• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Air susu ibu (ASI) sangat penting untuk Si Kecil. Manfaatnya bahkan bisa bertahan hingga masa kanak-kanak dan dewasa. Namun bagaimana jika bayi tidak mau menyusu?

Hal pertama yang harus Bunda ingat adalah tidak panik dan tetap tenang. Bunda sebaiknya tahu dulu penyebab di balik keengganan bayi menyusu. Dengan begitu, langkah penanganan yang Bunda lakukan pun akan sesuai dengan pemicunya.

Pahami Dulu Penyebab Bayi Tak Mau Menyusu

bayi-tidak-mau-menyusu-penyebab-okaydoc

Suplai ASI yang mengalami penurunan juga bisa menjadi salah satu penyebab bayi enggan menyusu - OkayDoc

Terdapat beragam faktor yang bisa menyebabkan bayi enggan menyusu. Penolakan dapat muncul akibat sederet kondisi tertentu yang mungkin membuat Si Kecil tidak nyaman saat menyusu. Beberapa di antaranya meliputi:

1. Suplai ASI yang Berkurang

Bila Bunda jarang menyusui, produksi ASI bisa mengalami penurunan. Misalnya, ketika mengombinasikan ASI dengan pemberian susu formula.

Ketika produksi ASI berkurang, bayi akan kesulitan mengisapnya dari puting Bunda. Akibatnya, bisa saja ia jadi enggan untuk menyusu.

Baca Juga: Mari Kenali Penyebab Bayi Muntah Setelah Minum ASIĀ 

2. Tumbuh Gigi

Saat berada pada masa tumbuh gigi pertama, bayi umumnya dapat mengalami demam dan rasa nyeri pada gusinya. Inilah yang menyebabkannya tak mau menyusu.

3. Si Kecil sedang Sakit

Coba ingat, saat sedang sakit, nafsu makan Bunda pasti berkurang, bukan? Nah, Si Kecil juga bisa mengalami hal yang sama. Keinginannya untuk menyusu mungkin akan menurun ketika ia sedang sariawan, demam, pilek, atau flu.

bayi-tidak-mau-menyusu-si-kecil-sakit

Si Kecil yang mengalami sakit juga bisa membuatnya tidak mau menyusu - OkayDoc

4. Perubahan pada Aroma Tubuh Bunda dan ASI

Bayi mungkin saja sangat sensitif terhadap bau. Perubahan aroma pada tubuh Bunda dapat menjadi salah satu hilangnya keinginan bayi untuk menyusu. Perubahan bau tubuh Bunda mungkin dapat disebabkan oleh penggantian merek sabun, krim pelembap, atau perlengkapan mandi lainnya.

Selain itu, perubahan rasa pada ASI juga akan berpengaruh. Misalnya akibat makanan yang Bunda konsumsi.

5. Stres

Tidak hanya orang dewasa, bayi juga bisa mengalami stres yang menyebabkannya rewel dan enggan menyusu. Contohnya, jadwal menyusui yang terlambat atau tidak bertemu Bunda selama berjam-jam karena Bunda sudah kembali bekerja.

Begini Cara Mengatasi Bayi yang Enggan Menyusu

bayi-tidak-mau-menyusu-cara-mengatasi-okaydoc

Tanpa mengenakan baju atasan ketika menyusu dapat membuat bayi tetap merasa dekat dengan Bunda - OkayDoc

Jika bayi tak mau menyusu, jangan memaksanya. Bunda juga tidak boleh panik dan harus berusaha menenangkan Si Kecil. Bunda kemudian bisa menerapkan sederet tips di bawah ini untuk membujuk Buah Hati menyusu:

  • Carilah tempat yang tenang untuk menyusui. Bunda juga bisa menggunakan ruang dengan pencahayaan yang redup, dan jangan lupa untuk menjauhkan atau memadamkan semua alat yang dapat memecah perhatian Si Kecil, seperti ponsel atau televisi.
  • Mengubah posisi menyusui. Perlu diketahui bahwa tiap bayi butuh posisi menyusui yang berbeda-beda agar merasa nyaman. Bunda juga bisa menyiasatinya sambil menimang-nimang Buah Hati.
  • Menyusui ketika bayi akan terlelap atau sangat mengantuk. Pasalnya, banyak bayi yang menolak untuk menyusu ketika mereka sedang terjaga.
  • Kontak kulit dengan bayi. Supaya bayi tetap merasa dekat dengan Bunda, Bunda bisa memberikan bentuk kasih sayang dengan melakukan kontak dari kulit ke kulit. Misalnya, menyusui tanpa mengenakan baju atasan ketika berada di kamar.
  • Membuat bayi nyaman. Tak hanya suasana yang dapat menenangkan bayi, Bunda juga bisa membuatnya nyaman dengan memberikan belaian lembut, bersenandung, atau menyetel musik lembut sambil menyusui.

Baca Juga: 4 Cara Menggendong Bayi dan Tips untuk Menyamankannya

Mengatasi bayi tidak mau menyusu memang susah-susah gampang. Kesabaran adalah kuncinya. Perlu diingat bahwa bayi tidak mau menyusu bukan berarti Si Kecil siap disapih atau mendapatkan jenis makanan pelengkap ASI. Jangan sampai Bunda merasa putus asa bila Si Kecil sulit menyusu.

Bila perlu, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter maupun bidan. Dengan ini, Bunda akan terbantu dalam mengatasi masalah ini sejak dini. Semoga berhasil!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Gangguan Kesehatan
Mengenali Ciri-ciri Kelenjar Getah Bening yang Bermasalah
Dedi Irawan
05 Oct 2018
Kesehatan Bayi
8 Penyebab Muntah pada Bayi dan Cara Tepat Mengatasinya!
Arief Tirtana
08 Sep 2017
Pengobatan
9 Cara Mengobati Sariawan di Lidah agar Tak Perih Lagi
Tsalis Annisa
05 Oct 2018
Pencegahan
Sebelum Terkena, Kenali Penyebab dan Cara Mencegah Sariawan!
Annisa Trimirasti
15 Nov 2017
Gangguan Kesehatan
11 Penyebab Badan Lemas yang Umum Terjadi!
Dedi Irawan
14 Dec 2017
Anak-anak
Bunda, Begini Cara Mengatasi Step pada Anak yang Tepat
Rabbani Haddawi
24 Oct 2018
Gangguan Kesehatan
6 Kelainan pada Otot yang Perlu Kamu Waspadai
Vivi Hermin
30 Sep 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...