• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Sakit kepala di sebelah kiri dapat mengganggu aktivitas dan membuatmu tidak fokus. Meski kadang sembuh dengan sendirinya, sakit kepala jenis ini tetap perlu diwaspadai. Sebaiknya, kamu kenali lebih dulu jenis dan penyebab sakit kepala sebelah kiri agar kamu dapat mengatasinya dengan tepat.

Rasa sakit pada kepala banyak jenisnya. Beberapa orang mengalaminya di seluruh bagian kepala. Namun, sebagian hanya merasakanya pada salah satu sisi kepala. Agar tidak salah, yuk kenali jenis sakit kepala pada bagian kiri berikut.

Berbagai Nama di Balik Sakit Kepala Sebelah Kiri

beragam istilah sakit kepala sebelah kiri

Salah satu sebab sakit kepala sebelah kiri adalah migrain - OkayDoc

Ada berbagai macam tipe sakit kepala. Beberapa di antaranya memiliki gejala sakit kepala sebelah kiri, yaitu:

Migrain

Migrain merupakan salah satu jenis sakit kepala yang paling sering dialami. Wanita 60% lebih memiliki kemungkinan menderita sakit kepala ini dibanding pria.

Migrain menyerang salah satu sisi kepala. Rasa sakitnya intens juga berdenyut. Kondisi ini bisa disertai dengan gejala seperti mual dan peka akan cahaya juga suara.

Tanda lain migrain dapat diawali dengan melihat kilatan cahaya atau titik-titik hitam di penglihatan, hingga mati rasa pada wajah atau salah satu sisi tubuh. Hal tersebut sering disebut dengan aura.

Sakit Kepala Kronis

Sakit kepala kronis adalah sakit kepala yang berlangsung paling tidak 15 hari dalam sebulan selama enam bulan atau lebih. Jenis sakit kelapa yang terjadi bisa migrain ataupun sakit kepala tipe tegang.

Penderita akan merasakan rasa sakit intens seperti diremas. Biasanya juga disertai dengan kepala berdenyut.

Sakit Kepala Cluster

Sakit kepala cluster atau cluster headache terjadi berulang dalam periode waktu tertentu. Di mana sakit kepala dapat terjadi satu hingga delapan kali dalam sehari selama satu hingga tiga bulan.

Sakit kepala ini kemudian dapat hilang dan kembali muncul setelah satu atau dua tahun berikutnya.

Sakit kepala ini muncul secara tiba-tiba dan rasa sakitnya intens pada salah satu sisi kepala. Kondisi ini biasanya dibarengi dengan mata merah dan berair serta hidung tersumbat atau meler pada salah satu sisi kepala yang sakit.

Meski jarang terjadi, sakit kepala ini lebih sering diderita oleh pria. Meski begitu, penyebabnya belum diketahui.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Sakit Kepala dengan Cepat dan Mudah

Apa Saja Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri?

Rasa sakit pada bagian kiri kepala dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Seperti di bawah ini.

penyebab sakit kepala sebelah kiri

Terlalu banyak mengonsumsi obat penghilang rasa sakit saat sakit kepala justru dapat memperparah rasa sakit - OkayDoc

Infeksi

Infeksi saluran pernapasan atas seperti pilek dan sinusitis biasanya diikuti dengan sakit kepala. Sinusitis terjadi karena ada penyumbatan atau radang pada sinus. Kondisi ini menyebabkan tekanan dan rasa sakit pada dahi dan tulang pipi.

Selain itu, infeksi lebih serius seperti meningitis (radang selaput otak) juga bisa menyebabkan sakit kepala parah. Meningitis juga disertai dengan demam tinggi, kejang dan kaku pada bagian leher.

Pola Makan Kurang Sehat

Kebiasaan makan tidak teratur dapat memicu sakit kepala. Hal tersebut karena otak  membutuhkan glukosa (gula darah) untuk berfungsi optimal. Saat tidak makan, gula darah akan turun. Salah satu gejala gula darah turun adalah sakit kepala.

Namun, kamu juga tidak boleh sembarang makan. Konsumsi berlebih makanan tinggi pengawet seperti daging olahan justru dapat menyebabkan sakit kepala.

Selain itu, minuman beralkohol seperti bir dan anggur merah atau wine juga perlu dibatasi konsumsinya. Di mana keduanya mengandung etanol, salah satu zat kimia yang dapat melebarkan pembuluh darah dan menyebabkan sakit kepala.

Konsumsi Obat-obatan Berlebih

Terlalu banyak minum obat penghilang rasa sakit seperti aspirin atau ibuprofen justru dapat memperparah sakit kepala. Sebaiknya hindari penggunaan obat-obatan tersebut lebih dari dua hingga tiga hari per minggu.

Sakit kepala juga dapat disebabkan oleh ikatan terlalu kencang serta benturan pada kepala. Penyakit lain seperti stroke, tekanan darah tinggi atau hipertensi, dan tumor otak juga dapat menjadi pemicu sakit kepala.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kiri

update 1.jpg

Penanganan dengan cara mandiri sangat disarankan - OkayDoc

Kamu bisa mengatasi sakit kepala sebelah kiri secara alami atau dengan obat-obatan. Memijat otot tegang, relaksasi, serta kompres hangat atau dingin merupakan cara menghilangkan sakit kepala secara alami.

Cara tersebut lebih disarankan daripada penggunaan obat-obatan. Namun, bila sakit tidak juga hilang, konsumsi obat bisa dilakukan. Berikut beberapa jenis sakit kepala sebelah kiri dan obat untuk mengatasinya.

Sakit Kepala Migrain

Beberapa obat pereda sakit yang dijual bebas dapat membantumu mengatasi migrain, misalnya paracetamol dan aspirin. Bila obat ini tidak memberikan hasil, kamu bisa memeriksakan diri ke dokter.

Sakit Kepala Kronis

Penanganan utama untuk sakit kepala ini adalah mengatasi penyebabnya. Bila penyebab belum ditemukan, kamu tetap bisa menghilangkan rasa sakit dengan beberapa obat tertentu.

Obat Anti Inflamasi Non Streroid (OAINS) dapat membantu meredakan sakit kepala kronis. Selain itu, beberapa obat lain seperti beta blocker (umumnya untuk mengatasi tekanan darah tinggi) juga disebut bisa membantu.

minum obat OkayDoc.jpg

Bila tidak dapat ditangani secara alami, obat-obatan sesuai resep boleh digunakan - OkayDoc

Sakit Kepala Cluster

Tidak ada obat untuk menyembuhkan sakit kepala cluster. Obat-obatan yang diberikan hanya bertujuan untuk meredakan rasa sakit. Pemberian oksigen murni, anestesi lokal ataupun konsumsi verapamil disebut mampu mengurangi rasa sakit akibat sakit kepala ini.

Baca Juga: Sakit Kepala di Bagian Belakang, Waspadai 7 Penyakit ini!

Sakit kepala sebelah kiri terjadi pada tipe sakit kepala migrain dan cluster. Penyebab sakit kepala ini beragam mulai dari gaya hidup hingga penyakit lain seperti stroke.

Penanganan sakit kepala dengan obat-obatan sebaiknya hanya digunakan bila cara alami tidak berhasil. Beberapa jenis obat dapat dibeli tanpa menggunakan resep, sedangkan sebagian lainnya memerlukan resep dokter untuk memerolehnya.

Tidak lupa, perhatikan cara penggunaan, dosis, serta efek samping yang mungkin timbul akibat konsumsi obat-obatan tersebut. Dan bila kamu kembali mengalami sakit kepala,  segera kembali periksakan diri ke dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Diet
Lezatnya Kacang dan Buah yang Mengandung Vitamin E Ini!
Annisa Trimirasti
07 Oct 2018
Gangguan Kesehatan
Kenali Gejala Saraf Kejepit agar Bisa Ditangani Secepatnya
Rabbani Haddawi
28 Jul 2018
Gangguan Kesehatan
Mengenali Ciri-ciri Kelenjar Getah Bening yang Bermasalah
Dedi Irawan
05 Oct 2018
Gigi
Ikuti Cara Merawat Gigi Palsu Ini untuk Hindari Komplikasinya!
Nina Hertiwi
12 Oct 2018
Kesehatan Ibu
Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil yang Tak Boleh Dilewatkan
Vivi Hermin
26 Aug 2018
Kebugaran
5 Manfaat Mendaki dan Tips Aman untuk Melakukannya
Rabbani Haddawi
28 Jul 2018
Memuat...
Tanya Dokter
Memuat...