• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Kekurangan zat besi adalah kondisi gangguan kesehatan yang akan menjadikanmu kekurangan sel darah merah. Akibatnya, kamu bisa mengalami anemia. Bahasa kerennya, anemia defisiensi besi. Dari sini bisa dilihat betapa pentingnya peran zat besi bagi tubuh.

Tubuh membutuhkan zat besi sebagai bahan pembuat hemoglobin, yaitu protein yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh. Jaringan dan otot dapat berfungsi secara efektif bila proses distribusi oksigen berjalan lancar. Sebaliknya, jika pasokan zat besi tubuh tidak mencukupi, maka proses penyebaran oksigen tidak akan berjalan dengan semestinya.

Apa Saja yang Menjadi Penyebab Anemia?

penyebab anemia karena kekurangan zat besi

Kurang mengonsumsi sayur-sayuran, daging, dan telur adalah penyebab utama kekurangan zat besi - OkayDoc

Kenapa tubuh bisa mengalami anemia? Ada beberapa kondisi yang menyebabkan hal ini, yaitu:

Kurang zat besi

Anemia terjadi karena tubuh kekurangan sel darah merah. Untuk membentuk sel darah merah, diwajibkan untuk memenuhi kebutuhan zat besi. Caranya, utamakan mengonsumsi sayur-sayuran berwarna hijau, daging, dan telur. Jangan keliru, kebutuhan akan zat besi ini harus dipenuhi tiap hari, lho.

Kehilangan banyak darah

Wanita yang sedang menstruasi berpotensi mengalami anemia karena kehilangan banyak darah. Kehilangan banyak darah juga dapat terjadi pada saat tubuh mengalami perdarahan gastrointestinal akibat penggunaan obat-obatan pereda rasa nyeri jenis aspirin. Selain itu, adanya penyakit hernia, tukak lambung, atau polip usus besar juga bisa menyebabkanmu kehilangan banyak darah sehingga berpotensi mengalami anemia.

Kehamilan

Kamu sedang hamil? Perhatikan asupan zat besimu, ya. Pada saat hamil, kebutuhan darah meningkat karena harus memasok tubuhmu dan bayimu. Jadi, pada saat hamil, jangan sampai kekurangan kandungan zat besi. Kalau terjadi anemia, pertumbuhan janin bisa terhambat. Kamu tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

Ketidakmampuan penyerapan zat besi

Jangan langsung merasa aman jika sudah mengonsumsi cukup makanan yang mengandung zat besi. Sebab, kondisi tubuh bisa saja tidak mampu menyerap zat besi. Zat yang satu ini diserap oleh usus. Jadi, jika kamu mengalami kelainan usus, misalnya penyakit celiac, maka kemungkinan besar zat besi sulit terserap.

Penyakit celiac adalah ketidakmampuan usus dalam mencerna nutrisi dari makanan di dalam tubuh. Jika zat besi tidak dapat terserap dengan baik, berarti sama saja tubuh tidak cukup mendapat pasokan zat besi.

Baca Juga : Segar Bugar dengan Makanan yang Mengandung Zat Besi!

Pahami Gejala-gejala Kekurangan Zat Besi

gejala kekurangan zat besi

Asalkan asupan zat besi sudah tercukupi kembali, rambut bisa tumbuh kembali - OkayDoc

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya kekurangan zat besi karena tidak memahami apa yang menjadi gejala-gejalanya. Jadi, kenalilah gejala-gejala kekurangan zat besi berikut ini:

Kelelahan 

Kekurangan zat besi akan menyebabkan tubuh mengalami kurang darah. Artinya, pengiriman oksigen ke seluruh tubuh bisa terhambat. Dengan demikian, tubuh akan terasa mudah lelah. Rasa lelah ini adalah gejala anemia yang paling umum. Karenanya, banyak orang yang tidak menyadarinya dan mengira hanya kurang istirahat. Jika kamu mengalami gejala ini, cobalah atasi dengan beristirahat. Apabila rasa lelah masih melanda, disertai lemah, lesu, dan sulit untuk fokus, berarti ada kemungkinan kamu kekurangan zat besi.

Pucat

Kulit pucat identik dengan kondisi sakit. Namun, kulit yang terkesan tidak segar ini juga bisa menjadi salah satu gejala mengalami anemia. Hemoglobin yang terbentuk dengan adanya zat besi yang cukup membuat kulit menjadi kemerahan. Sebaliknya, jika kadar protein rendah, maka membuat kulit terlihat pucat.

Rambut rontok

Sebenarnya rambut yang rontok hingga 100 helai per hari adalah wajar. Namun jika kerontokan rambutmu lebih dari itu dan tidak tumbuh-tumbuh, ada kemungkinan kamu mengalami anemia. Coba perbaiki lagi gizimu, penuhi kebutuhan zat besi. Kekurangan zat besi hingga sampai tahap anemia akan membuat folikel rambut kekurangan oksigen dan akhirnya memasuki tahap istirahat, kemudian rontok.

Jangan khawatir, ketika kebutuhan zat besi sudah terpenuhi, rambut akan tumbuh kembali, kok.

Mengalami infeksi

Tubuh bisa mengalami infeksi karena sistem kekebalan tubuh biasanya sedang rendah. Zat besi adalah salah satu mineral yang berperan penting di dalam sistem kekebalan. Sebab, sel darah merah berperan membawa oksigen ke kelenjar getah bening yang merupakan tempat sel darah putih bertarung melawan infeksi. Jika zat besi kurang, sel darah merah pun berkurang.

Jika sel darah merah kurang, pasokan oksigen juga berkurang. Akibatnya, sel tubuh tidak memproduksi sel darah putih. Jadilah tubuh tidak memiliki senjata untuk melawan infeksi yang menyerang.

Lidah bengkak

Tubuh yang mengalami kekurangan oksigen akibat kekurangan zat besi, dapat menyebabkan otot membesar dan terasa sakit. Mungkin kamu tidak menyadari, padahal kondisi ini terjadi pada semua otot di seluruh tubuh. Yang paling kelihatan adalah otot lidah. Lidah jadi tampak bengkak dan tentu saja membuatmu merasa tidak nyaman karena biasanya disertai rasa nyeri juga.

Sindrom kaki gelisah

Pernah mengalami kaki yang terus ingin bergerak seperti orang gelisah? Kekurangan zat besi berisiko menjadikanmu mengalami sindrom kaki gelisah. Kamu merasa adanya dorongan kuat untuk terus-menerus menggerak-gerakkan kaki. Hal ini tentu saja mengganggu, bahkan mungkin akan membuatmu tidak bisa tidur dengan nyenyak.

Baca Juga : Manfaat Sayur Bayam di Balik Kelezatannya

Bagaimana? Sudah tahu penyebab dan gejala kekurangan oksigen dengan lebih jelas? Jangan abaikan kondisi ini karena akan berpengaruh pada kesehatan dan tentu saja akan mengganggu aktivitasmu di keseharian. Mulai detik ini juga, hindari kekurangan zat besi dengan mengonsumsi lebih banyak makanan dan camilan yang mengandung protein tinggi.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Diet
Mengolah Camilan Sehat agar Bisa Diet Seimbang
Raditya Wardana
03 Jul 2017
Rambut
Atasi Rambut Rontok Berlebihan pada Pria Pakai Cara ini!
Raditya Wardana
22 Jun 2017
Fungsi Organ
Pentingnya Fungsi Sel Darah Merah dan Cara Menjaganya
Veronica
01 Jul 2018
Kesehatan Ibu
4 Cara Menaikkan Hb Pada Ibu Hamil, Tak Perlu Lemas Lagi!
Annisa Trimirasti
01 Jan 2018
Fungsi Organ
Kenali Fungsi Ginjal pada Manusia dan Cara Menjaganya
Dewangga
14 Jul 2017
Rambut
Jangan Sedih, Ini Dia Ragam Cara Mengatasi Kebotakan
Rini
17 Nov 2017
Gangguan Kesehatan
Ini 5 Penyebab Kurang Darah yang Kamu Alami!
Dedi Irawan
17 Dec 2017
Gangguan Kesehatan
Waspadai 14 Penyebab Badan Kurus Tanpa Alasan Jelas Ini!
Lenny Tan
05 Aug 2018
Gangguan Kesehatan
9 Jenis Penyakit Autoimun yang Paling Umum Terjadi
Riani Sjarief
18 Jun 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...