• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Sudah memutuskan untuk memiliki momongan dengan pasanganmu? Melakukan persiapan untuk hamil diyakini dapat membuat tubuh calon ibu lebih siap dalam menjalani proses kehamilan hingga persalinan.

Mengubah kebiasaan dengan memperbaiki pola hidup sehat tergolong penting dilakukan. Langkah ini dapat menjamin agar calon ibu tetap sehat ketika mengandung hingga waktu kelahiran tiba. Maka sebelum hamil, mari ikuti beberapa langkah persiapan berikut!

1. Konsultasi dengan Dokter Kandungan

persiapan untuk hamil konsultasi dengan dokter okaydoc.jpg

Melakukan konsultasi dengan dokter merupakan salah satu persiapan hamil yang krusial - OkayDoc

Melakukan konsultasi dengan dokter kandungan merupakan persiapan hamil yang krusial. Konsultasi juga bertujuan mengetahui kondisi kesehatan terkait riwayat penyakit tertentu, atau penggunaan obat-obatan yang kemungkinan dapat memengaruhi kelancaran kehamilan.

Dalam pemeriksaan kesehatan tersebut, dokter umumnya akan menganjurkan pasien untuk menjalani sejumlah vaksinasi. Dengan ini, calon ibu dan janin akan terhindar dari gangguan-gangguan kesehatan tertentu.

2. Melakukan Pemeriksaan Gigi

persiapan untuk hamil melakukan pemeriksaan gigi okaydoc.jpg

Perubahan hormon semasa kehamila dapat meningkatkan risiko calon ibu terkena penyakit gusi - OkayDoc

Persiapan untuk hamil selanjutnya ialah dengan menjalani pemeriksaan gigi. Pasalnya, perubahan hormon semasa kehamilan dapat meningkatkan risiko calon ibu untuk terkena penyakit gusi.

Oleh karena itu, penting bagimu untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mengatasi masalah gigi yang ada, sebelum kamu memasuki masa kehamilan.

3. Mencapai Berat Badan Ideal

persiapan untuk hamil berat badan ideal okaydoc.jpg

Pastikan berat badan calon ibu sudah berada dalam batas angka ideal atau normal - OkayDoc

Sebelum mencoba hamil, mencapai berat badan ideal tergolong penting. Pastikan berat badan calon ibu sudah berada dalam batas angka ideal. Kamu bisa mengeceknya dengan menghitung indeks massa tubuhmu (IMT).

Wanita yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas lebih berisiko mengalami komplikasi selama kehamilan. Sedangkan calon ibu dengan berat badan di bawah rata-rata akan mempunyai kemungkinan melahirkan bayi dengan berat badan rendah.

Untuk mengatasi masalah pada berat badan, kamu bisa mengonsultasikannya ke dokter yang ahli dalam bidang gizi agar mendapatkan solusi yang tepat.

Baca Juga: Tanda-tanda Kehamilan Berikut Mungkin Sedang Kamu Alami 

4. Mengonsumsi Suplemen Asam Folat

persiapan untuk hamil asam folat okaydoc.jpg

Kamu setidaknya membutuhkan 400 mikrogram asam folat setiap hari selama satu bulan sebelum hamil serta selama trimester pertama - OkayDoc

Persiapan yang tidak kalah penting adalah mengonsumsi suplemen asam folat. Kamu membutuhkan setidaknya 400 mikrogram (mcg) asam folat setiap hari selama satu bulan sebelum hamil serta selama trimester pertama kehamilan.

Memenuhi kebutuhan tersebut dipercaya dapat mengurangi risiko bayi terlahir dengan cacat tabung saraf, seperti spina bifida, hingga sebesar 70%.

5. Memperbanyak Asupan Makanan Sehat

persiapan untuk hamil makanan sehat okaydoc.jpg

Sebelum mencoba hamil, calon ibu disarankan untuk memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi - OkayDoc

Sebelum hamil, penting bagi calon ibu untuk memerhatikan asupan makan yang dikonsumsi. Pastikan kamu memperbanyak makan sayur, buah, dan protein rendah lemak setiap harinya.

Jika memiliki kondisi tertentu, seperti diabetes ataupun obesitas, kamu bisa melakukan konsultasi terlebih dulu dengan dokter. Dengan ini, pola makan yang sesuai dengan kondisimu pun bisa kamu peroleh.

6. Menjalani Gaya Hidup Sehat

persiapan untuk hamil hidup sehat okaydoc.jpg

Calon ibu disarankan untuk meninggalkan kebiasaan yang dapat memperburuk tumbuh kembang bayi, seperti merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol - OkayDoc

Menerapkan gaya hidup sehat merupakan bagian dari persiapan kehamilan yang wajib kamu lakukan. Calon ibu disarankan untuk meninggalkan kebiasaan yang dapat memperburuk tumbuh kembang bayi, seperti merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol.

Selain dapat memengaruhi kesehatan janin, aktivitas di atas juga dianggap mampu meningkatkan risiko keguguran. Maka dari itu, calon ibu wajib menghentikan kebiasan-kebiasan ini.

7. Rutin Melakukan Aktivitas Fisik

persiapan untuk hamil aktivitas fisik okaydoc.jpg

Melakukan aktivitas olahraga sebelum hamil dapat membatu agar tubuh siap dalam menghadapi kehamilan - OkayDoc

Mengubah pola makan saja mungkin tidak cukup. Calon ibu juga disarankan untuk rutin melakukan aktivitas fisik dan berolahraga. Pasalnya, aktivitas olahraga sebelum hamil dapat membantu agar tubuh siap untuk menghadapi perubahan.

Guna mendapatkan manfaat olahraga sebelum menjalani kehamilan, kamu sebaiknya menyempatkan diri untuk berolahraga setidaknya selama 30 menit. Kamu bisa melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki, jogging, bersepeda, dan berenang.

Namun jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu, ada baiknya kamu melakukan konsultasi ke dokter supaya mendapatkan rekomendasi olahraga yang tepat.

Baca Juga: Olahraga untuk Ibu Hamil yang Aman dan Menggembirakan 

Melakukan persiapan untuk hamil dapat mendukung kelancaran proses kehamilan serta menyehatkan janin. Akan tetapi, calon ibu sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan sesuai kondisinya. Terutama jika memiliki kondisi medis tertentu.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...