• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Penyebab penyakit jantung bisa bermacam-macam. Banyak yang mengira bahwa kondisi yang juga disebut penyakit kardiovaskuler ini, hanya disebabkan oleh penumpukan kolesterol atau adanya hipertensi.

Pendapat di atas tidak sepenuhnya tepat. Bukan cuma kebiasaan atau pola hidup buruk yang bisa memicu gangguan kesehatan ini, faktor keturunan, dan kondisi jantung sendiri pun dapat berpengaruh.

6 Jenis Penyakit Jantung Berdasarkan Penyebabnya

jenis penyakit jantung berdasarkan penyebabnya

Penyakit jantung juga bisa muncul sejak penderita berada dalam kandungan - OkayDoc

Jenis penyakit jantung bervariasi dan dapat dibedakan berdasarkan gejala atau kondisi khusus yang mendasarinya. Penyebabnya juga bisa menjadi acuan dari kategori penyakit ini.

Pengelompokkan berikut dilakukan agar kewaspadaan menjadi lebih tinggi sehingga tindakan atau pengobatan akan tepat sasaran. Adapun jenis penyakit pada jantung berdasarkan penyebabnya antara lain:

1. Penyakit Jantung Koroner

Dalam survei sample registration system (SRS) yang dilakukan di Indonesia pada tahun 2014, tercatat bahwa penyakit jantung koroner merupakan penyebab kematian tertinggi setelah stroke. Tak heran bila kondisi ini termasuk penyakit yang patut kita waspadai.

Jenis penyakit kardiovaskuler ini muncul ketika ada hambatan yang mengganggu suplai darah menuju jantung. Penyumbatan bisa berupa penumpukan lemak atau kolesterol dalam pembuluh darah jantung.

Dalam dunia medis, proses penumpukan tersebut dikenal dengan istilah atherosclerosis dan biasanya tidak terdeteksi sebelum seseorang merasakan adanya gejala. Oleh sebab itu, sumbatan ini akan makin parah seiring waktu.

2. Aritmia

Irama jantung tidak normal atau aritmia bisa ditandai dengan detak jantung penderita yang terlalu cepat, terlalu lambat, atau tidak beraturan. Kondisi ini dapat disebabkan oleh cacat jantung bawaan, penyakit arteri koroner, gangguan katup jantung, maupun tekanan darah tinggi.

Tidak cuma itu, ada juga sejumlah kondisi lain yang bisa menyebabkan keabnormalan pada jantung ini, seperti diabetes, merokok, konsumsi alkohol atau kafein berlebih, obat-obatan terlarang, ataupun stres. Penggunaan obat-obatan bebas, suplemen diet, maupun obat herbal juga bisa berpengaruh.

aritmia salah satu penyebab penyakit jantung

Aritmia bisa ditandai dengan detak jantung yang terlalu cepat, terlalu lambat, atau tidak beraturan - OkayDoc

3. Cacat Jantung Kongenital

Cacat jantung kongenital merupakan cacat bawaan yang muncul sejak bayi masih dalam kandungan. Kondisi ini biasa berkembang seiring dengan pematangan proses pembentukan jantung pada janin.

Beberapa faktor yang diduga berperan sebagai penyebab penyakit jantung ini antara lain kelainan pada gen atau kromosom anak, maupun penyakit tertentu yang diderita oleh sang ibu selama kehamilan. Pemakaian obat-obatan tertentu atau terlarang selama mengandung juga termasuk faktor risikonya.

Selain pada bayi, kondisi ini bisa muncul saat seseorang sudah dewasa. Hal ini terjadi karena seiring bertambahnya usia, struktur jantung mungkin akan mengalami perubahan yang menyebabkan gangguan pada jantung.

Baca Juga: Catat gejala Penyakit Jantung Ini agar Lebih Waspada

4. Penyakit Katup Jantung

Penyebab terjadinya masalah pada katup jantung mungkin bervariasi. Bisa saja hal ini telah diderita sejak lahir alias bawaan atau berkembang seiring waktu.

Beberapa kondisi medis, seperti demam reumatik, infeksi, dan gangguan jaringan ikat, juga bisa menjadi penyebab munculnya penyakit katup jantung.

kelainan katup jantung salah satu penyebab penyakit jantung

Gangguan pada katup jantung bisa saja muncul karena kelainan bawaan atau berkembang seiring waktu - OkayDoc

5. Kardiomiopati atau Lemah Jantung

Jenis penyakit jantung lainnya adalah kardiomiopati atau lemah jantung. Kondisi kronis ini dapat memicu penebalan atau pembesaran dinding bilik jantung, maupun kekakuan pada otot bilik jantung. Kondisi ini akan memengaruhi kemampuan otot jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Berbagai faktor bisa memengaruhi risiko kardiomiopati pada seseorang. Misalnya, faktor keturunan, hipertensi, obesitas, diabetes, kecanduan alkohol, menggunakan obat-obatan terlarang, mengidap penyakit jantung lain, menjalani pengobatan kanker, maupun ganguan tiroid.

6. Infeksi Jantung atau Endokarditis

Jantung bisa pula mengalami infeksi, misalnya saja endokarditis. Infeksi pada lapisan dalam jantung (endokardium) ini umumnya terjadi ketika zat penyebab iritasi, seperti bakteri, virus, ataupun parasit yang mencapai otot jantung.

Kaitan Gaya Hidup sebagai Penyebab Penyakit Jantung

gaya hidup dan penyakit jantung

Bukan cuma merugikan bagi diri sendiri, merokok juga bisa membahayakan orang-orang di sekitarmu - OkayDoc

Ada beberapa gaya hidup yang sebaiknya dihindari karena dapat memperbesar risikomu untuk terkena salah satu penyakit jantung di atas. Yuk, catat pilihan gaya hidup apa saja yang sebaiknya kamu jauhi!

  • Gaya hidup yang minim aktivitas fisik dan jarang berolahraga.
  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan tidak sehat yang kaya protein lemak, lemak trans, gula, dan sodium. Contohnya, gorengan, rendang, opor, dan banyak lagi.
  • Memiliki kebiasaan merokok. Rokok tidak hanya akan mempertinggi risiko penyakit jantung, tapi juga berbagai gangguan kesehatan lain.
  • Konsumsi minuman beralkohol atau berkafein secara berlebihan.
  • Tidak mengelola stres dengan baik. Mengatasi stres bisa kamu lakukan dengan liburan, relaksasi, maupun mengobrol dengan teman.
  • Mengidap diabetes dan tidak mengendalikannya dengan baik.

Baca Juga: Jauhi Maut dengan Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Jenis dan penyebab penyakit jantung yang telah dijelaskan di atas, ada yang berkaitan dengan faktor keturunan ataupun gaya hidup. Meninggalkan gaya hidup yang buruk merupakan salah satu cara untuk memperkecil risiko mengalaminya.

Untuk pencegahan yang optimal, lakukan juga pemeriksaan secara berkala pada jantungmu. Jangan malas untuk pergi ke dokter dan hanya menunggu saat kamu sakit, ya!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Gangguan Kesehatan
11 Penyebab Badan Lemas yang Umum Terjadi!
Dedi Irawan
14 Dec 2017
Gangguan Kesehatan
Penyebab Susah Menelan dan Cara Menanganinya
Rabbani Haddawi
04 Aug 2018
Gangguan Kesehatan
Catat 5 Gejala Penyakit Jantung Ini agar Lebih Waspada!
Annisa Trimirasti
09 Aug 2018
Gangguan Kesehatan
Pelajari Gejala Penyakit Katup Jantung yang Berisiko Kematian
Dedi Irawan
28 Oct 2017
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...