• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Tak jarang sakit pada pinggang belakang menjadi penyebab utama terganggunya pekerjaan. Meski terbilang banyak dialami, kamu sebaiknya tetap waspada pada penyebab gangguan ini. Nyatanya, sakit pinggang bukan hanya disebabkan oleh salah postur.

Fungsi punggung bagian bawah atau lumbar adalah untuk menompang tubuh, bergerak, dan melindungi jaringan. Karena itu, keluhan sakit pinggang bagian belakang yang muncul dengan intens akan membuatmu sulit beraktivitas.

sakit pinggang belakang

Sakit pinggang belakang bukan hanya disebabkan aktivitas mengangkat beban berat - OkayDoc

Gejala yang muncul bisa bervariasi, mulai dari pegal-pegal hingga sakit seperti ditusuk. Jika sakit pinggangmu berlangsung lebih dari 3 hari atau 72 jam, kamu sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

Sakit pada lumbar ini ternyata bisa berbentuk akut atau kronis. Dikatakan kronis apabila sakit terus berlangsung selama lebih dari 3 bulan.

Penyebabnya juga beragam. Tak jarang akibat gerakan mengangkat barang berat atau pengaruh usia yang menua. Aktivitas berlebihan turut berperan dalam menyebabkan nyeri otot dan pinggang. Bukan itu saja, penyebabnya mungkin bisa lebih serius lagi!

Kebiasaan Penyebab Sakit Pinggang Belakang

sakitpinggangbelakang-posturduduk-500364.jpg

Posisi duduk yang kurang tepat hingga mengangkat beban terlalu berat dapat menjadi penyebab sakit pinggang belakang - OkayDoc

Beban aktivitas fisik yang berlebihan mungkin saja menjadikan otot dan ligamen pada punggung meregang hingga robek. Sakit pinggang dapat menjadi gejala dari kondisi ini bersama dengan kekakuan otot.

Lebih jelas, berikut beberapa faktor penyebab sakit pinggang akibat gerakan otot yang sering terjadi.

  • Jenis Pekerjaan yang melibatkan kegiatan mengangkat beban atau gerakan apapun yang dibutuhkan memutar tulang belakang dapat menyebabkan sakit pinggang. Pekerja konstruksi atau kuli bangunan mungkin sering mengalaminya.
  • Mengangkat Beban yang Terlalu Berat. Bila kamu kerap membawa tas yang terlalu berat pada pundak, sakit pinggang bisa terjadi. Pasalnya, seluruh tubuh bagian atas ditopang oleh punggung bagian bawahmu.
  • Olahraga yang dilakukan secara berlebihan dapat menyebabkan sakit pinggang, terutama bila kamu tidak berolahraga sepanjang hari kerja kemudian memforsirnya pada akhir minggu.
  • Postur Tubuh yang tidak tepat seperti sering membungkuk bisa menyebabkan sakit pinggang. Hal ini mungkin saja terjadi pada pekerja kantoran yang duduk setiap hari. Karenanya, duduklah dengan punggung tegak tanpa menyilangkan kaki dari sekarang.

Sakit pinggang akibat kebiasaan aktivitas yang kurang tepat ataupun berlebihan umumnya dapat sembuh dengan menghindari penyebab dan cukup istirahat.

Trauma pada Cakram Tulang Belakang

trauma pada cakram tulang belakang

Mengangkat beban berat atau menekuk punggung menimbulkan trauma di cakram tulang belakang hingga sakit pinggang - OkayDoc

Jika kamu mengalami sakit di lumbar yang tak kunjung hilang, bisa jadi penyebabnya berupa trauma di cakram pada cakram tulang belakang. Contohnya, robeknya bagian luar cakram. Hal ini bisa dipicu oleh pertambahan usia.

Bagian tengah cakram pun mungkin bergeser dari posisi normalnya dan memberikan tekanan pada saraf. Sehingga menimbulkan sakit pada bagian bawah tulang punggung yang dapat menjalar hingga ke kaki.

Kejadian ini banyak muncul setelah mengangkat beban berat atau menekuk punggung. Rasa sakit akibat trauma di cakram dapat bertahan lebih dari 72 jam.

Degenerasi Cakram

degenerasi cakram

Penipisan cakram tulang belakang mulai terjadi begitu memasuki usia tua - OkayDoc

Seiring bertambahnya usia, cakram pada tulang punggung dapat menipis. Akibatnya, tulang punggung bisa saling bersentuhan dan bergesekan.

Masalah ini akan menyebabkan munculnya rasa sakit dan kaku pada pinggang belakang. Tidak hanya itu, gangguan ini bisa berkembang lebih jauh dan memicu osteoartritis atau masalah serius lainnya seperti spinal stenosis.

Baca Juga : Cara Mengobati Sakit Pinggang yang Benar Ini Patut Dicoba!

Spinal Stenosis

spinal stenosis

Bermula dari degenerasi cakram yang berkembang menjadi spinal stenosis mengakibatkan pinggang sakit - OkayDoc

Gangguan tulang punggung yang satu ini biasanya bermula dari degenerasi cakram di antara tulang belakang. Kondisi ini terjadi saat ruang antara saraf tulang belakang menyempit sehingga muncul tekanan terhadap saraf tulang belakang.

Gejala yang muncul bisa berupa sakit pinggang yang disertai mati rasa, kram, dan lemas pada beragam bagian tubuh. Gejala tersebut akan bertambah parah saat kamu berdiri atau berjalan.

Skoliosis

skoliosis

Perubahan pada bentuk tulang belakang akibat skoliosis dapat menyebabkan pinggang belakang sakit - OkayDoc

Kelainan tulang belakang yang membentuk huruf S dikenal dengan istilah skoliosis. Gangguan ini merupakan bawaan sejak lahir dan berkembang sejak anak-anak atau remaja.

Perubahan pada bentuk tulang punggung memberikan tekanan pada otot, tendon, dan ligamen. Akibatnya, postur tubuh akan berubah dan disertai rasa sakit pinggang belakang.

Jika tekanan sampai berdampak pada saraf, rasa sakit bisa berkembang hingga ke kaki. Bukan hanya skoliosis, kelainan tulang punggung lain juga bisa bisa memicu sakit di sekitar daerah lumbar.

Gangguan Pada Ginjal

sakitpinggangbelakang-ginjal-500364.jpg

Adanya batu ginjal ataupun perdarahan di ginjal dapat menyebabkan pinggang terasa sakit - OkayDoc

Gangguan pada ginjal termasuk terjadi infeksi, batu ginjal ataupun perdarahan akibat trauma dapat menyebabkan sakit pinggang belakang. Bila kamu mengalaminya, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Uji analisa urin ataupun USG dapat dilakukan.

Terdapat Tumor

sakitpinggangbelakang-kantor-500364.jpg

Ada tumor terutama pada tulang belakang dapat menyebabkan pinggang sakit terus menerus - OkayDoc

Tumor baik jinak ataupun ganas dapat menyebabkan pinggang bagian belakang terasa sakit, terutama bila tumor berada pada tulang belakang dan tulang panggul. Sakit akibat tumor dapat terlokalisasi ataupun menyebar hingga menganggu fungsi saraf dan otot.

Bila kamu mengalaminya, segeralah melakukan pemeriksaan diri ke dokter. Dokter dapat melakukan pindai gambar area tulang belakang dengan teknologi x-ray, MRI, dan lainnya.

Kehamilan dan Gangguan pada Ovarium

sakitpinggangbelakang-ibuhamil-500364.jpg

Keberadaan janin dalam rahim dapat menekan tulang belakang dan membuat pinggang terasa sakit - OkayDoc

Keberadaan bayi dalam rahim dapat menekan tulang pinggangmu sehingga terasa sakit. Saat hamil, meningkatnya hormon estrogen dan relaksin pun dapat melonggarkan ligamen yang dapat memengaruhi tulang punggung.

Kondisi tersebut mungkin berpengaruh pada sakit pinggang yang kamu rasakan. Olahraga untuk merelaksasi otot pada area panggul sering direkomendasikan untuk meredakan sakit pinggang ini. Namun sebelum melakukannya, berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sangat disarankan.

Bila kamu tidak hamil namun mengalami sakit pinggang terus-menerus, kemungkinan lain seperti terdapatnya kista pada ovarium dan kelainan pada jaringan rahim (endometriosis) bisa saja menjadi penyebabnya.

Penyebab pinggang belakang sakit mungkin saja dipicu oleh gangguan kesehatan lain yang lebih serius. Adanya penyakit pada pembuluh darah hingga menderita kanker bisa menjadi penyebab sakit pinggang.

sakit pinggang bagian belakang

Berbagai resiko sakit pinggang diantaranya usia di atas 30 tahun, berat badan berlebih, malas bergerak, dan kegiatan berlebih - OkayDoc

Risiko sakit pinggang bagian belakang meningkat ketika memasuki usia 30 tahun. Faktor lain yang bisa turut berperan dalam meningkatkan risikonya meliputi berat badan berlebih, malas bergerak, dan pekerjaan yang membebani fisik (seperti, kuli bangunan).

Sakit yang tidak parah mungkin dapat diatasi sendiri di rumah dengan menempelkan kompres air es pada bagian nyeri selama 48 sampai 72 jam. Lalu menggantinya dengan kompres panas. Sebagian memilih mandi air hangat atau pijat. Cara mengobati sakit pinggang ini bisa membantu otot agar lebih relaks.

Baca Juga : Obat Sakit Pinggang Alami yang Paling Ampuh (Herbal)

Nah, setelah mengetahui apa saja penyebab sakit pinggang di bagian belakang, waspadailah penyakit-penyakit ini! Cari tahu apa penyebab sakit pinggangmu supaya gejala tidak bertambah parah.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Kebugaran
Jalani 3 Latihan untuk Penderita Skoliosis yang Mudah Ini
Vivi Hermin
10 Jun 2018
Gangguan Kesehatan
3 Jenis Kelainan Tulang Belakang yang Perlu Dimengerti!
Maya Ligina
21 Nov 2017
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...