• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Menjalani pola hidup sehat sewajarnya didukung oleh 6 poin utama, yaitu makanan yang bergizi, olahraga secara rutin, mengelola stres, menjaga kebersihan, dan menghindari kebiasaan buruk. Keenam faktor tersebut pada akhirnya akan membentuk kestabilan emosional pada dirimu.

Banyak orang sudah menyerah di tengah jalan begitu mencoba menjalani hidup sehat dan bersih. Padahal dampak positif yang kamu peroleh tak hanya dirasakan hari ini, namun juga di masa mendatang.

kunci pola hidup sehat sehari-hari

Pola hidup sehat dimulai dengan mengonsumsi makanan bergizi, hingga rutin olahraga - OkayDoc

Kunci dari pola hidup sehat adalah melakukan apa yang kamu sukai, tapi tanpa berlebihan. Pada awalnya mungkin menyenangkan, tapi pada akhirnya sesuatu yang dilakukan secara berlebihan akan berdampak negatif.

Manfaat dari mengutamakan pola hidup sehat pun baru bisa dirasakan setelah menjalaninya dalam jangka panjang. Maka dari itu, dibutuhkan kesabaran dan konsistensi. Apa saja yang menjadi bagian dari menjalani pola hidup sehat?

1. Makanan yang Bergizi

pola hidup sehat OkayDoc

Pola hidup sehat dimulai dengan mengonsumsi makanan bergizi, hingga rutin olahraga - OkayDoc

Makanan adalah sumber energimu. Jika makananmu didominasi oleh fast food, gorengan, atau daging berlemak tiap hari, tubuhmu akan rentan gangguan kesehatan.

Sebaliknya, jika kamu mengutamakan makanan yang menyeimbangkan nutrisi dari sayur-sayuran, buah-buahan, daging, dan kacang-kacangan, tubuh pun akan sehat, berenergi, dan bersemangat tinggi.

Tidak ada salahnya untuk membuat perencanaan menu untuk seminggu. Berbelanja untuk kebutuhan harian pun sebaiknya dilakukan secara sekaligus, kecuali sayur dan buah karena kamu akan membutuhkannya dalam keadaan segar. Sekitar 3-4 hari sekali adalah waktu yang ideal untuk membelinya.

Dengan persediaan makanan segar di rumah, kamu bisa memasak sendiri tiap kali hendak makan sehingga bisa menghindari pembelian makanan siap saji yang tidak menyehatkan.

2. Menikmati Aktivitas yang Kamu Jalani Tiap Hari

pola hidup sehat dengan aktivitas rutin

Menikmati aktivitas yang dijalani setiap hari juga dapat membuat kamu lebih sehat - OkayDoc

Banyak yang berpendapat bahwa memiliki pekerjaan impian hanyalah mimpi di siang bolong. Benarkah begitu?

Tidak selalu benar karena nyatanya kamu bisa membentuk pekerjaan impianmu sendiri dengan mudah.

  • Pilih pekerjaan yang sesuai dengan keahlianmu. Cari tahu lebih banyak tentang pekerjaan yang kamu inginkan dan tentukan pilihanmu sesuai dengan yang kamu senangi.
  • Dedikasikan waktu bekerja yang disepakati sepenuhnya. Jangan sepelekan waktu istirahat dan isilah dengan makan siang yang bergizi. Tidak ada salahnya untuk jalan-jalan atau berbincang dengan teman di warung kopi untuk bersantai sejenak.
  • Jangan lupakan hobimu. Lakukanlah yang kamu senangi tiap minggu. Mendaki, berlibur ke pegunungan, berenang, atau hanya sekadar jalan-jalan di daerah wisata dalam kota. Relaksasi semacam ini lebih bermanfaat jika kamu bisa lakukan bersama keluarga atau pasangan.

3. Berolahraga secara Rutin

pola hidup sehat dengan rutin berolahraga

Lakukan olahraga secara rutin bisa membantumu menjaga kesehatan - OkayDoc

Sama halnya dengan memilih pekerjaan, berolahraga seharusnya menjadi sesuatu yang kamu bisa nikmati. Kamu tidak perlu memaksakan diri untuk memilih olahraga yang terlalu berat. Hanya karena olahraga itu sedang populer, kamu tidak perlu mengikutinya, bukan?

Sekadar jogging atau lari pagi ringan mengelilingi area perumahanmu sudah cukup untuk menyegarkan fisik dan pikiranmu. Jika kamu menyukai olahraga renang atau bersepeda, lakukanlah.

Kamu dapat mengambil segudang manfaat dari berenang secara rutin. Olahraga di gym juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin lebih fokus dalam membangun kekuatan fisik.

4. Senantiasa Menjaga Kebersihan

senantiasa menjaga kebersihan

Mulailah dari pelihara kesehatan dengan menyikat gigi minimal 2 kali dalam sehari - OkayDoc

Tujuan utama dalam menjaga kebersihan adalah untuk menghalau berbagai penyakit agar kesehatan tetap terpelihara. Kebersihan badan yang baik bisa pula turut berperan dalam memberikan kepuasan pribadi. Kamu bisa memulai tahap ini dengan:

  • Mandi secara rutin. Frekuensi mandi yang dibutuhkan tiap orang mungkin berbeda-beda, tergantung kebutuhan. Contohnya, pekerja kantor mungkin hanya memerlukan mandi pagi sebelum berangkat kerja dan mandi sore sepulang dari kantor.
  • Menyikat gigi setidaknya 2 kali dalam sehari. Aktivitas ini akan mengurangi penumpukan bakteri dalam mulut. Menggunakan benang gigi (dental floss) untuk mengeluarkan sisa-sisa makanan pada sela gigi juga bisa membantu. Jika tidak terjaga, kamu dapat mengalami gigi berlubang. Gusi juga tidak luput dari bakteri karena peradangan atau penyakit gusi bisa saja muncul.
  • Menerapkan kebiasaan nencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan sabun. Lakukanlah sebelum makan dan memasak, setelah buang air besar atau kecil, sehabis membuang sampah, maupun setelah menutup mulut dan hidung saat bersin atau batuk. Bila air bersih dan sabun tidak tersedia, kamu bisa memakai cairan pembersih tangan berbahan dasar alkohol atau hand sanitizer.
  • Menjaga kuku tangan dan kaki agar tetap higienis. Potonglah kuku dengan rutin dan jangan membiarkan kotoran menumpuk di bawah kuku.

5. Menghindari Kebiasaan Buruk

hindari kebiasaan buruk

Berhentilah merokok agar kesehatan tubuhmu tetap terjaga - OkayDoc

Terdapat berbagai kebiasaan buruk yang punya dampak berbahaya di kemudian hari, terutama bila kamu terus-menerus melakukannya. Contoh kebiasaan buruk yang sebaiknya kamu jauhi meliputi:

  • Merokok. Aktivitas satu ini tidak cuma akan berpengaruh pada kesehatanmu sendiri, tapi juga orang-orang di sekitarmu yang tidak sengaja menghirup asap rokok (perokok pasif).
  • Kurang tidur. Durasi tidur pada malam hari yang dianjurkan bagi orang dewasa sekitar 7-9 jam. Bila sering kurang tidur, kamu berpotensi menjadi uring-uringan, sulit konsentrasi, sampai punya risiko lebih tinggi menderita diabetes dan penyakit jantung.
  • Melakukan diet ekstrem. Diet yang benar harus dilakukan secara perlahan-lahan dan kontinyu. Diet ekstrem yang menjanjikan penurunan berat badan secara cepat belum tentu baik bagi kesehatanmu.
  • Mengonsumsi minuman beralkohol. Bila dilakukan secara berlebihan dan dalam jangka panjang, minuman beralkohol dapat merusak kesehatanmu, termasuk organ hati yang berperan dalam membuang zat-zat beracun dari tubuh.
  • Menggunakan obat-obatan terlarang. Tindakan ini dapat berdampak buruk pada kinerja otakmu. Bila sudah kecanduan, kamu akan sangat sulit untuk terlepas dari cengkeramannya. Tak hanya itu, kamu juga bisa terlilit kasus hukum!

6. Mengelola Stres dengan Baik

Pola Hidup Sehat OkayDoc Mengobrol.jpg

Mengobrol dan berbagi cerita dengan orang lain bisa menjadi salah satu cara jitu dalam mengatasi stres - OkayDoc

Kesulitan belajar di sekolah maupun tekanan di tempat kerja tentu dapat memancing rasa stres. Deraan stres dapat memperbesar risiko berbagai penyakit. Mulai dari gangguan jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, depresi, serta serangan panik.

Selain menerapkan hidup sehat dan seimbang, kamu juga bisa menghindari dan mengelola stres dengan cara di bawah ini:

  • Bersosialisasi. Dengan berbagi cerita bersama keluarga atau sahabat, tingkat stres yang kamu rasakan niscaya berkurang. Luangkan waktu untuk sekadar mengobrol santai di akhir pekan, atau setelah melalui hari-hari yang terasa berat.
  • Memanjakan diri, contohnya berlibur atau mengunjungi tempat spa.
  • Melakukan teknik relaksasi, misalnya meditasi, teknik napas, dan yoga.

Bila cara-cara sederhana di atas tidak menunjukkan hasil yang memuaskan, kamu mungkin butuh bantuan dokter atau ahli jiwa untuk menangani stresmu.

Baca Juga: Jauhi Maut dengan Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Menjalani pola hidup sehat selayaknya dibarengi dengan aktivitas yang memberikan kebahagiaan, kepuasan, dan kesehatan. Selama tiga faktor ini mengisi kehidupanmu, bersiap-siaplah untuk menjadi kuat dan sehat sampai tua. Selamat memulai, ya!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Psikologi
Coba Jawab 24 Pertanyaan Tes Psikopat Ini Kalau Berani
Veronica
21 Sep 2018
Psikologi
3 Tujuan Tes Psikologi Kejiwaan yang Perlu Diketahui
Raditya Wardana
03 Jul 2017
Kebugaran
Disebut Baik untuk Kulit, Ini Fakta Seputar Fungsi Vitamin E!
Annisa Trimirasti
28 Nov 2017
Kebugaran
3 Manfaat Mandi Pagi untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui
Laila Adila
11 Aug 2017
Herba
Konsumsi 12 Buah yang Mengandung Vitamin C agar Tetap Sehat
Annisa Trimirasti
10 Oct 2018
Psikologi
Semangat Belajar Menurun? Kembalikan dengan 5 Cara Jitu Ini!
Annisa Trimirasti
12 Nov 2017
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...