• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Senam kegel atau sering juga disebut senam latihan dasar panggul, memfokuskan gerakannya kepada upaya memperkuat otot panggul bagian bawah (pelvic floor muscle) dan jaringan di sekitarnya, termasuk otot pada bagian organ intim, rahim, kantong kemih, dan usus besar.

Senam kegel ini sangat bermanfaat untuk pria dan wanita. Manfaat dari senam kegel untuk pria adalah meminimalkan kemungkinan ejakulasi dini dengan meningkatkan mengontrol kontraksi otot. Selain itu, terapi ini biasanya berguna membantu pria mendapatkan klimaks berulang kali.

Sedangkan untuk wanita, manfaat senam kegel lebih banyak lagi. Selain mampu meningkatkan kemampuan organ intim di dalam berhubungan seksual, melatih otot bagian bawah panggul bisa sangat membantu ibu hamil menghadapi proses melahirkan, bahkan setelahnya juga. 

Manfaat Melakukan Senam Kegel untuk Ibu Hamil

manfaat senam kegel untuk ibu hamil

Senam kegel bisa mendukung kelancara melahirkan dengan normal berkat otot-otot panggul yang terlatih - OkayDoc

Dengan melakukan senam kegel secara teratur, otot-otot pada daerah sekitar kelamin dan panggul akan lebih terlatih sehingga memudahkan ibu hamil dalam proses melahirkan dengan normal yang memiliki banyak kelebihan. Berikut manfaat-manfaat senam kegel untuk ibu hamil.

  • Otot dasar panggul (pelvic floor muscle) yang terdiri atas lapisan otot di antara tulang kemaluan (di depan) sampai ujung tulang belakang ini akan mengalami tekanan di dalam proses persalinan. Dengan memiliki otot yang terlatih berkat senam kegel, makin mudah bagi wanita untuk mengendalikan otot dasar panggul selama proses kontraksi.
  • Terlatihnya otot panggul juga dapat mencegah robeknya perineum. Makin sedikit perineum yang robek, maka makin sedikit pula jahitan yang diterima ibu hamil saat melahirkan. Hal ini juga akan makin memudahkan bayi keluar tanpa membuat sang Ibu mengalami rasa sakit belebihan.
  • Mengurangi kemungkinan gangguan saluran kemih, seperti inkontinensia (ketidakmampuan menahan buang air kecil). Kasus ini sering juga terjadi pada pria maupun wanita tidak hamil. Biasa dikaitkan dengan otot panggul yang terlampau lemah atau seseorang dengan gangguan saraf.
  • Membantu mengatasi gangguan buang air kecil yang terjadi akibat stres pasca melahirkan.
  • Otot panggul yang kuat bisa mengurangi risiko mengalami wasir atau ambeien (hemoroid) yang tidak jarang dialami wanita pasca melahirkan.
  • Bukan hanya bermanfaat bagi ibu hamil saat menjalani proses persalinan, senam kegel bisa bermanfaat setelahnya dalam membantu membuat organ intim kembali ke bentuk semula dengan lebih tepat. Sehingga ada baiknya juga kembali melakukan senam kegel secara rutin beberapa hari setelah proses melahirkan.

Baca Juga: Persiapkan Kelahiran si Kecil, Ini 5 Tips Melahirkan Normal 

Cara Melakukan Senam Kegel untuk Ibu Hamil

cara melakukan senam kegel untuk ibu hamil

Keunggulan senam kegel adalah bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja - OkayDoc

Selain asupan makanan yang bernutrisi dan istirahat cukup, olahraga secara rutin adalah aktivitas yang disarankan bagi seorang wanita hamil, salah satunya adalah senam kegel. Bagaimana cara melakukan senam kegel untuk ibu hamil yang direkomendasikan?

  • Langkah awal yang penting untuk dilakukan adalah mengenali otot dasar panggul yang benar (yang akan dilatih) yaitu otot pubo-coccyygeus. Caranya dengan manahan urine saat sedang buang air kecil, lalu biarkan urine keluar lagi (Stop and Go). Atau dengan cara memasukkan jari ke liang vagina, lalu lakukan gerakan menahan urine keluar, jika jari terasa terjepit maka itulah otot yang harus dilatih.
  • Setelah mengetahui otot mana yang akan difokuskan, maka senam kegel untuk ibu hamil dilakukan dengan melakukan kontraksi atau mengencangkan otot tersebut selama 3-5 detik, ditahan dan dilemaskan. Jika Anda mulai terbiasa, maka Anda bisa menambah waktu menahan, misalnya selama 10 detik. Makin rutin Anda melakukan cara ini maka manfaatnya menjadi lebih maksimal.
  • Bernapaslah secara normal dan usahakan tidak menggerakkan kaki, bokong, dan otot perut selama melakukan senam ini.
  • Lakukan berulang-ulang sebanyak 10-20 kali, minimal tiga kali sehari.
  • Senam kegel bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Anda bisa melakukan senam ini dalam keadaan berdiri, duduk, atau berbaring. Termasuk saat Anda melakukan aktivitas sehari-hari, sedang duduk menonton TV, di kantor, di mobil, di bus, atau saat duduk menunggu di ruangan. Cara yang paling mudah adalah menahan air kecil atau menahan buang angin.
  • Hati-hati dan pertahankan fokus untuk mendapatkan hasil terbaik. Fokuskan hanya pada mengencangkan otot dasar panggul Anda. Hati-hati untuk jangan sampai melenturkan otot pada bagian lain, misalnya otot perut, paha, atau bokong.
  • Meski Anda bisa melakukan senam kegel di mana saja, lebih baik lagi jika Anda menjadwalkan pada waktu-waktu tertentu untuk bisa melakukannya demi mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Baca Juga: Melahirkan Normal Tanpa Jahitan Mungkin Dilakukan, Kok!

Anda juga bisa mengajak pasangan Anda untuk melakukan senam kegel bersama sehingga manfaatnya bukan hanya bisa dirasakan berdua juga. Selain lebih menyenangan bila dilakukan bersama, cara ini juga pada akhirnya mampu menambah keharmonisan rumah tangga Anda.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Olahraga Kehamilan
Olahraga untuk Ibu Hamil yang Aman dan Menggembirakan
Dedi Irawan
14 Jul 2017
Diet Ibu Hamil
8 Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Kedua yang Patut Dicoba
Dedi Irawan
08 Aug 2017
Gangguan Kesehatan
Arti Warna Darah Haid yang Perlu Kamu Ketahui
Annisa Trimirasti
05 Nov 2018
Pasangan
Intip Foreplay yang Disukai Wanita dan Jadikan Ia Ratu
Dedi Irawan
16 Sep 2017
Olahraga Kehamilan
Olahraga untuk Ibu Hamil yang Aman dan Menggembirakan
Dedi Irawan
14 Jul 2017
Diet Ibu Hamil
8 Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Kedua yang Patut Dicoba
Dedi Irawan
08 Aug 2017
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...