• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Rasa nyeri akibat serangan penyakit asam urat (artritis gout) bisa mengganggu aktivitas bahkan terasa menyiksa ketika kamu sedang diam dan tidak menggerakan sendi. Sebagai usaha meredakannya, cobalah pertimbangkan konsumsi obat tradisional asam urat dengan bijak.

Gejala penyakit asam urat bisa menyerangmu tiba-tiba. Serangannya lebih banyak terjadi di malam hari. Persendian yang sering terkena gejala nyeri antara lain sendi jari kaki, tumit, pergelangan kaki, lutut, tangan, pergelangan tangan dan siku. Bahkan, sendi yang terkena umumnya mengalami pembengkakan serta kemerahan.

Kenali Dulu Penyebab Asam Urat Bisa Melebihi Batas Normal!

obat tradisional asam urat yang perlu dikonsumsi.jpg

Konsumsi makanan tinggi purin dapat memicu peningkatan kadar asam urat - OkayDoc

Asam urat adalah senyawa yang terbentuk dari pemecahan purin. Asam ini dibawa oleh darah kemudian melewati ginjal. Sebagian besar akan tersaring dan dikeluarkan melalui urine. Sementara, purin sendiri merupakan senyawa yang banyak terkandung dalam makanan seperti sajian laut, daging merah, atau jeroan.

Sebenarnya kadar asam urat yang melebihi batas normal tidak selalu menimbulkan gejala. Gejala nyeri terjadi karena terbentuknya kristal akibat penumpukan asam urat dalam jangka panjang.

Gout lebih sering terjadi pada pria dan paling banyak pada wanita pasca menopause. Penyebab paling umum dari meningkatnya kadar asam urat adalah ginjal tidak membuang senyawa ini secara efisien akibat kebiasaan konsumsi makanan tinggi purin, berat badan berlebih, diabetes, penggunaan obat diuretik, atau konsumsi alkohol.

Faktor lainnya mungkin juga berpengaruh seperti genetik, riwayat gangguan kelenjar tiroid, konsumsi obat penekan sistem imun, efek samping kemoterapi, psoriasis, hingga gagal ginjal.

Redakan Gejala Gout dengan Obat Tradisional Asam Urat Ini

jus ceri sebagai obat tradisional asam urat.jpg

Konsumsi jus ceri untuk membantumu mengendalikan kadar asam urat secara alami - OkayDoc

Dalam usaha meredakan gejala nyeri dan peradangan pada sendi, pengobatan tradisional mungkin bisa kamu pertimbangkan. Berikut ini beberapa jenisnya:

1. Seledri

Obat tradisional asam urat pertama adalah ekstrak biji seledri atau jus seledri. Sebuah penelitian memaparkan bahwa seledri kaya akan beragam antioksidan seperti caffeic acid, vitamin A, C, serta apiein, dan apigenin.

Antioksidan yang terkandung membuat seledri dipercaya dapat mengatasi nyeri sendi akibat serangan penyakit asam urat. Ekstrak biji tanaman ini juga telah banyak ditemui dalam suplemen berbentuk kapsul. Selain itu, guna memperoleh manfaatnya kamu juga bisa secara rutin mengonsumsi jus seledri.

2. Jus Ceri

Jenis ceri baik merah atau hitam bahkan berasa manis atau asam bisa kamu konsumsi untuk meredakan gejala penyakit asam urat yang mengganggu. Sebuah penelitian memaparkan jika konsumsi jus ceri dapat menurunkan frekuensi serangan penyakit asam urat pada seseorang.

Ceri mengandung antioksidan dan tinggi vitamin C yang baik untuk meredakan peradangan. Berbagai penelitian menyarankan kamu untuk mengonsumsi ceri yang terbagi ke dalam tiga porsi setidaknya selama dua hari. Hindari konsumsi berlebihan karena bisa menimbulkan efek samping pada saluran cerna.

jahe sebagai salah satu obat tradisional asam urat.jpg

Jahe dipercaya dapat membantu kamu meredakan rasa nyeri karena gout - OkayDoc

3. Jahe

Jahe memiliki manfaat anti inflamasi dan dapat digunakan sebagai salah satu obat tradisional meredakan nyeri akibat penyakit asam urat. Rimpang ini dapat dikonsumsi dengan cara merebusnya dan kemudian meminum air rebusan ini setelah didinginkan.

Selain merebusnya, kamu juga bisa menyerut atau menumbuk jahe, mencampurkannya dengan sedikit air dan mengoleskannya pada area sendi yang sakit. Biarkan sekitar 30 menit.

Baca Juga: 9 Manfaat Jahe untuk Kesehatan yang Begitu Menjanjikan

4. Cuka Apel

Cuka apel adalah salah satu bahan yang dipercaya dapat mengatasi penyakit asam urat secara alami. Keasaman dalam cuka apel dinilai bisa membantu meredakan sakit dan mengurangi peradangan. Keasaman ini juga dianggap memengaruhi pH urine. Semakin tinggi pH urine, maka semakin banyak juga asam urat yang bisa dikeluarkan dari dalam tubuh.

Caranya, cukup tambahkan satu sendok teh cuka sari apel dalam segelas air dan minum sebelum tidur. Kamu bisa menambahkan sedikit madu untuk memberikan sensasi rasa manis.

5. Lemon

Sebuah studi memaparkan bahwa mengonsumsi air lemon selama 6 minggu dapat menurunkan level asam urat dalam darah dan membuat buah ini berpotensi digunakan sebagai penanganan gout secara alami.

Studi tersebut mengatakan, manfaat tersebut diteliti pada seseorang yang menderita gout dan mengonsumsi 2 L air mineral yang sudah dicampur dengan air perasan 2 buah lemon setiap harinya. Namun, penderita gout yang mengikuti penelitian ini tetap mengonsumsi obat penurun asam urat.

Baca Juga: Cara Mengobati Asam Urat secara Alami yang Mudah Dilakukan

Perlu diingat, kamu harus mengonsumsi beragam obat tradisional asam urat tersebut dalam jumlah yang wajar. Konsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping seperti gangguan saluran cerna.

Segera konsultasi dengan dokter apabila pembengkakan dan nyeri sendi disertai keluhan lain seperti demam tinggi. Mintalah bantuan dokter segera jika nyeri asam urat tidak berkurang setelah satu minggu.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...