• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Cacat lahir merupakan kelainan yang terbentuk saat masa perkembangan bayi di dalam kandungan. Kondisi ini sebagian besar terbentuk saat 3 bulan pertama kehamilan, ketika proses pembentukan organ-organ tubuh terjadi.

Penyebab cacat lahir dapat bervariasi walaupun penyebab pastinya jarang diketahui. Gangguan yang terjadi dapat memengaruhi fungsi organ, serta perkembangan fisik, maupun mental anak. Kondisi ini terjadi dalam tingkatan yang beragam dari ringan hingga parah.

Bunda Perlu Memahami Penyebab Terjadinya Cacat Lahir

penyebab-cacat-lahir-alkohol.jpg

Mengonsumsi alkohol saat hamil dapat meningkatkan risiko terjadinya cacat lahir pada bayi - OkayDoc

Pada kebanyakan kasus, penyebab pasti dari cacat lahir tidak diketahui. Meski begitu, beberapa hal di bawah ini dapat menjadi pemicu terjadinya cacat pada bayi.

1. Faktor Lingkungan

Cacat lahir dapat terjadi apabila ibu terkena infeksi tertentu saat hamil. Infeksi yang dapat menyebabkan kondisi ini antara lain toksoplasmosis, rubella, dan cacar air. Kamu dapat mengurangi risiko infeksi dengan melakukan vaksinasi.

Pengaruh gaya hidup ibu juga dapat menyebabkan terjadinya gangguan ini. Kebiasan mengonsumsi alkohol, obat-obatan tertentu, serta merokok saat hamil juga dapat meningkatkan risiko cacat lahir.

2. Faktor Genetik

Orang tua dapat menurunkan kelainan genetik pada anak mereka. Kelainan tersebut dapat terjadi karena mutasi atau suatu perubahan pada gen. Bahkan dalam beberapa kasus, sebagian gen dapat menghilang.

Cacat lahir yang terjadi karena faktor genetik tidak dapat dicegah. Salah satu kelainan yang dapat terjadi karena faktor ini adalah Down’s Syndrome. Kondisi seperti hemofilia dan buta warna juga dapat disebabkan oleh hal ini.

Selain itu, ibu yang berusia lebih dari 35 tahun saat mengandung juga dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan ini. Cacat lahir juga dapat terjadi apabila ibu tidak menjalani perawatan kehamilan (perawatan prenatal) dengan baik, atau memiliki penyakit seperti diabetes.

Baca Juga: Risko Hamil di Usia Tua dan Tips untuk Menjalaninya

Kondisi Cacat Lahir yang Umum Terjadi

penyebab-cacat-lahir-bibir-sumbing.jpg

Kondisi cacat lahir yang umum terjadi salah satunya adalah bibir sumbing - OkayDoc

Gangguan pada kondisi ini dapat terjadi secara fisik maupun gangguan fungsi. Pada cacat lahir fisik, kelainan yang ada ditandai dengan pembentukan anggota tubuh yang tidak sempurna. Kelainan yang dapat terjadi di antaranya adalah, kelainan jantung bawaan, bibir sumbing, serta tulang belakang yang tidak terbentuk sempurna.

Sedangkan cacat lahir fungsional menyebabkan anggota tubuh tidak dapat bekerja dengan baik. Tidak jarang, hal ini dapat menimbulkan disabilitas kecerdasan dan berpengaruh pada perkembangan anak tersebut.

Kondisi cacat lahir fungsional meliputi kelainan metabolisme, sensorik, serta sistem saraf. Kelainan metabolisme tubuh menyebabkan gangguan pada zat-zat kimia yang ada pada tubuh bayi.

Gangguan yang dapat timbul karena keadaan ini antara lain terjadinya kelainan bentuk sel darah merah, Down syndrome, serta fibrosis kistik yang menyebabkan kerusakan pada paru-paru dan sistem pencernaan.

Cegah Cacat Lahir dengan Cara Ini

penyebab-cacat-lahir-rokok.jpg

Jaga kandunganmu dengan menghindari rokok - OkayDoc

Walaupun tidak semua cacat lahir dapat dicegah, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan sebelum, maupun saat hamil agar bayi dapat lahir dengan sehat. Perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat merupakan cara paling sederhana untuk memulainya.

Hindari merokok, konsumsi alkohol, serta obat-obatan yang tidak sesuai dengan rekomendasi dokter. Mengonsumsi 400 mikrogram asam folat setiap harinya dimulai dari satu bulan sebelum merencanakan kehamilan juga dapat membantu.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk rutin berkonsultasi dengan dokter mengenai perawatan yang terbaik untuk kehamilan. Beritahukan juga kepada dokter tentang obat yang sedang kamu konsumsi, termasuk suplemen herbal.

Jika memungkinkan, pastikan kondisi medis tertentu yang diderita dapat dikontrol sebelum memulai program kehamilan. Pasalnya, beberapa kondisi medis seperti diabetes dan obesitas juga dapat meningkatkan risiko cacat lahir.

Baca Juga: Bunda, Catat Larangan untuk Ibu Hamil Ini

Dengan mengetahui penyebab cacat lahir, kamu diharapkan dapat lebih waspada mengenai kondisi ini. Gaya hidup sehat, serta pemeriksaan kandungan yang teratur dapat memberikan efek yang baik tidak hanya bagi ibu, tapi juga untuk Si Jabang Bayi.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Kesehatan Kandungan
Persiapkan Kelahiran si Kecil, Ini 5 Tips Melahirkan Normal
Veronica
30 Aug 2017
Diet Ibu Hamil
Makanan Ibu Hamil Trimester Pertama agar Janin Sehat
Tsalis Annisa
28 Mar 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...