• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Tidak hanya merusak hari, suasana hati yang buruk atau bad mood juga berpotensi mengacaukan hidupmu bila dibiarkan terus-menerus. Kamu perlu mengenali berbagai penyebab bad mood agar dapat mengatasinya dengan tepat.

Salah satu alasan *bad mood *sulit diatasi adalah pemicunya yang kerap tidak diketahui. Namun secara garis besar, penyebabnya bisa digolongkan dalam 2 kategori, yaitu faktor fisik dan psikologis. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasannya di bawah ini!

Faktor Psikologis yang Menyebabkan Bad Mood

Bad mood dapat disebabkan oleh kondisi psikologis seperti stres - OkayDoc

Berikut ini adalah sederet penyebab munculnya bad mood yang masuk ke dalam faktor psikologis:

1. Stres dan Gangguan Kecemasan

Kesulitan yang kamu hadapi sehari-hari (seperti dalam pelajaran atau pekerjaan) maupun kejadian tak terduga, tentu dapat mengubah suasana hatimu hingga memicu stres. Jika kamu termasuk orang yang sensitif atau mudah cemas, hal ini dapat memberikan pengaruh yang besar.

Terkadang, rasa gundah, takut, dan khawatir juga dapat muncul tanpa alasan yang jelas. Bila ini terjadi padamu selama setidaknya 6 bulan belakangan, bahkan disertai kesulitan tidur, bisa jadi kamu mengalami gangguan kecemasan umum (generalized anxiety disorder).

Baca Juga: Ini Ciri Kamu Mengalami Gangguan Kecemasan

2. Gangguan Bipolar

Perubahan mood yang dialami oleh orang dengan kondisi ini, umumnya berdurasi lebih lama dan intens. Penderita bisa merasa sangat bahagia di suatu waktu, kemudian merasa terpuruk beberapa saat setelahnya.

Ketika penderita gangguan bipolar mengalami bad mood, tidak jarang imbasnya akan sangat memengaruhi kehidupan sehari-hari hingga mengganggu kemampuannya untuk bekerja.

3. Depresi

Suasana hati seseorang yang mengalami depresi biasanya akan menurun saat pagi hari, lalu membaik di siang hari. Berbeda dengan penderita gangguan bipolar, perubahan suasana hati akibat depresi umumnya tidak terlalu drastis.

Faktor Fisik yang Menyebabkan Bad Mood

Kurang tidur juga dapat menjadi salah satu penyebab bad mood - OkayDoc

Tidak hanya kondisi kejiwaan, faktor fisik dapat pula menjadi pemicu bad mood yang kamu rasakan. Beberapa di antaranya meliputi:

  • Kurang tidur. Tak hanya perubahaan mood, durasi tidur yang kurang juga bisa menyebabkan stres.
  • Flu.
  • Kadar gula darah yang rendah.
  • Infeksi pada telinga.
  • Diabetes.
  • Sakit gigi.
  • Perubahan hormon, terutama terjadi pada usia remaja karena kadar hormon yang belum stabil. Khusus wanita, kehamilan, PMS atau pre menstrual syndrome, dan masa-masa menjelang menopause juga dapat menyebabkan fluktuasi hormon ini.

Hilangkan Bad Mood dengan Cara Ini

Agar bad mood hilang, ceritakan masalahmu ke teman terdekat untuk mengurangi beban - OkayDoc

Cara terbaik untuk menghilangkan *bad mood *adalah dengan mengatasi penyebabnya. Berikut beberapa tips yang mungkin dapat kamu coba:

1. Bercerita pada Orang Terpercaya

Memendam masalah sendirian dapat menyebabkan masalah tersebut terasa lebih berat dari kenyataannya. Kamu dapat mempertimbangkan untuk berbagi cerita dengan orang-orang terdekat, seperti orang tua atau sahabat karibmu.

2. Berolahraga

Olahraga teratur dapat memicu tubuh untuk memproduksi lebih banyak beta-endorfin, yaitu hormon yang mengendalikan stres dan memperbaiki mood. Kamu bisa mulai dari olahraga ringan, seperti jalan santai atau bersepeda.

3. Tidur yang Cukup

Orang dewasa disarankan untuk tidur selama 8 hingga 9 jam setiap harinya. Istirahat yang cukup memang kadang sulit dicapai, namun hal ini penting agar suasana hatimu bisa lebih stabil.

Jika bad mood yang kamu alami disebabkan oleh gangguan psikologis tertentu, kamu dapat melakukan konseling ke dokter spesialis jiwa. Perawatan gabungan antara konsumsi obat untuk mengatur mood dan terapi tertentu umumnya dilakukan untuk mengatasi kondisi ini.

Apabila *bad mood *yang kamu alami disebabkan oleh ketidakseimbangan kadar hormon akibat kondisi medis tertentu, dokter mungkin akan merekomendasikan terapi penggantian hormon. Namun ingatlah bahwa perawatan ini hanya boleh dilakukan oleh tenaga medis profesional.

Baca Juga: Awas, Akibat Kurang Tidur Ini Membuatmu Tua dan Pelupa!

Setelah mengetahui berbagai penyebab *bad mood *serta cara mengatasinya, kamu bisa mulai mencobanya agar suasana hatimu kembali meningkat. Dengan mood yang baik, kamu pun akan makin semangat dalam menjalani hari!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Olahraga Kehamilan
Olahraga untuk Ibu Hamil yang Aman dan Menggembirakan
Dedi Irawan
14 Jul 2017
Kebugaran
Gerakan Senam Aerobik yang Efektif Menurunkan Berat Badanmu
Dewangga
04 Jul 2017
Gangguan Kesehatan
Penyebab Mual Setelah Makan dan Cara Mencegahnya
Vivi Hermin
21 Jun 2018
Remaja
Bully di Sekolah harus Dihentikan, Ini Dampak Terburuknya!
Raditya Wardana
19 Jul 2017
Remaja
Bully di Sekolah harus Dihentikan, Ini Dampak Terburuknya!
Raditya Wardana
19 Jul 2017
Psikologi
Waspadai 6 Tanda Penting di Balik Keinginan Bunuh Diri!
Kevin Jonathan
23 Mar 2018
Psikologi
8 Penyakit Jiwa yang Bisa Saja Terjadi Padamu!
Annisa Trimirasti
06 Oct 2018
Psikologi
Mood Sering Naik Turun? Hati-hati Gangguan Bipolar!
Annisa Trimirasti
24 Nov 2017
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...