pola hidup yang lebih sehat mulai dari sekarang. Misalnya dengan memerhatikan makanan yang dikonsumsi, serta melatih fleksibilitas otot-otot panggul untuk memudahkan pergerakan bayi di jalur lahir.

Jangan lupa, apa yang Bunda makan atau lakukan akan memberi kebaikan secara langsung kepada bayi di dalam kandungan.

Persiapkan Diri Bunda Menyambut Melahirkan Normal dengan Cara-cara Ini

Berikut ini adalah 5 tips melahirkan normal yang bisa Bunda terapkan untuk mendapatkan proses kelahiran yang lancar. 

Mempersiapkan mental dan percaya kepada kemampuan diri sendiri

Tubuh wanita memang telah terbentuk sedemikian rupa untuk bisa mengeluarkan bayi dari rahimnya. Maka dari itu, Bunda tidak perlu cemas tentang bagaimana bayimu nanti bisa dilahirkan dari ruang seukuran vagina. Selain itu, kepala bayi yang lunak bukannya tanpa alasan.

Tujuannya agar bisa mengikuti bentuk jalur lahir. Hormon endorfin pun akan dihasilkan untuk membantu Bunda mengatasi rasa nyeri melahirkan. Maka dari itu Bunda tidak perlu cemas karena semua seakan-akan sudah disiapkan secara alami.

Meluangkan waktu di rumah untuk berolahraga secara rutin

Tips melahirkan normal selanjutnya adalah Bunda harus mendisiplinkan diri untuk berolahraga secara rutin. Olahraga yang dilakukan tentunya tidak perlu berat. Mungkin di pagi hari atau sore hari, Bunda bisa berjalan-jalan mengitari area perumahan. Lebih baik jika Bunda ditemani kawan atau kerabat sambil berbincang-bincang santai untuk merelaksasi pikiran.

Selain itu, untuk mengisi waktu luang Bunda, sekadar berkebun atau membersihkan rumah juga bisa dilakukan. Diet makan sehat sesuai anjuran dokter selama kehamilan memang bagus, tapi lebih bagus lagi jika bisa disertai dengan olahraga. Jika Bunda ragu, konsultasikanlah dengan dokter kandungan mengenai olahraga yang paling baik untuk Bunda. 

Melatih otot-otot yang dibutuhkan saat melahirkan

Melatih otot-otot yang dibutuhkan saat melahirkan menjadi salah satu tips mempersiapkan melahirkan normal selanjutnya. Para pakar juga menyarankan ibu hamil yang ingin melahirkan normal sebaiknya melatih kekuatan otot-otot paha, otot-otot kaki, serta otot-otot dasar panggul.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengikuti senam hamil. Bunda bisa mencari kelas yang sesuai dan di bawah pengawasan instruktur profesional. Jika sulit, mintalah bantuan dan arahan dokter kandungan sebelum memulai latihan fisik untuk pertama kali. 

Mengejar berat badan ideal melalui pola makan sehat

Sebelum atau sesudah Bunda hamil, sewajarnya memiliki berat badan ideal selalu menjadi target utama. Terutama pada masa-masa kehamilan, dokter akan memberikan konsultasi mengenai kisaran berat badan yang perlu dimiliki untuk mendukung kemudahan melahirkan.

Memiliki berat badan ideal juga mendukung kebugaran Bunda, yang dapat bermanfaat dalam proses melahirkan normal. Karena itu, selalu konsultasikan kepada dokter mengenai pola makan, jenis makanan, serta berat badan yang ideal selama kehamilan. 

Membayangkan kebahagiaan di pengujung hari

Rasa sakit selama melahirkan normal dianggap sebagian ibu justru sebagai perjuangan yang tidak ternilai. Beratnya tiap tahapan demi tahapan yang dilalui menjadikan seorang ibu menghargai tiap momen yang dilalui. Bayangan membahagiakan tentang perjuangan Bunda dapat menjadi motivasi tersendiri.

Nah itulah 5 tips melahirkan normal untuk memperlancar proses kelahiran Si Kecil. Setelah mengandungnya selama lebih dari 9 bulan, akhirnya Bunda berhasil melahirkannya ke dunia dengan kekuatan sendiri. Jadikan hal ini sebagai penyemangat untuk bisa melahirkan normal!

Tentu saja, Bunda juga harus memeriksakan diri kepada dokter kandungan secara rutin untuk mengantisipasi gangguan apa pun dan mendapatkan tips kesehatan yang bermanfaat. 

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Diet Ibu Hamil
Makanan Ibu Hamil Trimester Pertama agar Janin Sehat
Tsalis Annisa
28 Mar 2018
Kesehatan Kandungan
Pantangan Ibu Hamil Muda untuk Janin yang Sehat
Tsalis Annisa
19 Oct 2017
Prosedur Melahirkan
Kenali Prosedur Kelahiran Bayi Sungsang dan Cara Mengatasinya
Dedi Irawan
06 Oct 2018
Prosedur Melahirkan
Pahami Prosedur Melahirkan Forceps agar Bayi Lahir Sehat
Maya Ligina
02 May 2018
Prosedur Melahirkan
Kelebihan Melahirkan Normal Sungguh Tidak Ternilai!
Veronica
01 Nov 2017
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...