• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Pusing adalah istilah untuk menggambarkan sensasi seolah-olah melayang, kehilangan keseimbangan, atau seperti akan pingsan. Agar kondisi ini bisa dicegah, ada baiknya kamu mengenali ragam penyebab kepala sering pusing dulu.

Kepala pusing bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala dari penyakit lain yang mendasarinya. Meski biasanya bukan pertanda dari kondisi kesehatan yang serius, gejala ini tetap memerlukan pemeriksaan lebih lanjut. Terutama jika berlangsung untuk waktu lama.

Gejala Pusing yang Sering Dirasakan

kenali penyebab sering pusing gejala

Gejala pusing yang kamu rasakan bisa terasa semakin parah ketika kamu menggerakan kepala atau melakukan aktivitas tertentu - OkayDoc

Sensasi yang terasa saat pusing dapat beragam, bergantung dari penyebab dan tingkat keparahannya. Namun pusing sering ditandai dengan gejala di bawah ini:

  • Sensasi mengambang atau seolah-olah melayang.
  • Tubuh yang limbung atau hilang keseimbangan.
  • Vertigo, yakni pandangan atau ruangan yang terasa berputar.
  • Sensasi seperti mau pingsan.

Gejala-gejala pusing yang kamu rasakan bisa terasa semakin parah ketika kamu menggerakkan kepala atau melakukan aktivitas tertentu. Contohnya, berjalan, duduk, atau berdiri. Terkadang, rasa pusing bisa datang secara mendadak sehingga kamu harus duduk atau berbaring terlebih dulu.

Kamu sebaiknya tidak meremehkan pusing yang kamu rasakan, apalagi jika kerap terjadi dan disertai dengan mual, muntah, nyeri dada, demam, sensasi kebas, sesak napas, serta pingsan. Segera periksakan kondisimu ke dokter agar pemicunya bisa diketahui dan pengobatan dilakukan dengan tepat.

Ragam Penyebab Kepala Sering Pusing

penyebab kepala sering pusing ragam penyebab okaydoc

Beberapa kondisi kesehatan bisa menyebabkanmu sering mengalami pusing - OkayDoc

Terdapat beberapa kondisi kesehatan yang bisa menyebabkanmu sering mengalami pusing. Mulai dari pengaruh tekanan darah, vertigo, hingga kurangnya kadar cairan dalam tubuh.

1. BPPV (Benign Paroxysmal Positional Vertigo)

Vertigo adalah suatu gejala yang ditandai dengan sensasi berputar, baik diri sendiri atau lingkungan di sekelilingmu. Pusing bisa menjadi pertanda dari kondisi ini. BPPV merupakan penyebab tersering seseorang mengalami vertigo.

BPPV dapat terjadi secara tiba-tiba dan dipicu oleh gerakan tubuh yang dilakukan secara cepat. Misalnya, ketika kamu berdiri dari posisi jongkok atau bangkit dari posisi berbaring.

Baca Juga: Penyebab Pusing Setelah Makan dan Cara Mengobatinya

2. Penyakit Meniere

Tak hanya kepala pusing, serangan vertigo akibat penyakit meniere juga dapat disertai telinga berdengung (tinnitus) dan terasa penuh. Rasa pusing pada kasus meniere bisa datang secara mendadak dan bertahan hingga 24 jam. Penderita pun mungkin mengalami mual dan muntah.

Penyebab penyakit Meniere belum diketahui secara pasti. Meski begitu, penyakit ini diperkirakan bisa terjadi akibat kombinasi dari beberapa faktor. Pengaruh genetik, alergi, infeksi virus, dan cedera pada kepala diduga bisa berpengaruh pada kasus penyakit Meniere.

3. Migrain

Mengalami migrain pun dapat disertai dengan munculnya pusing secara berulang maupun vertigo. Gejala migrain bisa pula terasa lebih parah ketika ada suara berisik atau cahaya yang terang.

Migrain termasuk kondisi yang umum, dan lebih sering menyerang wanita daripada pria. Sebagian wanita dapat mengalaminya pada awal menstruasi. Kelelahan dan stres juga bisa berpengaruh pada timbulnya penyakit ini.

penyebab kepala sering pusing migrain okaydoc

Gejala migrain bisa pula terasa lebih parah ketika ada suara berisik atau cahaya yang terang - OkayDoc

4. Mabuk Perjalanan

Pusing bisa muncul ketika kamu melakukan perjalanan panjang melalui jalur darat, laut, maupun udara. Kondisi ini biasanya dikenal dengan istilah mabuk perjalanan atau motion sickness.

Selain perasaan pusing, mabuk perjalanan dapat pula ditandai dengan mual, keringat dingin, kulit pucat, napas pendek, dan merasa sangat lelah.

5. Dehidrasi

Penyebab kepala sering pusing berikutnya adalah dehidrasi. Kondisi ini terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan dibandingkan dengan jumlah yang masuk ke tubuh.

Saat asupan cairan tidak cukup, fungsi tubuh dapat terganggu. Oleh sebab itu, kamu perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan setidaknya minum 2 Liter air per hari.

penyebab kepala sering pusing dehidrasi okaydoc

Kondisi ini terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan dibandingkan dengan jumlah yang masuk ke tubuh - OkayDoc

6. Hipotensi Ortostatik

Apa kamu pernah merasa pusing atau berkunang-kunang dan seakan-akan hendak pingsan ketika bangkit berdiri dengan cepat? Jika ya, mungkin kamu mengalami hipotensi ortostatik.

Hipotensi ortostatik adalah penurunan tekanan darah secara tiba-tiba akibat perubahan postur tubuh. Sebagai akibatnya, tekanan darah yang turun drastis akan memicu gejala berupa pusing, pandangan kabur, mual, hingga pingsan.

Tips Sederhana untuk Menangani sekaligus Mencegah Pusing

penyebab kepala sering pusing kafein okaydoc

Mengonsumsi minuman berkafein dianggap dapat memperparah gejala pusing - OkayDoc

Pusing yang tidak disertai gejala atau kondisi lain, umumnya tidak membutuhkan penanganan medis khusus. Supaya pusing tidak terus menderamu, kamu bisa menerapkan sederet langkah sederhana di bawah ini:

  • Jangan berdiri atau bangkit secara tiba-tiba.
  • Batasi konsumsi kafein, hindari minuman beralkohol, dan berhenti merokok. Bila dilakukan secara berlebihan, ketiga aktivitas tersebut dapat memperparah gejala pusing yang kamu alami.
  • Tingkatkan asupan cairan (minimal 8 gelas dalam sehari).
  • Makan secara teratur dan perbanyak asupan buah dan sayur.
  • Kurangi tingkat stres yang kamu rasakan, misalnya dengan meditasi atau yoga.
  • Cukupi kebutuhan tidur. Orang dewasa setidaknya perlu durasi tidur selama 7-9 jam tiap hari.
  • Segera duduk atau berbaring ketika kamu pusing. Dengan ini, kamu tidak akan jatuh ketika kehilangan keseimbangan atau pingsan.

Baca Juga: 9 Makanan untuk Penderita Vertigo Agar Tak Kambuh Lagi

Pusing umumnya bisa sembuh dengan sendirinya. Namun penyebab kepala sering pusing sebaiknya diketahui dengan pasti karena bisa saja mengindikasikan penyakit yang lebih serius.

Jika pusing terjadi secara terus-menerus atau disertai keluhan lain, segera konsultasikan dan periksakan kondisimu ke dokter. Usahakan untuk mengutarakan gejala yang kamu rasakan selengkap mungkin pada dokter, agar kamu bisa memperoleh diagnosis dan penanganan yang tepat.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Gangguan Kesehatan
Cepat Pulih dengan 5 Tips Selama Masa Penyembuhan Amandel
Maya Ligina
19 Nov 2017
Kesehatan Ibu
Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil yang Tak Boleh Dilewatkan
Vivi Hermin
26 Aug 2018
Kesehatan Bayi
Mari Kenali Penyebab Bayi Muntah Setelah Minum ASI
Vivi Hermin
23 Aug 2018
Pengobatan
Obat-obatan dalam Perjalanan Mudik yang Bisa Kamu Bawa
Vivi Hermin
07 Jun 2018
Gangguan Kesehatan
Bahaya Penyakit Vertigo yang Sebaiknya Kamu Pahami Sebelum Terlambat
Dedi Irawan
17 Dec 2017
Gangguan Kesehatan
Penyebab Pingsan Ini Tidak Boleh Kamu Sepelekan
Rabbani Haddawi
16 Aug 2018
Gangguan Kesehatan
Penyebab Vertigo Paling Umum dan Tips Meringankannya!
Annisa Trimirasti
09 Jun 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...