• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Tidak ada yang senang ketika sakit gigi menyerang. Gigi akan nyeri hebat, berdenyut dan ngilu. Jika sudah parah, bisa disertai gejala gusi bengkak dan bernanah. Tapi tenang ya, kamu dapat mengandalkan obat sakit gigi alami untuk mencegahnya.

Jika dibiarkan, semakin lama nyeri pada gigi akan terasa semakin berat. Terkadang nyeri hilang timbul dan membuat kamu tersiksa saat mengunyah makanan. Infeksi berat pada gigi juga bisa menimbulkan gejala tambahan seperti demam. Siapapun yang mengalami gejala di atas pasti ingin segera mengobatinya kan?

Daripada bertambah parah dan membuat perasaan kamu semakin tidak keruan, cobalah beberapa jenis tanaman yang berkhasiat dan cara alami untuk meredakan sakit gigi berikut ini:

1. Bawang Putih

obat sakit gigi alami bawang putih

Sifat antibakteri dari bawang putih dapat digunakan untuk menangani nyeri pada gigi - OkayDoc

Bawang putih dapat digunakan sebagai bahan obat sakit gigi alami. Kandungan senyawa di dalamnya dapat membunuh bakteri penyebab plak gigi sekaligus meredakan nyeri dan ngilu yang melanda.

Untuk menggunakannya sebagai obat, lembutkan bawang putih dan tambahkan sedikit garam hingga terbentuk pasta. Kemudian tempelkan pasta bawang putih dengan bantuan bola kapas di bagian gigi yang sakit.

2. Cengkeh

cengkeh obat untuk sakit gigi alami

Minyak cengkeh telah banyak digunakan untuk meredakan sakit gigi - OkayDoc

Cengkeh mengandung senyawa eugenol yang dapat berfungsi sebagai zat pengurang nyeri alami. Minyak cengkeh banyak digunakan sebagai obat sakit gigi karena mampu mengurangi peradangan pada gusi dan menghilangkan rasa sakit yang timbul.

Cukup oleskan minyak cengkeh pada area yang sakit dengan bantuan bola kapas. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam segelas air dan menggunakannya sebagai obat kumur. Mudah bukan?

3. Kunyit

kunyit sebagai obat sakit gigi alami

Pasta kunyit dapat menjadi pilihan obat sakit gigi alami - OkayDoc

Selain untuk mengobati jerawat, kunyit dapat digunakan untuk meredakan rasa nyeri pada gigii. Kunyit mengandung senyawa curcumin yang memiliki banyak khasiat seperti antibakteri, antioksidan, dan antiradang.

Kamu bisa mencampurkan satu sendok teh bubuk kunyit dengan sedikit air. Gosok dan bersihkan gigimu. Setelah itu, oleskan pasta yang terbentuk pada gigi yang sakit. Diamkan pasta selama 15 sampai 20 menit.

Selain cara di atas, kamu bisa mencoba cara lainnya. Campurkan satu sendok teh bubuk kunyit dengan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Gunakan air tersebut sebagai obat kumur. Lakukanlah proses berkumur ini sebanyak dua kali di pagi dan malam hari.

4. Daun Jambu Biji

daun jambu biji untuk obat sakit gigi alami

Obat kumur dari daun jambu biji dapat kamu gunakan untuk menangani nyeri gigi -OkayDoc

Daun jambu biji dikenal memiliki khasiat antiradang dan dapat membantu menjaga kesehatan mulut. Sebagai obat sakit gigi tradisional, kunyah daun jambu biji segar atau didihkan daun jambu lalu gunakan airnya sebagai obat kumur.

Baca Juga: Cara Mengobati Gigi Berlubang agar Tak Dihantui Komplikasi

5. Daun Timi

daun timi sebagai obat sakit gigi alami

Minyak daun timi sebagai obat sakit gigi - OkayDoc

Selain daun jambu biji, daun timi juga memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang dapat membantu mengobati sakit gigi. Oleskan beberapa tetes minyak daun timi dengan menggunakan bola kapas pada gigi yang terasa berdenyut.

Cara lainnya, tambahkan beberapa tetes minyak daun timi ini ke dalam segelas air. Kemudian, gunakan larutan minyak tersebut sebagai obat kumur.

6. Rumput Gandum

rumput gandum untuk obat sakit gigi alami

Jus rumput gandum atau wheatgrass ternyata bermanfaat meredakan infeksi gigi - OkayDoc

Rumput gandum atau disebut juga wheatgrass dapat digunakan untuk mengurangi infeksi pada gigi dan menyembuhkan peradangan yang terjadi pada gusi. Kandungan klorofil yang tinggi menjadi alasan mengapa tanaman ini mampu mencegah perkembangan bakteri penyebab infeksi gigi.

Sebagai obat, gunakan jus rumput gandum untuk berkumur dua kali sehari yaitu pada pagi dan malam.

7. Larutan Air Garam

obat sakit gigi alami

Cobalah berkumur dengan larutan air garam untuk meredakan nyeri gigi - OkayDoc

Berkumur dengan larutan air garam adalah cara alami yang sudah banyak diterapkan. Cara ini merupakan salah satu pengobatan alami yang efektif untuk meredakan nyeri nyut-nyutan pada gigi.

Larutan air garam dapat berfungsi sebagai antibakteri. Selain itu, larutan garam membantu menyingkirkan sisa-sisa makanan pada gigi berlubang. Larutan ini juga dapat mengurangi kondisi peradangan dan luka di area dalam mulut.

Cara membuatnya sangat mudah. Larutkan setengah sendok teh bubuk garam ke dalam segelas air hangat. Lalu berkumurlah dengan perlahan. Hindari menelan larutan air garam yang kamu gunakan untuk berkumur.

8. Daun Seribu

obat sakit gigi alami daun seribu

Daun seribu adalah salah satu tanaman yang bisa dijadikan obat sakit gigi alami - OkayDoc

Tanaman lain yang bisa digunakan sebagai obat sakit gigi alami adalah daun seribu atau nama latinnya Achillea millefolium. Kandungan asam salisilat di dalamnya dipercaya dapat membantu meredakan peradangan pada area mulut.

Kamu bisa memanfaat minyak tanaman daun seribu dan menggosokan atau menempelkannya pada area gigi dan gusi yang sakit. Selain bagian daun, akar tanaman ini juga dapat dikunyah dan dimanfaatkan untuk mengurangi rasa sakit pada gigi. Namun, sebelum mengunyahnya, cucilah terlebih dahulu sampai benar-benar bersih.

Baca Juga: Cara Mengatasi Sakit Gigi agar Nyeri Nyut-nyutan Reda!

9. Lidah Buaya

lidah buaya sebagai obat sakit gigi alami

Gel lidah buaya dapat juga membunuh kuman penyebab kerusakan gigi - OkayDoc

Selain segudang efeknya untuk kulit dan kecantikan, gel lidah buaya ternyata bisa juga diandalkan sebagai obat sakit gigi alami. Cobalah ambil gel tanaman lidah buaya dan tempelkanlah dengan bantuan kapas pada gigi yang berlubang atau gusi yang terasa berdenyut.

Kamu juga bisa menempelkan gel lidah buaya pada area gusi yang nyeri akibat tumbuhnya gigi geraham bungsu. Sebuah studi menunjukkan efek antibakteri yang ada pada lidah buaya juga mampu membunuh kuman penyebab kerusakan gigi.

10. Daun Mint

daun mint adalah obat sakit gigi alami

Ekstrak daun mint bisa digunakan untuk meredakan nyeri berdenyut pada gigi - OkayDoc

Tanaman selanjutnya yang bisa kamu gunakan sebagai obat sakit gigi adalah daun mint. Daun mint atau disebut juga Mentha piperita mengandung berbagai senyawa yang dapat meredakan rasa nyeri gigi dan mengurangi terjadinya peradangan.

Oleskan bola kapas yang telah direndam ekstrak daun mint pada bagian gusi atau gigi berlubang yang terasa berdenyut. Sebagai alternatif, kamu bisa juga membuat teh daun mint dan menjadikannya sebagai obat kumur.

11. Vanili

ekstrak vanili obat tradisional

Ekstrak vanili mengandung alkohol yang dapat membantu meredakan rasa sakit pada gigi dan gusi - OkayDoc

Jika tanaman yang disebutkan sebelumnya tidak cukup membantu meredakan nyeri gigimu, cobalah gunakan ekstrak vanili! Ekstrak vanili mengandung alkohol yang dapat membantu meredakan rasa sakit. Senyawa antioksidan di dalam ekstrak vanili juga dipercaya dapat menyembuhkan luka dengan efektif.

Oleskan sedikit ekstrak vanili dengan menggunakan bola kapas pada bagian gigi yang nyeri. Lakukan cara ini beberapa kali sampai rasa nyut-nyutan pada gigimu mereda.

12. Kompres Es

obat sakit gigi alami dengan es batu.jpg

Cobalah kompres gigi yang sakit dengan menggunakan es batu - OkayDoc

Cobalah juga untuk mengompres gigi yang sakit dengan es batu. Es dapat membuat pembuluh darah di sekitar gigi menyempit sehingga meredakan rasa nyeri dan berdenyut yang menyiksamu. Mengompres dengan es batu juga dipercaya dapat mengurangi gusi bengkak yang kamu alami saat sakit gigi melanda.

Pastikan memakai pembungkus seperti kain atau handuk untuk menghindari es langsung menyentuh kulitmu. Kamu bisa mengompres di area yang sakit selama kurang lebih 20 menit.

Baca Juga: Ragam Cara Mengobati Gusi Bengkak Hingga Tak Kambuh Lagi

Nah, itu dia obat sakit gigi alami yang bisa kamu coba di rumah. Setelah sakit gigimu mereda, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik.

Namun, bila nyeri tidak juga mereda atau bahkan muncul gejala tambahan seperti demam dan keluarnya nanah, segera temui dokter gigimu. Dapatkanlah penanganan yang tepat dari ahlinya. Biasanya setelah dokter memeriksa, kamu mungkin dianjurkan juga untuk mengonsumsi obat antinyeri seperti paracetamol, ibuprofen, dan asam mefenamat.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
01 Jan 1970
Gangguan Kesehatan
Sakit Gigi: Penyakit yang Menjengkelkan dan Bisa Mengancam Jiwamu
Dedi Irawan
03 Aug 2017
Gigi
Obat Sakit Gigi Berikut Bisa Menjadi Penolong di Masa Darurat
Dedi Irawan
24 Apr 2018
Pengobatan
7 Kegunaan Paracetamol dan Tips Memaksimalkan Efeknya
Ayu Winarni Lanjani
24 Jan 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...