• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Rambut berwarna putih atau sering disebut uban, identik dengan orang-orang lanjut usia. Namun sebagian orang dapat memiliki uban lebih cepat. Tapi apa sebenarnya penyebab uban di usia muda?

Uban pada usia muda atau premature grey hair dapat terjadi pada siapa saja. Rambut putih ini bahkan bisa muncul meski kamu baru menginjak usia 20 tahunan!

Ragam Penyebab Uban di Usia Muda

uban di usia muda penyebab okaydoc

Terdapat beragam faktor yang bisa memicu uban di usia muda - OkayDoc

Tidak hanya lansia yang bisa memiliki uban, kamu yang berusia muda pun bisa mengalaminya. Terdapat banyak faktor yang bisa memicu kondisi ini. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Faktor Genetik

Memiliki uban meski masih berusia muda, bisa jadi disebabkan oleh faktor keturunan atau genetik. Ini berarti bahwa bila orang tuamu memiliki rambut beruban ketika muda, kamu juga berpotensi untuk mengalami kondisi yang sama.

Baca Juga: Cara Mengatasi Uban Ini Membuat Rambut Kembali Hitam nan Sehat

2. Kondisi Kesehatan Tertentu

Beberapa kondisi medis tertentu bisa menjadi penyebab tumbuhnya uban di usia muda. Beberapa di antaranya meliputi:

  • Albinisme atau albino, yaitu kondisi dimana seseorang hanya memiliki sedikit atau sama sekali tidak memiliki pigmen melanin. Melaninlah yang memberi warna pada rambut, kulit, dan mata. Kelainan bawaan ini akan menyebabkan penderitanya memiliki kulit yang terang dan rambut putih.
  • Penyakit autoimun, seperti alopecia atau vitiligo, dapat menyebabkan beberapa bagian rambut dan kulit kehilangan pigmen. 
  • Masalah pada kelenjar tiroid. Perubahan hormon tiroid yang disebabkan oleh kelenjar yang terlalu aktif (hipertiroidisme) atau kurang aktif (hipotiroidisme) bisa pula memicu tumbuhnya uban di usia muda. Kondisi ini dapat memicu tubuh untuk memproduksi lebih sedikit melanin.

3. Merokok

Menurut sebuah penelitian, perokok aktif memiliki risiko lebih besar untuk mengalami uban sebelum menginjak usia 30 tahunan. Jika kamu tidak ingin memiliki uban di usia dini, berhentilah merokok mulai dari sekarang.

Berhenti merokok tidak hanya akan mencegah munculnya uban, tapi juga akan menyehatkan tubuhmu secara keseluruhan. Termasuk menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker paru-paru.

uban di usia muda merokok okaydoc

Perokok aktif memiliki risiko lebih besar untuk mengalami uban sebelum menginjak usia 30 tahunan - OkayDoc

4. Defisiensi Vitamin B12

Selain berperan dalam pembentukan sel darah merah, vitamin B12 juga berkontribusi dalam pertumbuhan serta warna rambut. Kekurangan vitamin ini dianggap dapat melemahkan sel-sel rambut. Kondisi ini berpotensi memengaruhi produksi melanin pada rambut dan memicu timbulnya uban.

Selain itu, stres juga sering dikaitkan dengan munculnya uban pada usia muda. Meski begitu, kaitan antara stres dengan penuaan dini pada rambut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Kembalikan Percaya Dirimu dengan Cara Mengatasi Uban Ini

uban di usia muda cara mengatasi okaydoc

Cat rambut permanen bisa menjadi salah satu cara dalam menutupi uban - OkayDoc

Mewarnai rambut merupakan cara cepat dan efektif untuk menghilangkan uban. Dewasa ini, terdapat beragam metode yang bisa kamu coba untuk menyamarkan uban pada rambutmu. Beberapa di antaranya meliputi:

  • Spray-on airbrush hair makeup. Jika tidak ingin cat yang permanen, mungkin kamu bisa mewarnai rambutmu dengan cara mudah ini. Kamu cukup menyemprotkan cat khusus ini pada rambutmu, namun hasilnya akan hilang begitu kamu keramas.
  • Highlight. Menerapkan teknik highlight untuk menyamarkan uban juga bisa kamu coba. Kamu bisa memilih warna highlight yang mirip dengan ubanmu atau menutupinya dengan warna lain. 
  • Cat rambut permanen. Bila sebagian rambutmu tertutupi uban, kamu bisa mengecat rambutmu secara permanen. Langkah ini bisa kamu lakukan sendiri dengan membeli produk cat rambut atau menggunakan jasa penata rambut di salon kecantikan.

Baca Juga: Begini Cara Menghilangkan Uban di Usia Muda

Munculnya uban di antara helai rambut hitam mungkin mengganggu bagi sebagian orang. Namun kondisi ini sejatinya jarang menandakan gangguan kesehatan yang serius.

Cara menghilangkan uban di usia muda yang efektif adalah dengan mengecat rambutmu. Langkah ini bisa kamu lakukan untuk sementara atau secara permanen. Selamat mencoba! 

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Pengobatan
Gondok? Ini Cara Mengobati Kelenjar Tiroid yang Membengkak!
Maya Ligina
10 Jan 2018
Gangguan Kesehatan
7 Penyebab Hilang Ingatan dan Cara Mengobatinya
Dedi Irawan
25 Jul 2017
Rambut
15 Cara Memanjangkan Rambut Lebih Cepat dan Natural
Arief Tirtana
10 Apr 2018
Rambut
Begini Cara Menghilangkan Uban di Usia Muda
Maya Ligina
06 Aug 2018
Wajah
Cara Menghilangkan Bintik Putih di Wajah Sesuai Penyebabnya
Riani Sjarief
02 Jun 2018
Rambut
Begini Cara Menghilangkan Uban di Usia Muda
Maya Ligina
06 Aug 2018
Kulit
Cara Menghilangkan Kulit Belang Sesuai Penyebab Medisnya
Dedi Irawan
04 Oct 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...