• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Batuk yang disertai dengan dahak tentu dapat menganggu aktivitas, apalagi jika dahak sulit dikeluarkan. Namun jangan khawatir, masih ada pengencer dahak alami yang bisa kamu coba.

Dahak adalah sejenis lendir yang diproduksi oleh saluran pernapasan. Sesungguhnya, adanya dahak merupakan hal normal sebagai salah satu cara tubuh untuk menjaga kebersihan saluran ini.

Namun, saat seseorang sedang sakit, jumlah dahak cenderung berlebih dan konsistensinya mengental sehingga kerap mengganggu. Pengencer dahak dapat membantumu mengurangi rasa tidak nyaman tersebut.

Apa itu Pengencer Dahak?

pengencer-dahak-alami-apa-itu-dahak-okaydoc

Pengencer dahak merupakan zat yang dapat mengencerkan konsistensi dahak - OkayDoc

Pengencer dahak atau biasa disebut ekspektoran merupakan zat yang dapat mengencerkan konsistensi dahak. Zat ini membuat dahak dapat keluar lebih mudah lewat batuk.

Meski begitu, ekspektoran tidak membantu mengatasi infeksi yang mungkin menjadi penyebab produksi dahak berlebih. Zat ini hanya membantu meringankan gejala sehingga kamu merasa lebih nyaman, terutama ketika beristirahat.

Cara Mengencerkan Dahak Secara Alami

Tidak melulu harus menggunakan bantuan obat kimia, masih ada bahan alami yang bisa kamu temukan di rumah dan dapat mengencerkan dahak. Berikut beberapa di antaranya:

1. Madu

Selain rasanya yang enak, madu juga dapat membantu mengatasi produksi dahak yang berlebihan dalam tenggorokan.

Sebuah studi menunjukkan, menggunakan madu sebagai ramuan untuk meredakan batuk berdahak pada anak-anak berhasil membantu proses penyembuhan dan membuat mereka tidur lebih nyenyak.

Agar manfaat optimal, kamu bisa memberikan 1-2 sendok teh madu sekitar 30 menit sebelum tidur. Namun ingat, jangan berikan madu pada anak yang berusia di bawah 1 tahun.

2. Daun Peppermint

Peppermint dipercaya bisa membantu melegakan tenggorokan dan meredakan batuk. Pasalnya, bahan ini mengandung senyawa mentol yang dapat mengencerkan lendir.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa menyajikannya dalam bentuk teh. Caranya mudah, cukup seduh beberapa lembar daun peppermint segar dalam air panas.

Meski begitu, tetap waspada akan kemungkinan reaksi alergi ketika mengonsumsi atau menggunakan bahan yang satu ini.

pengencer-dahak-alami-daun-peppermint-okaydoc

Senyawa mentol pada daun peppermint dipercaya dapat membantu mengencerkan dahak - OkayDoc

3. Berkumur dengan Air Garam

Meski tampak sederhana, berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan setengah sendok teh garam dapat membantu mengeluarkan dahak yang menumpuk di bagian belakang tenggorokan.

Akan tetapi, kamu perlu memerhatikan pemberian larutan kumur air garam pada anak di bawah usia 6 tahun. Pasalnya, mungkin saja ramuan ini membuatnya tersedak.

4. Menambah Asupan Air

Memperbanyak asupan air terutama saat batuk dan pilek merupakan cara paling sederhana untuk mengecerkan dahak. Pasalnya, tubuh yang terhidrasi dapat berfungsi dengan lebih baik.

Sumber air tak hanya harus air mineral, kamu juga bisa menyesap berbagai minuman hangat lainnya seperti teh herbal yang dapat membantu meredakan batuk.

Namun, hindari minuman yang mengandung kafein ataupun alkohol ketika sedang batuk. Pasalnya, kedua minuman ini justru dapat memperparah kondisi.

Baca Juga: 6 Cara Mengencerkan Dahak di Tenggorokan yang Efektif

Bila rasa mengganjal akibat dahak yang kamu alami termasuk ringan, kamu bisa mencoba sederet pengencer dahak alami di atas.

Akan tetapi, jika dahak tak kunjung hilang atau justru semakin parah, apalagi disertai demam atau sesak napas, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Selamat mencoba!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...