• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Kanker mulut termasuk kanker pada bibir, pipi, lidah, langit-langit mulut juga faring. Kanker ini menyebabkan sekitar 300.000 kematian dari 529.000 kasus per tahunnya di dunia. Mari lebih waspada dengan mengenali penyebab kanker mulut berikut.

Sama seperti kanker lain, kanker mulut juga terjadi akibat mutasi DNA sehingga pertumbuhan sel tak terkendali. Sel-sel ini dapat menyebabkan kerusakaan jaringan di sekelilingnya.

Kanker mulut bisa menyebar ke area lain, contohnya kepala dan leher. Kanker ini perlu ditangani sedini mungkin di mana sekitar 80% pasien hanya dapat bertahan hidup selama 12 bulan setelah terkena kanker.

Kondisi yang Mungkin Menjadi Penyebab Kanker Mulut

penyebab kanker mulut OkayDoc

Seringnya terpapar sinar matahari dapat menyebabkan kanker mulut - OkayDoc

Alasan di balik mutasi DNA yang merupakan penyebab kanker belum diketahui secara pasti. Namun terdapat beberapa kondisi yang dianggap meningkatkan risiko terkena kanker mulut, yaitu:

Paparan matahari berlebih, terutama pada usia muda dapat memicu kanker mulut terutama pada bibir.

Human papillomavirus (HPV) terutama HPV 16 adalah salah satu virus yang ditularkan lewat hubungan seksual.

Penggunaan tembakau merupakan salah satu faktor utama kanker mulut. Penggunaan ini termasuk tembakau bakar seperti pada rokok dan cerutu ataupun dikunyah bersama buah pinang.

Perokok sendiri 6 kali lebih mungkin menderita kanker mulut. Dan pengguna tembakau non-asap 50 kali lebih mungkin menderita kanker pipi, gusi, dan lapisan bibir.

Konsumsi alkohol berlebih adalah faktor penting lain yang memicu kanker mulut. Di mana risiko kanker bisa naik 6 kali lipat.

penyebab kanker mulut OkayDoc

Konsumsi alkohol berlebih apalagi bila disertai dengan merokok bisa menyebabkan kanker mulut - OkayDoc

Dan bila peminum juga turut merokok, risiko kanker naik 30 kali lebih tinggi dibanding orang yang tidak merokok atau minum.

Pola makan. Orang dengan menu makan harian kurang sayur dan buah-buahan namun kaya daging olahan serta makanan goreng memiliki risiko lebih besar untuk mengembangkan kanker mulut.

Usia. Risiko kanker mulut meningkat seiring bertambahnya usia. Di mana kanker ini paling sering terjadi pada orang usia lebih dari 40 tahun.

Selain itu, kondisi sistem kekebalan tubuh yang lemah, riwayat dalam keluarga, pengobatan dengan paparan radiasi, ataupun terpapar zat kimia tertentu seperti asam sulfur dan formaldehida juga bisa memicu kanker mulut.

Jenis kelamin juga bisa berpengaruh dalam perkembangan kanker mulut di mana pria 2 kali lebih mungkin menderitanya.

penyebab kanker mulut OkayDoc

Pria 2 kali lebih mungkin menderita kanker mulut dibanding wanita - OkayDoc

Kemudian, meski kemungkinannya kecil, gigi yang rusak atau bergerigi juga mungkin memicu kanker mulut. Oleh karena itu, rajin-rajinlah menjaga kebersihan mulut dan gigi. Misalnya dengan menggosok gigi secara teratur.

Namun sayangnya, belum diketahuinya penyebab mutasi DNA menjadikan sekitar 25% kasus kanker mulut dapat terjadi secara acak. Seperti pada non-perokok ataupun yang tidak mengonsumsi alkohol.

Setelah mengetahui penyebab kanker mulut, lebih peduli lagi dengan asupan makanan dan kesehatan mulut ya. Bila terjadi sesuatu yang mengganggumu, lebih baik segera hubungi dokter untuk penanganan yang tepat.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Gangguan Kesehatan
Rokok dan 7 Penyebab Kanker Paru-paru yang Mengancam!
Annisa Trimirasti
10 Dec 2017
Kebugaran
Berhenti Merokok: Begini Kondisi Tubuhmu Jika Melakukannya
Annisa Trimirasti
18 Nov 2017
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...