• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Lensa kontak memiliki banyak fungsi, mulai dari memperjelas penglihatan bagi penderita mata minus, hingga menambah keindahan pada mata normal. Tetapi merawat lensa kontak perlu perhatian khusus karena benda ini membutuhkan kecermatan melebihi kacamata. Mari kita cermati apa saja tips mudah merawat lensa kontak!

Cuci Tangan dengan Air dan Sabun

cuci tangan

Cucilah tangan hingga benar-benar bersih sebelum memegang lensa kontak - OkayDoc

Senantiasa cuci tanganmu dengan air dan sabun, lalu lap hingga kering. Gunakan sabun dengan komposisi kimiawi ringan agar zat pewangi atau pelembapnya tidak melapisi tanganmu dan beralih ke permukaan lensa kontak. Perhatikan juga saat mengeringkan tanganmu sehingga tidak ada benang yang menempel.

Gunakan Produk Khusus Lensa Kontak

gunakan produk khusus

Pilihlah cairan pembersih lensa kontak yang cocok untukmu - OkayDoc

Saat ini tersedia berbagai cairan pembersih khusus lensa kontak yang bisa dibeli di mana saja. Pilihlah yang cocok dengan matamu agar tetap nyaman saat mengenakan lensa kontak. Kamu juga bisa mendiskusikannya dengan dokter terlebih dulu jika ragu.

Jangan menggunakan air keran untuk membersihkan lensa kontak. Jenis air ini tidak bebas bakteri sehingga berisiko menyebabkan infeksi mata.

Pemilihan obat mata pun harus cermat. Perhatikan mana jenis obat tetes yang aman digunakan oleh pengguna lensa kontak.

Gosok Lensa Kontak Secara Perlahan

gosok lensa perlahan

Gosoklah lensa kontak perlahan-lahan - OkayDoc

Saat membasuh lensa kontak, gunakan jarimu untuk menggosoknya dengan lembut. Sebagian pakar menilai bahwa ini cara terbaik dalam membersihkan lensa kontak. Cucilah lensa kontak tiap habis dipakai.

Lama Penggunaan Lensa Kontak

lama penggunaan lensa kontak

Tempat lensa kontak lebih baik diganti tiap 3 bulan - OkayDoc

Perhatikan berapa lama lensa kontak boleh digunakan. Jangan memakainya lebih dari waktu yang ditentukan. Contohnya, bila kamu membeli lensa kontak dengan masa pakai 14 hari, berarti waktu kedaluwarsanya adalah 14 hari setelah lensa kontak dibuka, bukan 14 kali pemakaian.

Tempat lensa kontak juga sebaiknya diganti tiap 3 bulan. Jika terus digunakan, tempat itu bisa menjadi sarang bakteri yang dapat menginfeksi mata.

Makeup dan Lensa Kontak

makeup dan lensa kontak

Bubuhkan makeup mata setelah memasang lensa kontak - OkayDoc

Pakai makeup atau pasang lensa kontak dulu? Sebenarnya tidak ada urutan tepat mengenai hal ini. Namun para ahli menyarankan pengguna lensa kontak untuk membubuhkan makeup setelah memakai lensa kontak. Begitu juga dengan hairspray, penggunaannya lebih baik dilakukan setelah lensa kontak terpasang.

Sementara saat ingin membersihkan makeup, lepaskanlah lensa kontak sebelum menghapus makeup. Hindari juga makeup jenis waterproof untuk mata karena jika tidak sengaja menempel pada lensa kontak, makeup ini akan sulit dibersihkan.

Menjaga Kuku Tetap Pendek dan Rapi

menjaga kuku pendek dan rapi

Potong kukumu agar lensa kontak tidak tergores - OkayDoc

Kuku yang pendek dan terpotong rapi akan mencegahmu menggores lensa kontak maupun mata secara tidak sengaja. Kebersihan kuku juga lebih terjamin sehingga tidak menyimpan bakteri.

Meski terasa merepotkan, merawat lensa kontak sangatlah penting. Langkah ini akan menghindarkan matamu dari infeksi dan iritasi akibat lensa mata yang tidak bersih. Nah, ayo lebih hati-hati dalam menggunakan lensa kontak.

 

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...