• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Tekanan darah normal merupakan salah satu penunjang utama kehidupan seseorang. Tanpa tekanan darah yang baik, sistem peredaran darah akan terganggu. Padahal, sistem ini merupakan penyuplai oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh.

Terbayang 'kan bagaimana jika gangguan tekanan darah terjadi pada tubuhmu?

Mengapa Tekanan Darah Normal itu Penting?

tekanan darah normal

Menjaga tekanan darah tetap normal dapat membantu tubuhmu tetap sehat - OkayDoc

Sistem peredaran darah penting dalam melindungi tubuh dari penyakit. Melalui sistem ini, sel darah putih yang berperan dalam kekebalan tubuh dapat beredar ke seluruh tubuh. Keseimbangan pH (asam-basa) manusia juga tak lepas dari peran tekanan darah.

Bukan hanya memberi nutrisi dan oksigen, darah juga berperan penting dalam membawa sisa metabolisme tubuh yang bisa bersifat racun menuju organ hati dan ginjal. Karbondioksida yang merupakan sisa sistem pernapasan kita juga dibuang oleh darah.

"Tekanan darah sendiri melibatkan banyak hal, bukan hanya jantung sebagaimana kita duga selama ini - OkayDoc"

Darah mengalir karena adanya perbedaan tekanan, di mana tekanan tertinggi terjadi pada awal perjalanan darah saat memasuki pembuluh darah terbesar pada jantung (aorta). Tekanan darah terendah terjadi di akhir perjalanan di sepanjang cabang pembuluh darah arteri yang kian mengecil.

Agar tekanan darah berada dalam rentang yang normal, arteri dan jantung harus berfungsi optimal. Jantung sendiri bertugas memompa agar darah bisa mengalir dan menjangkau semua jaringan tubuh. Sementara arteri bertugas sebagai saluran yang mengalirkan darah. Elastisitas arteri harus terjaga agar aliran darah tidak mengalami masalah.

"Untuk mendapatkan tekanan darah normal yang sehat, dibutuhkan peran pembuluh darah yang tersebar di seluruh tubuh - OkayDoc"

Secara umum, tekanan darah dikatakan normal jika memiliki tekanan sistolik kurang dari 120 dan tekanan diastolik kurang dari 80. Jika tekanan sistolik antara 120 hingga 139 dan diastolik antara 80 sampai 89 maka pemiliknya digolongkan prehipertensi.

Untuk mereka yang memiliki tekanan sistolik lebih dari 139 dan tekanan diastolik di atas 89, bisa diartikan mengidap tekanan darah tinggi.

Untuk menjaga agar tekanan darah tetap berada pada titik normal, seseorang harus memperhatikan banyak hal. Salah satu yang paling penting adalah mengenai gaya hidupnya. Berikut rinciannya:

1. Perhatikan Berat Badan

perhatikan berat badan Anda

Tekanan darah normal bisa kamu dapatkan dengan memerhatikan berat badan - OkayDoc

Jika berat badan kamu berlebih, maka tekanan darah yang kamu miliki kemungkinan akan meningkat. Hal tersebut dikarenakan, berat badan yang berlebihan bisa menyebabkan gangguan pernapasan saat tidur atau sleep apnea.

Tak ada ruginya jika kamu menurunkan berat badan sekarang. Sebab, setiap penurunan bobot badan sebesar 4,5 kg, tekanan darah akan berkurang secara signifikan.

Baca Juga: Pentingnya Cek Tekanan Darah Sebelum Terlambat

2. Jalani Olahraga secara Rutin

cara menjaga tekanan darah normal

Jalani olahraga secara rutin untuk menjaga nilai tekanan darah tetap normal - OkayDoc

Cara terbaik untuk menjaga tekanan darah berada di titik normal adalah dengan berolahraga. Jika dilakukan teratur, minimal 30 menit dalam beberapa hari tiap minggu, tekanan darah yang berkurang bisa berkisar antara 5 hingga 8 mmHg.

Namun kamu harus melakukannya dengan teratur. Jika tidak dilakukan teratur, jangan heran jika tekanan darah kembali naik.

Bahkan jika kamu tergolong penderita hipertensi, olahraga teratur akan sangat berguna. Sebab dengan aktivitas fisik yang teratur, perkembangan kondisi hipertensi bisa diredam. Tekanan darah perlahan akan menuju titik aman di mana kamu akan menjadi lebih sehat dari sebelumnya.

Kabar baiknya, olahraga untuk tujuan ini sangatlah murah dan mudah. Jalan kaki, jogging, bersepeda, berenang, dan menari adalah jenis olahraga yang terbukti berguna untuk menurunkan tekanan darah.

3. Berhenti Merokok

segera berhenti merokok untuk mendapatkan tekanan darah normal

Segeralah berhenti merokok demi kesehatan menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah - OkayDoc

Mungkin berhenti merokok terkesan saran klise untuk kamu. Sayangnya hal ini benar-benar sangat berarti agar tekanan darah tetap berada di garis aman. Menghisap rokok akan menaikkan tekanan darah seseorang hanya beberapa menit sesudah rokok habis.

Agar kembali ke titik tekanan darah sebelumnya, maka berhenti merokok menjadi tindakan yang sangat disarankan. Mereka yang berhenti merokok, tak peduli berapa usianya, mengalami penurunan tekanan darah yang signifikan. Mereka juga mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

4. Mengelola Kadar Stres dengan Baik

tekanan darah normal

Mengendalikan stres dapat membantumu menjaga agar tekanan darah tetap normal - OkayDoc

Penting juga untuk memiliki pikiran yang tenang dan relaks untuk mencegah lonjakan tekanan darah. Kamu harus mengetahui bahwa stres merupakan penyumbang tekanan darah tinggi yang tidak bisa dianggap remeh.

Stres dalam hidup memiliki banyak implikasi negatif jika tidak ditangani dengan benar. Reaksi menghadapi stres yang berlebihan dan pelampiasannya seperti alkohol atau rokok akan berkontribusi meningkatkan tekanan darah, bahkan alkohol dapat mengurangi efektifitas beberapa jenis obat penurun tekanan darah.

Itulah perlunya kamu meluangkan waktu guna memahami sekaligus meredakan stres. Carilah penyebabnya secara seksama agar masalah yang ada bisa diatasi dengan baik. Jika perlu, carilah orang yang bisa dipercaya untuk menyelesaikan masalah kamu.

Baca Juga: Dampak Minum Bir Setiap Hari, Baik atau Buruk?

5. Mengatur Asupan Garam

mengatur asupan garam demi tercapainya tekanan darah normal

Atur asupan garam setiap hari demi terwujudnya tekanan darah yang normal - OkayDoc

Ion natrium dalam garam sangat memengaruhi tekanan darah. Untuk itu, demi memperoleh tekanan darah normal, kamu perlu mengatur asupan garam setiap harinya. Sebelum menentukan pola diet sehat yang kamu pilih, coba ukur tekanan darahmu saat ini.

Apabila tekanan darahmu cenderung rendah, coba perbanyaklah asupan garam. Namun sebaliknya, jika kamu adalah penderita hipertensi, maka kamu sangat membutuhkan batasan dalam mengonsumsi garam.

Untuk membatasinya, kamu dapat membumbui makananmu dengan rempah-rempah alami yang lebih menyehatkan. Berikut adalah tips lain yang bisa kamu lakukan dalam membatasi asupan garam:

  • Selalu baca label makanan dengan hati-hati dan perhatikan jumlah sodium atau natrium didalamnya.
  • Kurangi konsumsi makanan cepat saji atau junk food.
  • Jika kamu merasa sangat berat dalam mengurangi asupan garam, lakukanlah secara bertahap.

6. Batasi Asupan Kafein

batasi asupan kafein

Batasi asupan kafein juga bisa membantumu menjaga tekanan darah normal kamu - OkayDoc

Tahukah kamu? Mengonsumsi minuman berkafein dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah tiba-tiba. Hal ini dikaitkan dengan efek hambatannya terhadap hormon yang melebarkan pembuluh darah.

Sebagai usaha menjaga tekanan darahmu tetap normal, cobalah batasi asupan kafein tetap dalam jumlah normal dan wajar. Meskipun efek kafein terhadap tekanan darah akan bervariasi pada tiap orang. Ada baiknya kamu tetap berjaga-jaga.

Terapkan cara berikut untuk melihat pengaruh kafein terhadap tekanan darah kamu:

  • Periksalah tekanan darah kamu sebelum dan antara 30 menit sampai 2 jam setelah mengonsumsi minuman berkafein.
  • Jika setelah pengukuran, tekanan darah kamu meningkat sekitar 5-10 mmHg, bisa diperkirakan bahwa kamu sensitif terhadap kafein.
  • Untuk penderita hipertensi, segeralah berkonsultasi terkait hasil ini dengan dokter kamu.
  • Ingat juga, jika kamu termasuk rutin mengonsumsi obat nyeri, beberapa obat antinyeri mengandung senyawa kafein, diskusikan pilihan obat lain dengan dokter kamu juga ya!

7. Jalani Pola Hidup yang Sehat

jalani pola hidup sehat untuk menjaga tekanan darah normal kamu

Menjalani pola makan yang sehat dan teratur dapat membantumu menjaga tekanan darah tetap dalam kondisi yang baik - OkayDoc

Cara ini memang sangat penting untuk diterapkan guna menjaga kebugaran tubuh. Begitu juga saat kamu ingin menjaga nilai tekanan darah normal.

Cobalah atur diet kamu dengan asupan makanan yang bervariasi dan sesuai dengan kebutuhan. Bagi kamu pemilik tekanan darah rendah, mungkin ada baiknya untuk banyak mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan folat, vitamin B-12, dan garam.

Sementara kamu yang memiliki darah tinggi sebaiknya mengonsumsi makanan tinggi kalium dan kalsium seperti sayuran hijau, pisang, susu dan yogurt, atau hidangan laut seperti tuna dan salmon.

Demi mengatur pola makan yang tepat dan terpenuhi asupan gizinya, cobalah jalani tips berikut:

  • Buatlah sebuah buku yang menjadi catatan makanan yang kamu konsumsi selama seminggu.
  • Pantau terus jenis makanan yang kamu konsumsi, jika perlu catatlah kapan dan mengapa kamu mengonsumsi makanan tersebut.
  • Selalu baca label makanan sebelum kamu berbelanja untuk mengetahui kandungan nutrisi atau angka kecukupan gizi (AKG) di dalamnya.
  • Untuk kamu penderita hipertensi, cobalah terapkan diet DASH sebagai usaha menjaga tekanan darah tetap normal.

Baca Juga: 5 Makanan Penyebab Darah Tinggi yang Sering Dikonsumsi!

Untuk mendapatkan tekanan darah normal, mengubah gaya hidup kamu menjadi lebih sehat adalah pilihan bijak. Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang juga penting untuk dilakukan.

Jangan lupa untuk memonitor tekanan darahmu, karena deteksi dini dapat menurunkan kemungkinan munculnya penyakit komplikasi yang mengerikan!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Diet
Lezatnya Kacang dan Buah yang Mengandung Vitamin E Ini!
Annisa Trimirasti
07 Oct 2018
Gangguan Kesehatan
Kenali Gejala Saraf Kejepit agar Bisa Ditangani Secepatnya
Rabbani Haddawi
28 Jul 2018
Gangguan Kesehatan
Mengenali Ciri-ciri Kelenjar Getah Bening yang Bermasalah
Dedi Irawan
05 Oct 2018
Gigi
Ikuti Cara Merawat Gigi Palsu Ini untuk Hindari Komplikasinya!
Nina Hertiwi
12 Oct 2018
Kesehatan Ibu
Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil yang Tak Boleh Dilewatkan
Vivi Hermin
26 Aug 2018
Kebugaran
5 Manfaat Mendaki dan Tips Aman untuk Melakukannya
Rabbani Haddawi
28 Jul 2018
Memuat...
Tanya Dokter
Memuat...