• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Cari Rumah Sakit
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

Bunda, Kenali 10 Penyebab Mimisan pada Anak!

Mimisan dalam istilah kedokteran disebut juga epistaksis. Mimisan ditandai dengan menetes atau mengalirnya darah segar dari lubang hidung.

Umumnya mimisan pada anak bersifat wajar dan tidak mengancam jiwa. Namun, alasan ini tak cukup kuat untuk membuat bunda berhenti mencemaskannya. Saat mimisan terjadi, bunda mungkin tetap merasa panik. Untuk itu, penting sekali bagi bunda mengetahui penyebab mimisan pada anak.

1. Udara Kering

Udara kering adalah udara panas dengan kelembapan yang rendah. Menghirup udara kering dapat mengiritasi atau melukai lapisan tipis hidung. Terlebih lagi bagi anak-anak yang lapisan hidungnya lebih sensitif dan rentan mengalami pecah pembuluh darah.

2. Mengorek Hidung Terlalu Dalam

penyebab mimisan pada anak

Kebiasaan mengorek hidung terlalu dalam dapat menyebabkan mimisan - OkayDoc

Anak-anak bisa saja mempunyai kebiasaan yang aneh, mulai dari mengemut jari, menggigit kuku, hingga mengorek lubang hidung.

Kebiasaan mengorek lubang hidung ini jika dilakukan terlalu dalam bisa meningkatkan risiko luka pada hidung. Dinding hidung memiliki persimpangan pembuluh darah yang cukup besar dan rapuh sehingga mudah menyebabkan mimisan.

3. Pilek dan Flu

Seorang anak yang sedang pilek bisa mengalami kesulitan bernapas. Karenanya, mereka akan mencoba membuang ingus dari hidung. Baik itu dengan mengusap hidung atau mengeluarkannya dengan menghembuskan napas kuat-kuat. Kedua proses tersebut bisa menyebabkan hidung teriritasi dan terluka.

4. Alergi

Gejala flu bisa menjadi tanda bahwa anak anda terkena alergi. Alergi dapat terjadi jika debu, bulu hewan, atau serbuk bunga tertentu tidak sengaja terhirup.

Saat anak terkena gejala alergi ini, maka kemungkinan lapisan hidung terluka dan mengalami mimisan juga akan meningkat.

5. Trauma

penyebab mimisan pada anak

Terbentur dapat menjadi salah satu penyebab mimisan pada anak - OkayDoc

Usia dua sampai sepuluh tahun adalah usia di mana anak sedang aktif bergerak. Kemungkinan terjatuh dan terbentur juga akan menjadi lebih tinggi. Apabila proses jatuh dan benturan mengenai hidung, maka mimisan bisa saja terjadi pada mereka.

6. Asap yang Menyengat

Asap membuat udara yang dihirup terasa kering dan panas. Senyawa hasil pembakaran seperti karbondioksida, karbonmonoksida, dan timbal bisa saja mengiritasi lapisan dalam hidung.

Selain sebagai salah satu penyebab mimisan pada anak , asap juga dapat menimbulkan infeksi saluran pernapasan atas.

7. Masuknya Benda Asing

Anak kecil yang terpicu rasa ingin tahunya bisa saja sembarangan memasukkan benda asing pada hidung. Jika hal ini terjadi, lapisan dalam hidung bisa tergores dan mengalami luka. Untuk itu, bunda perlu lebih berhati-hati dan mengawasi kegiatan sang buah hati.

8. Kelelahan

Meskipun jarang terjadi, kelelahan bisa memicu terjadinya iritasi pada lapisan hidung. Mimisan saat kelelahan juga dapat menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan tertentu pada anak.

Bunda perlu memberikan perhatian khusus jika si kecil terus-menerus mengalami mimisan karena kelelahan. Segera kunjungi dokter untuk mengetahui pengobatan yang tepat.

9. Infeksi Bakteri

penyebab mimisan pada anak

Infeksi bakteri dapat menyebabkan mimisan - OkayDoc

Adanya infeksi bakteri pada hidung dapat menyebabkan lapisan hidung meradang. Lapisan yang meradang dan memerah tersebut bisa saja mengalami luka dan menyebabkan anak mengalami mimisan.

10. Penyakit Serius

Adanya penyakit serius menjadi salah satu penyebab mimisan pada anak yang perlu bunda cemaskan. Penyakit seperti sinusitis, kelainan bentuk hidung, leukimia, tumor hidung, hingga kelainan pembekuan darah mungkin saja menimpa buah hati anda.

Segera berkonsultasi dengan dokter apabila anak terlalu sering mengalami mimisan, diikuti demam, lemas, nyeri, atau gejala lain yang terus-menerus muncul.

Memahami apa saja penyebab mimisan pada anak bisa membantu bunda meredakan kepanikan. Selain itu, bunda juga bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk membawa si kecil ke rumah sakit. Untuk mimisan yang disebabkan hal-hal ringan, coba bunda terapkan cara mengatasi mimisan di rumah dengan tepat ya.

Komentar
Artikel Terkait
Anak-anak
11 Feb 2018
3 Cara Menghentikan Mimisan pada Anak, Bunda Wajib Tahu!
Lathiva Rosyida
Anak-anak
22 Jun 2018
Merawat Anak Penderita ADHD Tak Repot Lagi dengan Tips Ini
Diah Ayu Lestari
Anak-anak
01 Jun 2018
Gejala Tipes pada Anak yang Harus Bunda Waspadai
emirsyariza
Anak-anak
05 Sep 2018
5 Jenis Asupan untuk Menambah Berat Badan Anak
Annisa Trimirasti
Anak-anak
30 Mar 2018
Selain Tampilan Fisik, Ini 11 Ciri-ciri Anak Gizi Buruk!
Annisa Trimirasti
Remaja
06 Sep 2017
Begini Cara Tepat Mengatasi Muntah Pada Anak
Arief Tirtana
Memuat...
Konsultasi
Memuat...