• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Kabar baik bagi kamu yang sedang terganggu oleh panu. Ternyata selama ini bahan-bahan makanan yang biasanya ada di dapurmu bisa digunakan sebagai obat panu alami!

Panu yang dalam bahasa kedokteran disebut tinea versicolor memang sangat mungkin dialami seseorang yang tinggal di daerah tropis, seperti di Indonesia. Iklim panas yang membuatmu berkeringat ditambah kondisi kulit yang berminyak menjadikannya sebagai kombinasi penyebab tumbuhnya jamur yang berujung kepada panu.

Apa yang Menjadi Penyebab Panu?

obat panu alami

Jamur Malassezia yang tumbuh secara berlebihan adalah penyebab panu - OkayDoc

Jamur Malassezia yang menyebabkan panu sebenarnya merupakan jamur yang tumbuh alami di permukaan kulit semua orang. Jamur ini membantu melindungi kulit dari infeksi dan patogen lain yang dapat menyebabkan kerusakan atau penyakit. Mereka tumbuh dari mengambil nutrisi sel-sel kulit dan organisme kecil pada kulit.

Namun yang menjadi masalah ketika Jamur Malassezia tumbuh berlebihan akibat iklim dan kebersihan kulit yang tidak terjaga. Kulit akan terinfeksi dan menjadi terlihat lebih gelap atau justru lebih terang dibandingkan warna kulit di sekitarnya. Infeksi jamur yang menimbulkan perubahan warna inilah yang kita sebut dengan panu.

Meski dinilai tidak berdampak sangat berbahaya buat kulit dan tidak menular, panu jelas sekali menjadi masalah karena rasa gatalnya yang tidak tertahankan. Belum lagi jika panu tumbuh di tempat yang mudah terlihat, seperti di wajah.

Sebagai upaya penyembuhan, penderita panu biasa memilih krim antijamur yang dijual bebas di apotek dan supermarket. Umumnya, krim antijamur mengandung selenium sulfida, clotrimazole, dan miconazole. Selain itu, ada pilihan sampo antijamur yang mengandung selenium sulfida dan ketoconazole yang juga bisa dibeli tanpa resep dokter.

Sekarang Ada yang Namanya Obat Panu Alami

daftar obat panu alami

Minyak kelapa menjadi obat panu alami yang ampuh berkat asam lemaknya yang bisa mencegah infeksi jamur - OkayDoc

Namun bagi mereka yang alergi terhadap bahan-bahan kimia tersebut atau sebatas tidak ingin ada bahan kimia di tubuhnya, jangan khawatir. Nyatanya, masih ada bahan alami yang kamu bisa gunakan sebagai pengobatan alternatif. Apa saja obat panu alami yang dimaksud, berikut di antaranya:

Minyak Kelapa

Asam lemak yang terkandung pada minyak kelapa mampu berfungsi sebagai fungisida alami. Hal tersebut berarti bisa membantu menghentikan pertumbuhan infeksi jamur, termasuk infeksi jamur akibat panu.

Cukup oleskan ekstrak minyak kelapa murni pada permukaan kulit yang terindikasi panu, biarkan mengering dengan sendirinya. Cara lainnya adalah dengan mencampur satu sendok makan ekstrak minyak kelapa murni dengan 5-6 tetes minyak kayu manis, oleskan pada kulit yang terinfeksi panu. Biarkan 15-20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Lakukan salah satu langkah tersebut sebanyak 2-3 kali sehari hingga panu sepenuhnya musnah dari kulitmu.

Aloe vera atau lidah buaya

Lidah buaya memiliki protein yang disebut 14 kDa yang bersifat antijamur dan anti-inflamasi. Protein ini efektif dalam mengobati tinea versicolor. Protein tersebut juga secara signifikan dapat mengurangi penyebaran jamur. Selain itu, lidah buaya memiliki banyak sifat penyembuhan yang mampu meregenerasi pertumbuhan kulit.

Caranya cukup membelah daun lidah buaya dan oleskan cairan atau gel dari bagian dalam daun kepada kulit panu. Lakukan 2-3 kali dalam sehari selama beberapa minggu. Kamu juga bisa mencampurkan beberapa tetes minyak lavender dengan satu sendok teh cairan atau gel lidah buaya sebelum mengoleskannya di kulit yang terinfeksi.

Yoghurt

Yoghurt murni yang tanpa ditambahkan pemanis adalah obat alami untuk infeksi jamur. Probiotik pada yoghurt murni bisa mengontrol pertumbuhan jamur panu Malassezia yang berlebihan. Yoghurt juga bisa mempercepat proses pemulihan kulit dan mencegah panu muncul lagi.

Cara pakainya sama seperti bahan-bahan sebelumnya, yaitu cukup mengoleskan yoghurt murni pada kulit yang terinfeksi. Biarkan setidaknya 20-30 menit, lalu bilas bersih dengan air hangat. Kamu juga bisa mengonsumsi 2-3 cangkir yoghurt murni tiap hari untuk membantu memerangi jamur dari dalam tubuh.

Bawang putih

Bawang putih juga merupakan obat panu alami yang efektif. Sifat antijamurnya mampu membantu menghentikan pertumbuhan jamur dan menghilangkan rasa gatal akibat panu.

Caranya, kamu bisa mengoleskan minyak bawang putih pada area yang terinfeksi panu. Sebagai variasi, kamu cukup menumbuk bawang putih dan tempelkan pada permukaan kulitmu yang terasa gatal akibat panu. Tunggu sampai 20 menit, kemudian bilas hingga bersih. Tidak perlu terlalu sering, cukup lakukan hal ini sekali dalam sehari selama seminggu atau sampai panu berhasil diberantas.

Selain itu, mengonsumsi 2-3 siung bawang putih mentah dicampur air hangat pada saat perut kosong tiap harinya mampu mengobati dan mencegah tinea versicolor kembali muncul.

Tidak perlu ragu menggunakan bahan-bahan alami di atas untuk dimanfaatkan sebagai obat panu alami. Demi mendapatkan hasil yang maksimal, perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat juga sangat berpengaruh. Tujuannya, selain menghentikan pertumbuhan panu, bermanfaat pula untuk mencegahnya menyebar.

Perubahan Gaya Hidup seperti Apa yang Disarankan?

manfaat obat panu alami

Cegah munculnya panu kembali dengan mengoleskan tabir surya SPF 30 sebelum beraktivitas di luar ruangan - OkayDoc

Panu sangat mungkin untuk tumbuh secara berulang-ulang sebagaimana jamur yang bisa menyebabkan infeksi nyatanya tumbuh secara alami pada kulit manusia. Obat panu alami mungkin bisa digunakan 1-2 kali sebulan untuk membantu mencegah tinea versicolor datang kembali. Terutama bagi kamu yang hidup di lingkungan yang panas dan lembap, tidak ada salahnya jika obat panu alami diaplikasikan secara rutin.

Berikut adalah beberapa tips pola hidup yang baik untuk membantumu mengendalikan tinea versicolor.

  • Hindari menggunakan produk yang menyebabkan kulit berminyak.
  • Hindari kulit terpapar sinar matahari secara langsung. Paparan sinar matahari dapat memicu atau memperburuk iritasi kulit yang sudah ada. Kulit yang menggelap akibat sinar matahari juga menjadikan ruam akibat panu makin lebih terlihat.
  • Jika kamu harus beraktivitas di luar ruangan dan terpaksa terkena sinar matahari, disarankan untuk menggunakan salah satu obat antijamur alami pada bagian kulit yang pernah terkena panu. Disarankan untuk melakukannya beberapa kali sebelum memulai aktivitas tersebut.
  • Gunakan tabir surya tiap hari. Gunakan tabir surya yang tidak berminyak dengan tingkat SPF di atas 30.
  • Jangan memakai pakaian ketat yang berisiko menutup pori-pori kulit.

Efektivitas obat panu alami belum tentu bisa memberikan efek maksimal tanpa didukung oleh pola hidup yang sehat. Sebagai tambahan untuk dilakukan pada keseharianmu, disarankan untuk mengenakan pakaian dengan bahan yang tidak membuatmu panas dan berkeringat. Pertimbangkan juga untuk mengenakan pakaian dari katun. Semoga cepat sembuh, ya!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Kulit
Manfaat Mandi Susu: Cantik dari Ujung Rambut Hingga ke Ujung Kuku
Dedi Irawan
11 Nov 2017
Kulit
5 Cara Menghilangkan Panu yang Jitu dan Memuaskan!
Dedi Irawan
02 Oct 2017
Wajah
Cara Menghilangkan Bintik Putih di Wajah Sesuai Penyebabnya
Riani Sjarief
02 Jun 2018
Kulit
5 Cara Menghilangkan Panu yang Jitu dan Memuaskan!
Dedi Irawan
02 Oct 2017
Wajah
Cara Menghilangkan Bintik Putih di Wajah Sesuai Penyebabnya
Riani Sjarief
02 Jun 2018
Gangguan Kesehatan
Catat 5 Penyebab Kulit Gatal Ini agar Mudah Diatasi!
Kevin Jonathan
14 Apr 2018
Kulit
5 Cara Menghilangkan Panu yang Jitu dan Memuaskan!
Dedi Irawan
02 Oct 2017
Rambut
15 Cara Memanjangkan Rambut Lebih Cepat dan Natural
Arief Tirtana
10 Apr 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...