• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Rambutmu adalah mahkotamu. Memiliki rambut rusak tak terawat, tentu akan menganggu penampilan. Tapi jangan sedih, karena kamu masih bisa mengatasinya dengan ragam perawatan rambut rusak yang benar.

Rambut rusak seringkali disebabkan oleh beberapa kebiasaan buruk. Seperti mewarnai rambut, menggunakan alat menata rambut dan mengikat rambut yang terlalu kencang.

Guna mengatasinya, banyak hal yang perlu kamu perhatikan. Mulai dari perawatan dari dalam hingga luar. Berikut ini adalah beberapa cara merawat rambut rusak yang perlu kamu ketahui demi rambut indahmu.

Memilih Produk Rambut dengan Tepat

perawatan-rambut-rusak-OkayDoc

Sembarang memilih produk rambut dianggap dapat memperparah kondisi rambutmu - OkayDoc

Memilih produk rambut seperti sampo untuk rambut rusak, tentu tidak bisa sembarangan. Salah memilih sampo, justru dapat memperparah kondisi rambutmu.

Sebaiknya, kamu bisa memilih sampo yang sesuai dengan kebutuhan rambut rusak. Pilihlah sampo dengan kandungan dimetichone, dan tidak mengandung sodium lauryl sulfate (SLS).

Dimetichone dapat membantu kamu mendapatkan rambut yang mudah diatur dan berkilau. Sedangkan SLS sebaiknya dihindari karena meski dapat membersihkan rambut, tapi kandungan ini dapat semakin merusak rambutmu.

Menggunting Rambut Secara Teratur

perawatan-rambut-rusak-OkayDoc

Menggunting rambut 6-8 bulan sekali dipercaya dapat mencegah kerusakan rambut - OkayDoc

Sering mengganti warna rambut dan menggunakan alat penata rambut dapat memicu rambut rusak dan bercabang. Untuk menghidari kerusakan lebih parah, coba usahakan untuk menggunting rambutmu secara teratur.

Paling tidak, kamu bisa rutin menggunting rambut setiap 6 hingga 8 bulan sekali. Kamu juga bisa mencegahnya dengan melakukan perawatan rambut di rumah.

Tambahkan produk rambut seperti kondisioner pada ujung rambut yang berfungsi sebagai pelembap tambahan pada rambutmu.

Mengonsumsi Makanan Penuh Nutrisi

perawatan-rambut-rusak-OkayDoc

Mengonsumsi makanan penuh nutrisi dapat mencegah rambutmu dari kerusakan - OkayDoc

Selain melakukan perawatan dengan menggunakan produk rambut. Mengembalikan kilau rambut yang rusak juga perlu dilakukan dengan mencukupi nutrisi untuk rambutmu.

Kamu bisa memenuhinya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein, zinc dan omega-3. Protein dan zinc dapat melindungi rambutmu dari kerontokan dan kerapuhan. Omega-3 dapat menjaga kesehatan kulit kepala.

Guna memenuhi kebutuhan nutrisi rambutmu, setidaknya kamu bisa mengonsumsi protein sekitar 45 gram setiap hari. Sumber protein bisa didapatkan melalui telur, ikan dan kacang-kacangan.

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan zinc dan omega-3 dapat dengan mengonsumsi sereal, yogurt, buah, dan sayuran hijau.

Hal yang Harus Kamu Hindari Untuk Mencegah Rambut Rusak

perawatan-rambut-rusak-OkayDoc

Selain melakukan perawatan, ada beberapa hal yang harus kamu hindari guna mencegah rambut rusak - OkayDoc

Selain melakukan beberapa cara di atas, beberapa hal di bawah ini harus kamu hindari guna mencegah terjadinya rambut rusak di kemudian hari.

  • Menyisir Rambut Dalam Keadaan Basah

Rambut yang rusak dapat dipicu dari kebiasaan yang salah. Menyisir rambut dalam keadaan basah dianggap dapat merusak kutikula rambutmu.

Hindari juga penggunaan air yang terlalu panas atau dingin ketika sedang mencuci rambut, untuk mencegah terjadinya kerusakan.

  • Menata Rambut Terlalu Sering

Apabila kamu termasuk orang yang sering menata rambut seperti mengikat dan mengeriting rambut. Ada baiknya beri jarak setiap kali menatanya.

Terlalu ketat dalam menata rambut dianggap dapat menyebabkan rapuh dan membuat rambut pecah-pecah.

  • Menggunakan Alat Menata Rambut

Terpapar alat menata rambut seperti penggunaan alat catok, dianggap sebagai pemicu kerusakan rambut. Tidak hanya rapuh, masalah rambut lainnya seperti rambut bercabang dapat menghampirimu.

Jika kamu tetap ingin menggunakan alat menata rambut, usahakan gunakan dengan suhu yang rendah.

Mendapatkan rambut yang sehat tidak hanya menghindari kebiasaan buruk, tapi juga perlu menutrisinya dari dalam. Agar mahkotamu kembali berkilau, mulailah melakukan beberapa perawatan rambut rusak di atas.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Rambut
Rambut Kamu Gersang? Vitamin Rambut Kering Ini Wajib Diberikan!
Dedi Irawan
05 Sep 2017
Rambut
5 Cara Mengatasi Rambut Berminyak Demi Rambut Anti Lepek!
Maya Ligina
12 Jan 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...