• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Cari Rumah Sakit
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

6 Tahapan Cara Berhenti Merokok yang Sudah Terbukti!

Diverifikasi oleh dr. Graciela Audria

Tidak semudah mengucapkannya, berhenti merokok membutuhkan waktu dan proses yang panjang. Tidak heran, kamu akan melalui berbagai kesulitan, bahkan hanya untuk menjalani satu hari tanpa merokok. Meski begitu, keinginan untuk berhenti merokok bukanlah suatu impian yang mustahil. Kuncinya terletak pada dirimu sendiri.

Sebagai permulaan, kamu harus temukan dasar-dasar alasanmu sebagai cara berhenti merokok. Katakan kepada dirimu bahwa ada risiko serangan penyakit berat akibat asap rokok yang mana hal ini pun berlaku terhadap orang-orang di sekitarmu.

Selain itu, apakah kamu serius untuk mencari tahu bahwa nyatanya ada kebaikan di balik keberhasilan berhenti merokok jika dibandingkan fakta-fakta yang merugikan kesehatan akibat merokok.

Tahapan Cara Berhenti Merokok yang Penuh Tantangan

Pada prosesnya, kamu akan melalui enam fenomena yang muncul di dalam diri sendiri. Keenam fenomena tersebut entah akan menjadi penghambat atau pendorongmu untuk berhenti merokok. Mungkin kamu bisa melanjutkan tiap tahap tanpa masalah atau kamu justru bisa terus-menerus mengulang kembali dari tahap pertama dikarenakan tekadmu belum bulat.

cara berhenti merokok adalah dari diri sendiri

Cara berhenti merokok yang ampuh dimulai dari keinginan diri sendiri untuk terbebas dari rokok - OkayDoc

Bagi kamu yang perokok, tahap-tahap bermanfaat ini bisa menjadi gambaran masa-masa awalmu merokok hingga saat kamu mulai memutuskan untuk berupaya berhenti merokok.

Awalnya kamu merasa tidak ada salahnya untuk merokok

Saat ini kamu merasa bahwa merokok telah memberikan kebaikan bagi diri sendiri. Berkat merokok, kamu jadi merasa tenang dan terbebas dari stres. Maka dari itu, tidak apa-apa untuk merokok.

Mungkin kamu merasa bahwa rokok justru mempermudah hidupmu, setidaknya saat ini.

Kamu mulai menyadari efek buruk merokok

Kamu mulai mendengar hal-hal buruk terkait efek merokok. Meski begitu, kamu masih merasa belum ingin berhenti merokok karena saat ini masih menikmatinya.

Mungkin kamu berpikir efek buruk merokok belum terjadi sekarang.

Konsultasi DokterBabe

"Siang dok, apa kabar, apabila sy bukan seorang perokok. tpi lingkungan bkerja sy smuanya mrokok. apakah sya jga tetap kna pengaruh dari rokok? sperti yang impotensi, gagal jantung, sakit paru-paru itu dok. atau ga knapa" ya? makasih dok"

Jawaban Dokter

Kamu bersiap-siap untuk berhenti merokok

Pada tahap ini, kamu sudah merasa bahwa kebiasaan merokok perlu dihentikan. Kamu mulai mencari-cari informasi mengenai cara berhenti merokok.

Langkah yang tepat di sini adalah berkonsultasi kepada dokter. Dokter akan membantumu dengan memberikan dukungan medis dan moral, termasuk menentukan tanggal sebagai motivasi berhenti merokok.

cara berhenti merokok yang cepat

Merokok dapat dihentikan secara bertahap - OkayDoc

Selamat atas hari pertamamu berhenti merokok

Setelah berhasil melalui tahap persiapan berhenti merokok, kamu akan memasuki masa-masa awal terbebas dari asap rokok yang akan berlangsung selama 1-6 bulan. Selama itu pula, sebaiknya kamu terus didukung oleh peran dokter dalam memberikan konsultasi mengenai efek samping berhenti merokok, manfaat berolahraga, dan asupan nutrisi yang ideal.

Dukungan keluarga dan lingkungan turut memberi dukungan yang sama pentingnya. Oleh karena itu, jangan menutup diri dari kerabat terdekatmu.

Baca Juga: Deretan Bahaya Rokok Elektrik yang Sebaiknya Tidak Diremehkan Kaum Muda

Kini kamu telah terbebas dari rokok

Kesuksesanmu tidak merokok selama enam bulan menjadikanmu seseorang yang berpengalaman dalam menahan hasrat merokok. Kamu pun sudah merasa lebih tenang sebagaimana saat-saat terberatmu melawan nafsu merokok telah berlalu. Namun, kamu tetap harus berwaspada karena keinginan untuk merokok ‘satu batang saja’ terus mengintai.

Kamu memulai hidup baru sebagai bukan perokok

Sebagian perokok merasa bahwa ada suatu pemicu yang menjadikan mereka ingin merokok. Tapi berbeda dengan dirimu yang sekarang karena pada tahap ini kamu sudah tidak terpengaruh oleh faktor-faktor pemicu semacam itu. Tidak hanya telah terbebas dari rokok, kamu juga sanggup berkata tidak kepada rokok tanpa pikir panjang.

Tapi kamu tetap tidak boleh terlalu percaya diri. Jika kamu kembali merokok saat ini, maka kamu akan kembali kepada tahap 2 dan kamu harus memulainya lagi dari awal.

Rintangan yang dilalui tiap orang untuk bisa merealisasikan cara berhenti merokok akan berbeda-beda. Sebagian orang bisa menempuhnya dalam seminggu, tapi sebagian lainnya mungkin butuh bertahun-tahun sebagaimana dia kerap menghadapi berkali-kali kegagalan di tengah jalan.

Jadikan Ini Motivasi Tambahanmu untuk Berhenti Merokok

pelajari cara berhenti merokok yang baik dan benar

Kesehatan keluarga umumnya menjadi faktor pemicu seseorang bisa berhenti merokok - OkayDoc

Faktor terpenting bagi kamu adalah bagaimana kamu memahami cara berhenti merokok dan melandasinya dengan niat dari diri sendiri. Selain niat, ada momen-momen tertentu yang kamu bisa manfaatkan untuk mendukung upayamu berhenti merokok.

  • Kamu sedang hamil atau serumah dengan wanita hamil
  • Kamu memiliki anak dan kamu tidak ingin asap rokok meracuni anak
  • Kamu tidak merokok di Hari Tanpa Tembakau Sedunia tiap tanggal 31 Mei
  • Kamu berkeinginan kuat untuk menjalankan hidup sehat
  • Kamu berjanji untuk berhenti merokok kepada orang yang disayangi

Baca Juga: Berhenti Merokok: Ini yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kamu Melakukannya!

Selama apa pun waktu yang dibutuhkan atau sesulit apa pun rintangan yang kamu lalui, ingatlah bahwa berhenti merokok bukan berarti kebal terhadap godaan merokok. Jangan sampai semua kerja kerasmu hancur akibat mencoba-coba kembali, meski hanya mengisap satu batang rokok secara diam-diam. Hargai kesehatanmu mulai dari sekarang. 

Diverifikasi oleh dr. Graciela Audria
Komentar
Artikel Terkait
Kebugaran
18 Nov 2017
Berhenti Merokok: Begini Kondisi Tubuhmu Jika Melakukannya
Annisa Trimirasti
Kesehatan Bayi
06 Sep 2017
Resep MPASI Sederhana untuk Setiap Tahapan Usia Bayi
Asa Citra
Wajah
31 Dec 2017
Dahsyat, Cara Mengatasi Jerawat Ini Sudah Terbukti secara Ilmiah!
Dedi Irawan
Wajah
02 Jun 2018
Cara Menumbuhkan Kumis demi Tampil Lebih Maskulin
Lina Purwanti
Diet
04 Aug 2018
4 Tahapan Cara Mengolah Daging yang Sehat dan Aman
Annisa Trimirasti
Kebugaran
24 May 2018
Perincian Program Latihan Fitness bagi Pemula
Maya Ligina
Memuat...
Konsultasi
Memuat...