• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Cari Rumah Sakit
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

Posisi Tidur Ibu Hamil Muda yang Aman Bagi Ibu dan Janin

Diverifikasi oleh dr. Asti Meidianti

Pada awal masa kehamilan, sebagian besar wanita mengeluh sulit tidur dengan berbagai alasan. Mulai dari sakit punggung, dada serasa terbakar (heartburn), mual, hingga kram. Posisi tidur mungkin bisa berpengaruh, jadi mari simak posisi tidur ibu hamil muda yang benar ini.

Kehamilan menyebabkan banyak perubahan pada tubuh, termasuk melonjaknya kadar hormon progesteron. Kondisi ini menjadikan wanita hamil muda lebih mudah mengantuk dan merasa lebih lelah dari biasanya. Pekerjaan yang mudah diselesaikan pun bisa terasa sangat berat.

mual-pusing-OkayDoc.jpg

Mual, kram, dan hal lainnya di masa awal kehamilan dapat membuatmu sulit tidur - OkayDoc

Gangguan pencernaan (seperti mual, muntah, heartburn), sakit punggung, hingga kram dapat turut dirasakan. Ditambah dengan rasa tak nyaman akibat payudara yang membesar dan sakit dalam rangka mempersiapkan tubuh Bunda untuk menyusui di kemudian hari.

Saat memutuskan untuk beristirahat, hal ini bisa sulit dilakukan karena beragam keluhan di atas. Membesarnya perut juga membuat Bunda kesulitan menemukan posisi tidur yang nyaman. Tapi Bunda tidak perlu panik, ternyata ada posisi tidur terbaik yang dapat mengurangi rasa nyeri dan tidak nyaman, namun tetap aman untuk janin.

Posisi Tidur Ibu Hamil Muda yang Terbaik

posisi tidur ibu hamil muda

Tidur menyamping dengan sisi kiri pada bagian bawah adalah posisi tidur ibu hamil terbaik - OkayDoc

Posisi tidur ibu hamil muda yang terbaik adalah tidur menyamping ke sisi kiri, lebih baik dengan lutut ditekuk dan bantal di antaranya. Posisi ini meningkatkan jumlah aliran darah dan nutrisi ke plasenta, tempat janin berada.

Bunda tidak harus menerapkan posisi ini sepanjang waktu dan boleh berganti posisi lain yang terasa lebih nyaman. Namun tidur dengan posisi tengkurap tidak disarankan karena pembesaran payudara dan perut akan membuat posisi ini tidak nyaman untuk Bunda.

 

Baca Juga: Bunda, Ini Panduan Aman Senam Hamil 1 Bulan

Untuk mengurangi keluhan lainnya, Bunda bisa mencoba letakkan bantal di bawah perut. Cara ini dapat meringankan sakit punggung. Bila Bunda mengalami heartburn, coba topang juga tubuh bagian atas (dari dada hingga kepala) dengan bantal tambahan.

Heartburn biasa terjadi akibat asam lambung naik. Meningkatnya nafsu makan dan mengendurnya otot yang mengendalikan katup pembatas antara lambung dan kerongkongan (akibat hormon progesteron) pada ibu hamil jadi sebab utama di balik kondisi ini.

Selain mengubah posisi tidur, Bunda pun dapat mengatasi gangguan pencernaan tersebut dengan makan lebih awal dan secara perlahan. Cermati pula makanan yang Bunda konsumsi agar bisa menghindari pemicu masalah pencernaan.

Gangguan Lain yang Mengganggu Tidur Bunda

cara mengatasi gangguan tidur pada ibu hamil

Gangguan tidur juga bisa disebabkan karena mual dan banyaknya pikiran - OkayDoc

Selain sakit pada payudara dan punggung, keinginan untuk buang air terus-menerus juga dapat mengganggu tidur. Hal ini terjadi karena rahim yang membesar menekan kandung kemih, sehingga Bunda lebih sering ke kamar kecil.

Sebagai solusi, Bunda bisa mengurangi asupan cairan pada beberapa jam sebelum tidur. Namun pastikan, kamu cukup minum di siang dan pagi hari agar terhindar dari dehidrasi.

Sedang untuk gangguan tidur akibat mual yang dapat muncul kapanpun pada masa kehamilan, Bunda bisa makan lebih sering dengan porsi lebih kecil. Rasa mual juga semakin buruk saat gula darah rendah, jadi Bunda bisa mengemil ringan sebelum tidur. Camilan kaya protein dan lemak seperti selai kacang bisa dicoba.

Posisi Tidur Ibu Hamil Muda OkayDoc yoga ibu hamil.jpg

Meditasi dan yoga bisa menjadi solusi agar Bunda bisa tidur dengan lebih nyaman - OkayDoc

Perubahan fisik maupun psikis saat masa kehamilan dapat menyebabkan stres dan mengganggu tidur Bunda. Untuk mengatasinya, Bunda bisa mencoba cara-cara di bawah ini:

  • Menyempatkan diri untuk tidur siang jika memungkinkan.
  • Melakukan teknik relaksasi, misalnya meditasi dan yoga. Jika perlu, Bunda bisa mengikuti kelas persiapan persalinan.
  • Mandi air hangat agar tubuh lebih rileks.
  • Minum susu hangat sebelum tidur.
  • Mendengarkan alunan musik yang menenangkan sebelum tidur.
  • Mengusahakan agar jam tidur sama tiap hari, sehingga tubuh Bunda lebih mudah untuk mengatur ritme sirkadian atau biasa disebut jam biologis.
  • Membuat suasana kamar tidur yang nyaman, misalnya dengan meredupkan lampu kamar atau menurunkan suhu pendingin ruangan agar sejuk.
  • Melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki. Tapi ingatlah agar tidak berolahraga 4 jam sebelum tidur karena justru dapat membuat Bunda sulit tidur. Sebisa mungkin, lakukanlah di pagi hari.

Baca Juga: Sayuran dan Buah Untuk Ibu Hamil Ini Bikin Janin Kamu Sehat

Ibu hamil biasa mengalami masalah kurang tidur dan hal ini tidak membahayakan Calon Buah Hati. Menerapkan posisi tidur ibu hamil muda terbaik dan melakukan gaya hidup sehat akan membantu mengatasi masalah ini.

Meski terasa berat dan melelahkan, jalanilah masa awal kehamilan dengan sabar. Seiring berjalannya waktu, Bunda niscaya akan terbiasa. Namun bila Bunda merasakan sakit yang luar biasa hingga insomnia selama berhari-hari, konsultasikanlah ke dokter untuk agar mendapat penanganan sesuai.

Diverifikasi oleh dr. Asti Meidianti
Komentar
Artikel Terkait
Kebugaran
28 Aug 2018
Jangan Salah Memilih Posisi Tidur, Ini Posisi yang Baik dan Aman!
Maya Ligina
Kesehatan Kandungan
15 Sep 2018
Posisi Bayi dalam Kandungan yang Harus Bunda Cermati!
Rabbani Haddawi
Kesehatan Kandungan
17 Jul 2018
Wajarkah Perdarahan Saat Hamil Muda? Ini 6 Penyebabnya!
Diah Ayu Lestari
Pasangan
21 Sep 2018
9 Posisi Bercinta saat Hamil yang Diperbolehkan! (Aman)
Dewangga
Kesehatan Kandungan
02 Jun 2018
Tetap Aman dengan 6 Posisi Berhubungan Saat Hamil!
Riani Sjarief
Kesehatan Ibu
24 May 2018
Simak Dampak Puasa Saat Hamil Muda Bagi Bunda dan Janin!
Annisa Trimirasti
Memuat...
Konsultasi
Memuat...