• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Mau cantik tidak cukup hanya merawat kulitmu dengan menggunakan masker atau membersihkan wajah. Kamu juga perlu melindungi kulit wajahmu dengan tabir surya.

Matahari merupakan sumber vitamin D alami yang dapat menjaga kesehatan tulangmu. Tapi sayangnya, jika kamu terlalu lama berada di bawah paparan langsung sinar matahari tanpa perlindungan, hal ini dapat memberi efek buruk untuk kulitmu.

Mulai dari warna kulitmu yang bisa menjadi lebih gelap, hingga meningkatnya risiko terkena kanker kulit. Seram, kan? Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang tidak menggunakan tabir surya di wajah bisa lebih cepat terlihat lebih tua.

Hal ini disebabkan paparan sinar UV dapat merusak elastisitas lapisan dalam kulit dan membuat kulit wajah menjadi keriput. Kamu pasti tidak mau keriput di usia muda, kan? Nah, mulai rajinlah menggunakan tabir surya untuk wajah sebelum keluar ruangan.

Tapi, Bagaimana Cara Memilih Tabir Surya yang Tepat?

cara memilih tabir surya untuk wajah yang tepat

Pilihlah tabir surya dengan spektrum luas untuk melindungi kulitmu - OkayDoc

Nah, sekarang kamu sudah tahu pentingnya tabir surya untuk wajahmu, kan? Langkah selanjutnya adalah jangan sampai salah pilih tabir surya. Karena salah memilih tabir surya bisa membuat usahamu menjaga kesehatan dan kecantikan kulitmu menjadi sia-sia.

Berikut ini adalah beberapa cara memilih tabir surya untuk wajah yang tepat. Catat, ya!

  • Hindari menggunakan tabir surya yang berbahan dasar minyak. Terlebih lagi jika kamu memiliki jenis kulit berminyak dan berjerawat. Pilihlah tabir surya dengan berbahan dasar air. Demi kesehatan dan kecantikan kulitmu.
  • Pilih tabir surya dengan spektrum luas. Tabir surya berspektrum luas adalah jenis tabir surya yang dapat melindungi kulit wajahmu baik dari sinar UVB maupun UVA. Di saat sinar UVB lebih berperan dalam menyebabkan luka bakar pada kulit, sinar UVA disinyalir bisa membuat kulit wajahmu mengalami keriput. Maka penting untuk mengunakan tabir surya yang memberi perlindungan terhadap keduanya. 
  • Pilih tabir surya yang anti keringat dan anti air. Terlebih lagi jika kamu hendak melakukan aktivitas yang berkeringat atau berhubungan dengan air seperti berenang.
  • Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, hindari penggunaan tabir surya dengan kandungan asam para-aminobenzoat atau PABA. Pasalnya pada beberapa orang kandungan ini berisiko mengiritasi kulit sensitifmu. Sebagai gantinya, pilihlah tabir surya dengan kandungan zinc oxide.
  • Pilih tabir surya dengan kadar SPF setidaknya 30. SPF menggambarkan kandungan yang berperan untuk melindungi kulitmu dari sinar UVB. Tabir surya dengan kandungan SPF 30 mampu memberikan perlindungan hingga 97 persen. 

Selain itu, jika kamu memiliki kosmetik yang mengandung SPF, sebaiknya jangan bergantung pada hal tersebut. Karena ternyata kandungan SPF pada kosmetik seperti alas bedak, tidak memberikan perlindungan yang cukup untuk melindungi kulitmu dari bahaya sinar UV.

Bagaimana Cara Tepat Menggunakan Tabir Surya?

cara menggunakan tabir surya untuk wajah yang tepat

Salah cara menggunakan tabir surya bisa bikin upaya perlindunganmu sia-sia - OkayDoc

Memiliki tabir surya yang bagus tidak cukup jika kamu tidak menggunakannya dengan cara yang tepat. Nah, berikut ini adalah beberapa cara menggunakan tabir surya yang tepat untuk wajah agar kamu sukses melindungi kulit wajahmu.

  • Gunakan tabir surya setidaknya 25 hingga 30 menit sebelum kamu keluar ruangan. Agar dapat melindungi kulitmu dengan sempurna, tabir surya memerlukan waktu beberapa saat untuk dapat menyerap di kulit. Oleh karena itu, berikanlah waktu untuk tabir surya dapat menyerap dengan sempurna di kulit.
  • Setelah 2 jam penggunaan, aplikasikan ulang tabir surya di wajahmu. Penggunaan kembali tabir surya penting kamu lakukan agar kulit wajahmu tetap terlindungi dengan baik. Apalagi jika kamu melakukan kegiatan seperti berenang, atau aktivitas lain yang membuat kulit wajahmu sangat berkeringat.
  • Menggunakan tabir surya tidak hanya pada saat matahari terik, tapi juga saat mendung. Jangan berpikir saat cuaca mendung sinar UV tidak akan merusak kulitmu. Jadi pastikan kamu tetap menggunakan tabir surya terutama saat siang hari. Baik saat matahari terik ataupun tidak.
  • Pastikan kamu menggunakan tabir surya secara merata di seluruh wajahmu. Selain menggunakan tabir surya sekitar 25 hingga 30 menit sebelum keluar ruangan, kamu juga harus memastikan bahwa kamu sudah menggunakan tabir surya secara merata, mulai dari dahi hingga leher. Ingat, penggunaan yang tidak merata bisa membuat usahamu sia-sia.

Mulailah membiasakan dirimu untuk menggunakan tabir surya untuk wajah setiap kali berpergian, terutama pada siang hari. Melindungi kulitmu dari sinar matahari sama pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuhmu. Ingat, paparan langsung sinar matahari tidak hanya dapat mengakibatkan kulit lebih gelap dan keriput, tapi juga meningkatkan risiko kanker kulit. Kamu tidak ingin hal buruk terjadi pada kulitmu, kan?

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...