• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Semakin mendekati tanggal persalinan, perasaan tak sabar dan takut akan rasa sakit melahirkan mungkin menghantui pikiran Bunda. Tapi tidak perlu cemas, ada beberapa cara yang bisa Bunda coba untuk membantu dalam menguranginya!

Rasa sakit ketika melahirkan umumnya berupa kram yang intens di sekitar perut, selangkangan, dan punggung. Sensasi ini muncul karena adanya kontraksi otot-otot dan tekanan dari rahim.

Untuk mengurangi intensitas dari rasa sakit tersebut, Bunda bisa mencoba sederet cara di bawah ini!

Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan secara Alami

Metode Bradley dapat digunakan untuk menghindari penggunaan obat-obatan kecuali ketika benar-benar diperlukan - OkayDoc

Dalam upaya mengatasi rasa sakit melahirkan, Bunda dapat memanfaatkan beberapa teknik alami. Cara-cara berikut ini bisa Bunda lakukan selama masa kehamilan atau ketika menjalani persalinan:

1. Teknik Lamaze

Pada dasarnya, teknik Lamaze memiliki prinsip bahwa proses melahirkan adalah hal yang alami dan normal bagi wanita. Karena itu, melahirkan seharusnya mampu meningkatkan rasa percaya diri pada wanita yang akan menjalaninya.

Rasa takut akan persalinan cenderung memancing emosi negatif pada sebagian besar wanita. Dalam teknik Lamaze, ibu hamil dan pasangannya akan dilatih untuk menggantikan emosi tersebut dengan perasaan positif.

Ibu hamil akan diedukasi untuk mengurangi persepsi tentang sakit saat melahirkan dengan kombinasi beberapa cara. Mulai dari latihan pernapasan, teknik relaksasi, pengalihan pikiran, atau pijatan lembut.

2. Metode Bradley

Metode Bradley bertujuan untuk menghindari penggunaan obat-obatan, kecuali ketika benar-benar diperlukan. Metode ini akan menjadikan sang ayah sebagai pembimbing yang aktif selama persalinan.

Kehadiran pasangan diharap mampu memberi dukungan emosional, sehingga Bunda merasa lebih nyaman dan aman. Dengan ini, rasa cemas maupun tingkat stres dapat dikurangi.

Ketika tubuh Bunda lebih rileks, rasa sakit ketika melahirkan pun kemungkinan bisa berkurang.

Olahraga selama kehamilan dapat memperkuat otot-otot dan membuat tubuh lebih siap menghadapi tekanan proses persalinan - OkayDoc

3. Olahraga Kehamilan

Rutin berolahraga selama kehamilan juga bisa memperkuat otot-otot Bunda. Langkah ini akan membuat tubuh Bunda lebih siap dalam menghadapi tekanan ketika menghadapi proses persalinan.

Meski demikian, pilihlah jenis . Bila perlu, diskusikan terlebih dulu dengan dokter yang merawat Bunda.

Beberapa jenis olahraga intensitas ringan yang dapat Bunda coba selama hamil meliputi berjalan kaki, yoga, serta berenang.

4. Cara Alami Lainnya

Di samping itu, Bunda pun dapat mencoba beragam cara alami lain agar tubuh Bunda lebih rileks selama persalinan. Contohnya dengan hipnosis, meditasi, pijat, melakukan hobi Bunda bila memungkinkan, serta mendengarkan musik.

BACA JUGA
  • Tips Senam Hamil 9 Bulan Agar Persalinan Lancar

Mengurangi Rasa Sakit Melahirkan dengan Bantuan Dokter

Anestesi epidural mungkin dibutuhkan ketika rasa sakit tidak dapat dibendung lagi - OkayDoc

Ketika rasa sakit melahirkan tidak dapat dibendung lagi dan cara alami tidak efektif, Bunda mungkin perlu bantuan medis. Salah satunya adalah dengan pemberian obat bius. Proses pemberian obat bius dapat dilakukan dengan berbagai metode.

Anestesi epidural merupakan pembiusan lokal dengan menyuntikkan obat bius melalui otot di sekitar pinggang ke daerah epidural. Tersedia juga metode lain yang bernama intrathecal labour analgesia (ILA), yang menyuntikkan obat bius di daerah serabut saraf di punggung bagian bawah.

Mengingat risiko dan manfaat dari masing-masing prosedur, metode pembiusan ini hanya boleh dilakukan oleh dokter spesialis anestesi serta sebaiknya dilakukan setelah berdiskusi langsung dengan tim dokter yang merawat Bunda.

BACA JUGA
  • Pelajari Pijat Perineum agar Persalinan Bunda Lebih Lancar

Apapun metode yang akan dipilih untuk menangani rasa sakit melahirkan, masing-masing cara tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Selain itu, kondisi dan situasi kehamilan Bunda maupun janin juga harus dipertimbangkan.

Oleh karena itu, Bunda sebaiknya selalu berkonsultasi dengan dokter yang merawat Bunda terlebih dulu. Dokter akan menjelaskan keuntungan serta efek samping dari tiap metode, serta mempertimbangkan kondisi Bunda dan Calon Buah Hati.

Sumber

Childbirth Pain. KidsHealth. Accessed on November 2nd, 2018.

Labor and Delivery: Lamaze Method. Healthline. Accessed on November 2nd, 2018.

Natural childbirth. BabyCenter. Accessed on November 2nd, 2018.

4 Must-Know Strategies for an Easier Labor and Delivery. The Bump. Accessed on November 2nd, 2018.

How Can I Handle My Labor Pain?. WebMD. Accessed on November 2nd, 2018.

Labor and Delivery, Analgesia, Regional and Local. Medscape. Accessed on November 2nd, 2018.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...