• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Penis sulit tegang merupakan ciri utama dari gangguan disfungsi ereksi. Juga dikenal sebagai impotensi, kondisi ini membuat penderitanya kesulitan mengalami dan mempertahankan ereksi untuk melangsungkan fungsi seksual.

Gangguan ereksi bisa diatasi dengan beragam cara, salah satunya dengan mengonsumsi obat-obatan. Namun, konsumsi obat-obatan tersebut tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena dapat menimbulkan efek samping berbahaya.

Jika kamu mengalami kondisi serupa, penting bagimu untuk mengenali penyebabnya agar kamu tidak sembarangan mengonsumsi obat-obatan tersebut.

Apa yang Menyebabkan Penis Sulit Tegang?

penis sulit tegang penyebab okaydoc

Penis sulit tegang bisa disebabkan oleh faktor fisik dan psikologis - OkayDoc

Penyebab penis sulit tegang dapat berasal dari faktor fisik, psikologis, maupun kombinasi keduanya. Beberapa kondisi bahkan meningkatkan risiko terjadinya kesulitan ereksi ini. Kondisi tersebut di antaranya:

  • Menderita penyakit terkait saraf dan pembuluh darah, misalnya penyakit diabetes, hipertensi, atau penyakit jantung.
  • Merokok. Kebiasaan lambat laun akan mengganggu aliran darah, sehingga menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya adalah disfungsi ereksi.
  • Memiliki berat badan berlebih atau obesitas.
  • Pernah menjalani tindakan medis tertentu, misalnya operasi kelenjar prostat atau terapi radiasi pada kanker.
  • Pernah mengalami cedera yang berdampak pada saraf dan pembuluh darah yang mengendalikan ereksi.
  • Menjalani pengobatan tertentu seperti antidepresan, antihistamin, obat-obatan hipertensi, atau gangguan kelenjar prostat.
  • Memiliki masalah psikologis seperti stres, gangguan kecemasan, atau depresi.
  • Mengonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang.

Baca Juga: Sebelum Terlambat, Kenali 6 Penyebab Impotensi Ini

Mengatasi Dampak yang Timbul Akibat Disfungsi Ereksi

penis sulit tegang dampak okaydoc

Gangguan yang kamu alami bisa berdampak pada kualitas hubungan seksual - OkayDoc

Disfungsi ereksi sebenarnya tidak menimbulkan komplikasi pada tubuh. Akan tetapi, kesulitan dalam mencapai ereksi bisa berdampak pada aktivitas seksual bersama pasangan dan kondisi psikologis penderitanya.

Dampak yang dapat timbul di antaranya:

Jika kamu merasa mengalami kondisi ini, langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan menentukan metode penanganan yang tepat berdasarkan penyebabnya.

Kamu bisa disarankan untuk memperbaiki gaya hidup, menjaga berat badan ideal, membatasi konsumsi alkohol, dan berhenti merokok. Jika kondisimu disebabkan oleh konsumsi obat tertentu, maka dokter dapat mengurangi dosis obat-obatan yang menjadi pemicunya atau menggantinya dengan jenis obat yang lain.

Bila kedua cara tersebut tidak membuahkan hasil, kamu dapat mencoba metode lain. Metode tersebut dapat berupa penggunaan alat ereksi vakum atau pompa penis, operasi, konseling untuk mengatasi masalah psikologis, serta konsumsi obat-obatan untuk disfungsi ereksi.

Efek Samping Obat-obatan untuk Disfungsi Ereksi

penis sulit tegang obat okaydoc

Obat untuk mengatasi masalah penis sulit tegang tidak boleh dikonsumsi sembarangan - OkayDoc

Penggunaan obat-obatan untuk disfungsi ereksi dapat menimbulkan efek samping, bahkan berpotensi membahayakan kesehatan. Oleh sebab itu, kamu harus berkonsultasi dengan dokter mengenai efek samping obat-obatan tersebut sebelum mengonsumsinya.

Beberapa jenis obat untuk disfungsi ereksi bekerja dengan meningkatkan aliran darah di sekitar area penis. Efek samping yang berbahaya dapat terjadi akibat interaksi atau reaksi dengan obat-obatan lain dalam tubuh.

Obat disfungsi ereksi termasuk golongan PDE inhibitor dan tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan yang mengandung nitrogliserin (misalnya pada penderita penyakit jantung).

Pengguna obat-obatan pengencer darah, penurun tekanan darah, serta pembesaran kelenjar prostat juga harus berhati-hati dalam mengonsumsi obat disfungsi ereksi.

Pasalnya, interaksi antara PDE inhibitor dan obat-obatan tersebut bisa menurunkan tekanan darah hingga tingkat yang membahayakan keseluruhan fungsi tubuh. Selain itu, kamu juga dapat mengalami efek samping seperti:

  • hidung tersumbat
  • sakit kepala
  • gangguan penglihatan dan pendengaran
  • gangguan pencernaan

Baca Juga: Ragam Cara Mengatasi Impotensi: Alami, Medis, hingga Herbal

Guna mengatasi masalah penis sulit tegang, mungkin tak sedikit orang yang mengandalkan konsumsi obat-obatan. Padahal, semua jenis obat harus dikonsumsi secara hati-hati dengan memperhatikan riwayat kesehatan penggunanya.

Pastikan kamu hanya mengonsumsi obat yang dianjurkan dokter. Selain itu, kamu juga harus memberitahu dokter bila merasakan efek samping yang mengganggu. Hal ini akan mencegah dampak lebih lanjut yang memperparah kondisi kesehatanmu.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Organ Reproduksi
Pria, Kenali Ciri-ciri Impotensi Berikut Ini!
Diah Ayu Lestari
21 Aug 2018
Gangguan Kesehatan
Sebelum Terlambat, Kenali 6 Penyebab Impotensi Ini
Annisa Trimirasti
21 Oct 2017
Kebugaran
Apakah Air Minum Kamu Sudah Bebas Bakteri Dan Parasit?
Tsalis Annisa
05 Oct 2018
Pasangan
Hubungan Intim Lebih Nikmat, Cobalah 5 Teknik Foreplay Ini!
Diah Ayu Lestari
13 Jul 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...