• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Beberapa makanan bisa menjadi pantangan cacar air karena dapat memperlambat proses penyembuhan atau mengiritasi luka yang sudah ada. Karena umumnya penderita cacar air adalah anak-anak, hal ini sebaiknya diketahui oleh orang tua.

Penyakit cacar air paling umum terjadi pada anak-anak. Penyakit ini juga merupakan penyakit infeksius (mudah menular). Untungnya, penyakit ini umumnya bersifat ringan dan dapat menghilang dalam waktu sekitar seminggu.

Kenali Gejala Cacar Air Terlebih Dahulu

gejala cacar air OkayDoc

Bintik merah yang muncul di bagian tubuh dan wajah dapat menjadi salah satu gejala cacar air - OkayDoc

Meski cacar air dapat bersifat ringan, pada beberapa orang kondisi ini mungkin bisa bersifat serius seperti pada ibu hamil, bayi baru lahir, dan mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Gejala dari penyakit ini umumnya akan mulai muncul setelah penderita terinfeksi selama 1 hingga 3 minggu. Gejala utama cacar air berupa ruam yang akan muncul melalui 3 tahap di bawah ini:

Ruam atau bintik merah yang timbul di wajah atau dada, kemudian menyebar ke bagian lain.

Luka bernanah yang akan muncul beberapa jam kemudian atau keesokan harinya. Gelembung berisi cairan yang sangat gatal juga akan timbul di atas bintik-bintik tersebut.

Kemudian, terbentuk bercak kering beberapa hari berikutnya. Selanjutnya, bercak kering ini akan hilang perlahan selama 1 hingga 2 minggu berikutnya.

Selain ruam dan bercak, gejala yang dapat terjadi antara lain demam tinggi, nyeri-nyeri otot dan sendi, serta kehilangan nafsu makan.

Sekarang kamu sudah tahu apa saja gejala cacar air, bukan? Tapi jangan asal mendiagnosisnya sendiri ya. Kamu tetap perlu memeriksakan dirimu secara langsung ke dokter.

> Konsultasi Terkait > > "Dok, anak saya terkena cacar sudah hampir 6 hari , tapi di hari ke 5 bintil-bintil cacarnya berisi nanah semua, apakah itu hal yang normal dok? bukankah seharusnya dari hari" itu cacarnya mulai mengering ya dok? kira-kira harus diapakan ya dok kalo bernanah seperti itu? terima kasih dok" > > Jawaban Dokter

Baca Juga: Hati-Hati, Cacar Air Bernanah Bisa Jadi Tanda Komplikasi

Inilah 5 Makanan Pantangan Cacar Air

makanan pantangan cacar air OkayDoc

Buah asam seperti jeruk dianggap sebagai buah yang disarankan dihindari saat cacar - OkayDoc

Setelah melakukan pemeriksaan, dokter tentu akan memberikan obat untuk mengatasi cacar air. Nah, agar penyakit cacar air lebih cepat sembuh dan rasa sakitnya tidak makin menjadi, beberapa jenis makanan di bawah ini disarankan kamu hindari:

1. Makanan Tinggi Kandungan Lemak Jenuh

Sebaiknya hindari makanan kaya kandungan lemak jenuh seperti daging merah dan produk susu dengan lemak.

Makanan jenis ini bisa memicu terjadinya peradangan lebih lanjut, memperparah ruam, dan memperlambat penyembuhan. Selain itu, pilih produk susu rendah lemak dibanding susu full cream.

2. Buah-buahan Sitrus

Mengonsumsi buah yang mengandung sitrus mungkin akan mengiritasi luka cacar air pada mulut atau tenggorokan. Kandungan asam di dalam buah jeruk-jerukan ini justru bisa membuat proses penyembuhan melambat dan menimbulkan nyeri hebat.

Beberapa makanan yang mengandung asam sitrat seperti permen atau obat tetes tenggorokan juga sebaiknya dihindari karena bisa menimbulkan efek serupa.

buah yang mengandung sitrus OkayDoc

Makanan pedas disarankan dihindari karena dapat mengiritasi luka di dalam mulut - OkayDoc

3. Makanan Pedas dan Asin

Rasa pedas dan asin dari makanan bisa mengiritasi luka di selaput lendir mulut dan tenggorokan. Apalagi jika makanan tersebut dikonsumsi saat panas.

4. Makanan Mengandung Arginin

Cokelat, kacang tanah, biji-bijian, dan kismis mengandung senyawa arginin, yaitu asam amino yang bisa mendukung perkembangbiakan virus. Maka dari itu, hindari makanan ini saat cacar air.

5. Lemak trans

Makanan olahan yang umumnya mengandung lemak trans juga sebaiknya dihindari oleh penderita cacar air karena bisa meningkatkan proses peradangan pada luka. Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari adalah sereal, roti, biskuit, kerupuk, dan keripik.

Pantangan Cacar Air Lain yang Wajib Dilakukan

-Menggaruk justru dapat mempermudah kuman masuk sehingga infeksi sekunder mungkin terjadi Okaydoc

Selain menghindari beberapa makanan di atas, beberapa tindakan di bawah ini juga tidak dianjurkan saat seseorang mengalami cacar air:

Menggaruk Luka

Meski tergoda untuk menggaruk luka, sebaiknya hindari aktivitas ini. Selain dapat meninggalkan bekas luka, menggaruk juga mempermudah kuman masuk sehingga infeksi sekunder lebih mungkin terjadi.

Mengenakan Pakaian Ketat

Pakaian ketat cenderung membuat kulit sulit bernapas, sehingga dapat menyebabkan luka semakin gatal. Padahal, menggaruk luka bisa memicu infeksi. Oleh sebab itu, kenakanlah pakaian yang longgar agar membuatmu lebih nyaman.

Kurang Minum Air

Tidak mencukupi kebutuhan cairan tubuh dianggap dapat memperlambat proses penyembuhan cacar air. Cobalah perbanyak minum air mineral dan hindari minuman manis maupun soda.

Baca Juga: Cara Pengobatan Cacar Air Bernanah Tanpa Komplikasi

Meski umum terjadi dan dalam beberapa kasus cacar air dapat sembuh dengan sendirinya, sebaiknya kamu tidak menganggap remeh kondisi ini. Pasalnya, pada kondisi tertentu, cacar air dapat menimbulkan komplikasi yang berat.

Jadi, segera periksakan diri ke dokter jika mengalami beberapa gejala di atas. Selain itu, jangan lupa untuk menghindari berbagai pantangan cacar air di atas, meminta saran seputar hal ini juga disarankan

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Kulit
Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air dengan Obat dan Alami
Eka Aulia
06 Oct 2018
Gangguan Kesehatan
Waspadai Ciri-Ciri Cacar Air agar Bisa Ditangani dengan Tepat!
Rabbani Haddawi
20 Jul 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...