• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Sering sulit untuk mengawali tidur ataupun kerap terbangun di malam hari dan tidak dapat tertidur kembali? Mungkin kamu mengalami insomia. Mengetahui ragam penyebab insomnia dapat membantumu mengatasi hal tersebut.

Orang dewasa umumnya membutuhkan waktu tidur selama 7 hingga 8 jam per hari. Kekurangan waktu tidur atau menderita insomnia bisa membuatmu merasa lelah di keesokan harinya. Efek lanjut seperti gangguan suasana hati dan performa kerja yang buruk juga bisa terjadi.

Insomnia bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari faktor lingkungan, kebiasaan, hingga penyakit tertentu. Lebih lengkap, berikut adalah ragam penyebab insomnia agar kamu dapat memberantas masalah ini dari akarnya.

Penyebab Insomnia yang Umum Terjadi

ragam penyebab insomnia OkayDoc

Stres merupakan salah satu dari banyak ragam penyebab insomnia - OkayDoc

Insomnia umumnya terjadi karena kondisi tertekan ataupun terganggunya irama sirkadian tubuh, berikut penjelasannya.

Stres

Merasa tertekan baik akibat masalah pekerjaan, sekolah, kesehatan, keuangan, ataupun keluarga bisa memicu terjadinya insomnia. Kamu bisa terus menerus memikirkan masalah tersebut sehingga sulit tertidur.

Kejadian traumatis seperti meninggalnya orang yang dicintai, perceraian, atau kehilangan pekerjaan juga bisa menimbulkan efek serupa. Kondisi ini bahkan bisa memicu masalah lain seperti depresi.

Terganggunya Irama Sirkadian Tubuh

Ritme sirkadian bekerja sebagai jam biologis yang mengatur siklus bangun dan tidur, metabolisme, serta temperatur tubuh. Terganggunya irama sirkadian tubuh dapat menyebabkan insomnia.

Contoh gangguan irama sirkadian yang paling sering adalah jet lag. Kondisi ini dapat timbul karena bepergian ke tempat dengan zona waktu yang berbeda atau jam kerja yang berubah-ubah (sistem shift).

ragam penyebab insomnia OkayDoc

Lingkungan ruangan tidur yang kurang nyaman seperti berisik dapat menyebabkan insomnia - OkayDoc

Faktor Lingkungan

Lingkungan tidur yang tidak nyaman juga dapat menyebabkan insomnia. Beberapa contoh kondisi ini adalah ruangan yang terlalu berisik, panas atau dingin. Selain itu, tempat tidur yang tidak nyaman juga dapat memberi efek serupa.

Kebiasaan Menjelang Tidur

Kebiasaan-kebiasaan seperti tidak memiliki jadwal tidur yang jelas, tidur siang yang terlalu lama, dan beraktifitas fisik berat sebelum tidur dapat menyebabkan insomnia.

Kebiasaan sering menggunakan tempat tidur juga sebagai tempat bekerja, makan ataupun menonton, ataupun menatap layar elektronik, seperti smartphone atau komputer tepat sebelum tidur turut dapat meningkatkan risiko insomnia.

Santap Besar di Malam Hari

Makan camilan ringan sebelum tidur mungkin tidak jadi masalah. Namun, berbaring tidak lama setelah menyantap sajian berat bisa membuatmu tidak nyaman. Kondisi ini bahkan bisa memicu isi lambung naik yang bisa menjadikanmu sulit tertidur.

Baca Juga: 5 Cara Tidur Nyenyak Ini Bantu Tidur Lebih Berkualitas

Ragam Penyebab Insomnia Lain yang Perlu Kamu Ketahui

ragam penyebab insomnia OkayDoc

Konsumsi alkohol atau merokok dapat menyebabkan insomnia - OkayDoc

Insomnia juga dapat disebabkan oleh berbagai hal lain, mulai dari penyakit, obat-obatan tertentu hingga perubahan hormon. Berikut penjelasannya:

Kafein, Nikotin, dan Alkohol.

Kafein merupakan zat stimulan sehingga mengonsumsinya dekat dengan waktu tidur dapat menyebabkanmu sulit terlelap. Beberapa minuman tinggi kandungan kafein adalah kopi, cola, dan teh.

Terkenal ada dalam rokok, nikotin juga termasuk stimulan. Sedangkan alkohol dapat merusak kualitas tidur karena bisa membangunkanmu di tengah malam meski pada awalnya membuatmu mabuk dan jatuh tertidur.

Gangguan Kejiwaan

Terganggunya kejiwaan seseorang seperti menderita gangguan kecemasan, PTSD (Post Traumatic Stress Disorder), gangguan bipolar, skizofrenia, gangguan psikotik, ataupun depresi bisa menyebabkan insomnia.

Obat-obatan Tertentu

Beberapa obat memang bisa memengaruhi siklus tidur seseorang. Berikut beberapa contohnya.

  • Obat antidepresan, obat asma, obat tekanan darah
  • Obat bebas seperti obat pereda nyeri, obat alergi, obat pilek
  • Produk penurun berat badan atau produk dengan kandungan stimulan
  • Obat-obatan terlarang seperti kokain dan pil ekstasi

ragam penyebab insomnia OkayDoc

Penyakit tertentu seperti diabetes dapat menyebabkan insomnia - OkayDoc

Kondisi Medis

Ada beragam penyakit yang memiliki efek insomnia. Kanker, diabetes, penyakit jantung, asam lambung naik, hipertiroidisme, serta penyakit Parkinson dan Alzheimer adalah beberapa di antaranya.

Selain itu, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), asma, arthritis, tumor, serta stroke juga bisa menyebabkan gangguan tidur ini.

Perubahan Hormon

Para ahli percaya, perubahan kadar hormon, terutama menurunnya estrogen, berperan dalam terjadinya insomnia. Pasalnya, saat menjelang menstruasi, menopause, dan masa kehamilan, terutama pada trimester 3, seseorang menjadi lebih sulit tidur.

Hal ini juga mungkin menjadi alasan mengapa wanita dua kali lebih mungkin mengalami gangguan tidur ini dibanding pria.

Kelebihanberatbadan-PenyebabInsomnia-OkayDoc.jpg

Penyakit tertentu seperti diabetes dapat menyebabkan insomnia - OkayDoc

Obesitas

Penumpukan lemak pada penderita obesitas dinilai dapat menyebabkan hambatan pada aliran napas. Kondisi ini bisa memicu beragam gangguan tidur, termasuk mendengkur, sleep apnea (henti nafas saat tidur), juga insomnia.

Sebaliknya, kurang tidur pun meningkatkan risiko obesitas. Penelitian menyebutkan bahwa orang dewasa yang tidur kurang dari 6 jam per malam memiliki kemungkinan menderita kondisi ini sebanyak 33%.

Hal ini mungkin disebabkan karena kurang tidur mengganggu proses metabolisme dalam tubuh. Karena dua hal ini saling berkaitan satu sama lain, menghindari keduanya sekaligus sangat disarankan.

Selain berbagai penyebab insomnia di atas, pertambahan usia, memiliki keluarga yang menderita kondisi sama, kebiasaan berjalan saat tidur (somnambulisme), hingga bermimpi buruk, juga dapat membuatmu mengalami insomnia.

Insomnia dapat terjadi sementara ataupun berkepanjangan. Kondisi ini bisa memengaruhi kualitas hidupmu. Maka dari itu, mengenal penyebabnya dan mengatasinya sedini mungkin akan membuat hidup kembali tentram dan mengembalikan waktu tidur nyenyakmu.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Insomnia Agar Tidur Kembali Lelap

Penyebab insomnia sangat beragam. Beberapa di antaranya adalah stres, lingkungan tidur yang tidak mendukung, hingga penggunaan obat-obatan tertentu. Bila kamu mengalami salah satu atau lebih dari penyebab di atas, berusahalah memperbaikinya dari sekarang.

Tetapi, bila kondisi tidak juga membaik, jangan ragu untuk berkonsultasi langsung dengan dokter sehingga keadaan dapat ditangani secara tepat. Jangan biarkan insomnia merusak hidupmu ya!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...