• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Rasa sakit yang timbul di pinggang bisa berasal dari nyeri otot, nyeri saraf, arthritis, atau penyakit lainnya. Untuk mengatasi rasa nyeri pada pinggangmu, tidak ada salahnya kamu mencoba obat sakit pinggang alami dari berbagai macam tanaman herbal.

Ada banyak pilihan tanaman dan rempah yang dipercaya bermanfaat sebagai beragam obat alami untuk sakit pinggang. Yuk, pelajari tanaman apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk meredakan sakit pinggangmu!

1. Daun Kumis Kucing

obat-sakit-pinggang-alami-isi1-OkayDoc.jpg

Tanaman kumis kucing dipercaya bisa meredakan sakit pinggang secara alami - OkayDoc

Sejak dulu, masyarakat Indonesia percaya bahwa tanaman kumis kucing mampu menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan ginjal dan kandung kemih. Tanaman ini juga dikatakan bisa mengurangi nyeri dari sakit pinggang.

Meski manfaat yang disebutkan di atas masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, keampuhan kumis kucing dikaitkan dengan tingginya kandungan senyawa dengan dampak efek baik terhadap tubuh. Di antaranya adalah genkosid orthosifonin, asam lemak, minyak atsiri, minyak nabati, saponin, sapofonin, dan garam kalium.

2. Kunyit

obat-sakit-pinggang-alami-isi2-OkayDoc.jpg

Kandungan kurkumin dalam kunyit diyakini dapat mengurangi sakit pinggang - OkayDoc

Rempah-rempah yang banyak digunakan untuk memasak dan bahan jamu ini ternyata diklaim dapat membantu meringankan arthritis, sakit maag, dan peradangan.

Meski masih membutuhkan penelitian lebih lengkap, beberapa ahli meyakini bahwa kandungan kurkuminnya yang bersifat anti-inflamasi bisa membantu meringankan sakit pinggang. Tidak heran, kunyit dinilai sebagai obat sakit pinggang alami yang mudah diolah sendiri di rumah.

Secara umum, kunyit dinilai aman untuk dikonsumsi. Tetapi perlu diperhatikan bahwa konsumsinya dengan dosis tinggi atau dalam jangka panjang berisiko memicu gangguan pencernaan. Selain itu, orang-orang dengan penyakit kantong empedu disarankan untuk menghindari mengonsumsinya.

3. Jahe

obat-sakit-pinggang-alami-isi3-OkayDoc.jpg

Jahe sering dipakai sebagai ramuan untuk meringankan sakit pinggang - OkayDoc

Jahe adalah herba yang populer di kalangan penyuka obat tradisional. Bahan masakan ini sering digunakan untuk meredakan mual dan meningkatkan nafsu makan bagi orang yang mengalami gangguan pencernaan.

Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, ekstrak jahe juga dipercaya dapat meringankan sakit pinggang. Hal ini karena jahe mengandung fitokimia, yaitu senyawa yang bisa membantu mengurangi peradangan pada otot dan sendi.

4. Minyak Eucalyptus

obat-sakit-pinggang-alami-isi4-OkayDoc.jpg

Minyak dari eucalyptus akan memberikan sensasi dingin pada kulit serta mengurangi rasa sakit di pinggang - OkayDoc

Kebanyakan orang umumnya sering mendengar eucalyptus digunakan untuk mengatasi flu dan batuk. Namun tanaman ini bisa pula membantu mengatasi sakit pinggang dan punggung secara alami.

Cukup oleskan minyak dari daun eucalyptus pada bagian yang terasa sakit. Minyak ini akan memberikan sensasi rasa dingin pada kulit.

Kandungan zat tanin di dalamnya juga akan bereaksi mengurangi rasa sakit pada bagian yang mengalami peradangan atau pembengkakan.

5. Lidah Buaya

obat-sakit-pinggang-alami-isi5-OkayDoc.jpg

Daging lidah buaya dapat digunakan untuk meredakan sakit pada bagian pinggang  - OkayDoc

Di samping manfaatnya dalam penanganan luka bakar, lidah buaya diduga bermanfaat pula untuk membantu meredakan rasa sakit pinggang yang berkaitan dengan arthritis. Tanaman ini sering disertakan sebagai komposisi dalam bentuk oles guna meredakan nyeri pada sendi.

Baca Juga:  Cara Mengobati Sakit Pinggang yang Benar Ini Patut Dicoba!

6. Jahe Merah

obat-sakit-pinggang-alami-isi6-OkayDoc.jpg

Minuman hangat dari jahe merah dipercaya bisa membantumu untuk rileks - OkayDoc

Jahe merah mengandung gingerol, zingeron, dan shogaol dengan kadar tinggi. Zat-zat tersebut diduga bisa mengurangi rasa nyeri dan bersifat anti-inflamasi.

Meski masih membutuhkan uji klinis yang lebih luas. Dalam bentuk minuman hangat, jahe jenis ini juga dapat memberikan efek hangat dalam tubuh yang akan membuatmu rileks.

7. Bawang Putih

obat-sakit-pinggang-alami-isi7-OkayDoc.jpg

Di samping sebagai bumbu masak, bawang putih bisa diolah menjadi balsem pereda sakit pinggang - OkayDoc

Selain biasa digunakan untuk menyuburkan rambut dan membantu menghilangkan jerawat, bawang putih kerap dimanfaatkan sebagai obat sakit pinggang alami.

Caranya mengolahnya tidak sulit. Campuran jahe merah, bawang putih, dan bubuk cabai secukupnya, dapat diolah menjadi balsem yang dioleskan untuk membantu meredakan rasa sakit.

8. Kulit Pohon Gandarusa

obat-sakit-pinggang-alami-isi8-OkayDoc.jpg

Minyak kandungan senyawa salisin di dalam kulit pohon ini memiliki efek yang mampu meredakan berbagai jenis rasa nyeri, termasuk sakit pinggang - OkayDoc

Sebuah studi mengemukakan bahwa kulit pohon gandarusa (willow bark) memiliki manfaat mengurangi sakit pinggang atau punggung bagian bawah.

Tanaman yang juga disebut dedalu ini mengandung senyawa salisin yang memiliki efek menyerupai aspirin. Tidak heran kulit pohon gandarusa sering digunakan meredakan berbagai rasa nyeri, mulai dari sakit kepala, kram otot, sampai rematik. Meski demikian, manfaat ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. 

9. Peterseli

obat-sakit-pinggang-alami-isi9-OkayDoc.jpg

Mengonsumsi daun peterseli dikatakan baik untuk menjaga kesehatan organ ginjal - OkayDoc

Pada beberapa penanganan dengan herba, peterseli atau tanaman bernama ilmiah petroselinum crispum ini dikatakan dapat mencegah sakit pinggang. Utamanya, sakit pinggang yang berhubungan dengan gangguan ginjal. Pasalnya, daun ini dinilai baik untuk menjaga kesehatan organ ginjal. 

Mengonsumsi daun peterseli mampu memberikan efek diuretik. Efek diuretik memicu tubuh untuk membuang urine sehingga membantu membuang racun atau kadar garam berlebihan pada tubuh melalui ginjal. Namun jika sejak awal kamu sudah memiliki gangguan fungsi ginjal, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya. 

10. Devil’s Claw

obat-sakit-pinggang-alami-isi1-OkayDoc.jpg

Ekstrak devil’s claw saat ini sedang dikembangkan menjadi obat minum untuk mengatasi nyeri - OkayDoc

Tanaman ini sejak lama sering digunakan untuk berbagai kondisi kesehatan, termasuk sakit pinggang, sakit sendi akibat penyakit asam urat, maupun nyeri otot. 

Dalam menangani sakit pinggang, saat ini sedang dikembangkan studi yang menggunakan ekstrak devil’s claw untuk diolah menjadi obat minum untuk mengatasi nyeri. Semoga sebentar lagi kita bisa menikmati hasilnya, ya.

11. Cabai Cayenne

obat-sakit-pinggang-alami-isi2-OkayDoc.jpg

Kandungan capsaicin pada cabai memiliki sifat pereda nyeri - OkayDoc

Cayenne termasuk dalam genus bernama capsicum. Tanaman jenis capsicum mengandung capsaicin, yaitu senyawa yang memberikan rasa pedas.

Di samping sensasi pedas, capsaicin bisa digunakan sebagai pereda sakit alami (termasuk untuk sakit pinggang). Kamu bisa mendapatkannya dalam bentuk krim maupun koyo.

Obat Sakit Pinggang Alami OkayDoc berenang.jpg

Olahraga sederhana, seperti berenang, dapat membantu dalam meringankan sakit pinggangmu - OkayDoc

Selain dengan obat alami, kamu juga bisa melakukan sederet langkah di bawah ini agar sakit pinggangmu bisa berkurang:

  • Meski sakit pinggang, janganlah terus berbaring. Bila sakit pinggangmu tidak parah, kamu bisa mencoba olahraga ringan agar otot-ototmu tidak kaku. Misalnya, jalan kaki atau berenang. Kamu juga bisa melakukan peregangan, seperti yoga.
  • Menempelkan kompres hangat atau dingin pada bagian yang sakit. Kompres hangat akan membuat otot-otot menjadi rileks, sementara kompres dingin akan memberikan sensasi kebas dan menurunkan tingkat pembengkakan sehingga mengurangi nyeri. Kamu bisa menggunakan kompres dingin pada 48 jam pertama pascacedera, kemudian menggantinya menjadi kompres hangat.
  • Memperbaiki postur tubuh, misalnya berdiri dengan tegap dan berjongkok dulu ketika hendak mengangkat beban dari lantai.
  • Membuat tempat kerja agar lebih ergonomis. Terlalu lama duduk atau membungkuk (misalnya untuk mengetik) bisa saja menyebabkan sakit pinggang, khususnya pada pekerja kantoran. Jadi, aturlah agar posisi meja, kursi, maupun komputermau agar lebih ergonomis dan nyaman untuk pinggangmu.
  • Menjaga berat badan agar berada pada batas angka ideal. Berat badan yang terjaga dengan baik akan mengurangi beban pada tulang maupun sendimu.

Baca Juga: Sering Sakit Pinggang Belakang? Waspadai Penyebabnya!

Sakit pinggang tentu membuatmu tidak nyaman. Untuk mengatasinya, ragam obat sakit pinggang alami di atas mungkin bisa kamu coba. Namun ingatlah bahwa sebagian besar herba tersebut belum melalui penelitian klinis secara meluas. Jadi, kamu harus tetap berhati-hati agar tidak menggunakannya secara berlebihan.

Kamu juga bisa melakukan peregangan, memperbaiki postur tubuh, serta menjaga berat badan tetap ideal untuk mengurangi rasa sakit. Namun bila sakit pinggang masih terasa setelah menanganinya secara mandiri, segera konsultasikan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga cepat sembuh!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Gangguan Kesehatan
Kenali Ragam Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Ini!
Dedi Irawan
10 Aug 2018
Gangguan Kesehatan
8 Cara Mengobati Sakit Pinggang yang Benar Ini Patut Dicoba!
Maya Ligina
07 Sep 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...