• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Beberapa orang boleh jadi jarang memikirkan kondisi paru-parunya. Padahal, paru merupakan organ utama dalam sistem pernapasan, hal yang sangat penting dalam fungsi kehidupan. Maka dari itu, yuk terapkan tips menjaga kesehatan paru-paru ini.

Fungsi mendasar paru ialah pertukaran udara dari lingkungan, untuk kemudian dialirkan ke sel-sel di seluruh tubuh. Meski begitu, organ ini juga membantumu dapat berbicara, menangis, melindungi tubuh dari infeksi, hingga membentengi jantung dari cedera.

Kerusakan organ ini bukan saja bisa membuatmu terbaring sakit namun juga dapat menyebabkan kematian. Penting kamu ketahui, kanker paru-paru adalah kanker yang paling sering terjadi dan paling banyak menelan korban. Oleh karena itu, perhatikan beberapa hal berikut agar paru-parumu senantiasa sehat.

1. Berhentilah Merokok

MenjagaKesehatanParu-BerhentiMerokok-OkayDoc.jpg

Berhenti merokok adalah langkah awal menjaga kesehatan paru-paru - OkayDoc

Bila kamu perokok, berhentilah dan jika bukan perokok, jangan pernah memulainya. Pasalnya, 90% kasus kanker paru-paru terkait dengan kebiasaan merokok. Selain itu, perokok juga 12 kali lipat lebih mungkin meninggal akibat PPOK (penyakit paru obstruktif kronik).

Merokok membuatmu menghirup ribuan bahan kimia ke paru, termasuk nikotin, karbon monoksida, juga tar. Zat-zat beracun tersebut akan meningkatkan produksi lendir pada paru, sehingga menghambat proses pembersihannya. Senyawa kimia tersebut juga mengiritasi jaringan paru, hingga memicu penuaan dini pada organ ini.

Jika berlangsung terus-menerus, kebiasaan ini akan membuat saluran napasmu menyempit, menimbulkan kesulitan bernapas, hingga mengubah sel-sel dalam organ ini menjadi kanker. Risiko ini pun juga berlaku pada perokok pasif. Jadi, sebisa mungkin, usahakan dirimu bebas asap rokok.

2. Coba Rutin Berolahraga

MenjagaKesehatanParu-Olahraga-OkayDoc.jpg

Menjaga kesehatan paru-paru dengan olahraga kardiovaskular - OkayDoc

Olahraga menyehatkan tubuh secara keseluruhan, termasuk paru-parumu. Jenis olahraga kardiovaskular, seperti aerobik dan berlari lebih disarankan. Pasalnya, olahraga ini dapat meningkatkan kebutuhan sel akan oksigen.

Hal tersebut membuat otot paru-paru menjadi lebih aktif. Paru akan semakin banyak menghirup oksigen dan membuang karbon dioksida dari tubuh. Lewat olahraga, kapasitas paru dapat bertambah dan kinerja organ ini menjadi lebih efisien.

Kegiatan ini akan menyehatkan paru-parumu dan membuatnya terhindar dari beragam penyakit ataupun memperlambat perkembangannya. Selain lewat olahraga kardio, kamu juga bisa melatih paru-paru dengan ragam teknik pernapasan.

Baca Juga: Amati, Ini 7 Gejala Kanker Paru yang Sering Terlewatkan!

3. Lindungi Diri dari Paparan Polutan

MenjagaKesehatanParu-paru-PolusiUdara-OkayDoc.jpg

Lindungi diri sebisa mungkin saat berada di area tinggi polusi - OkayDoc

Berbagai macam polutan dapat memicu penuaan paru hingga merusak organ penting ini. Risiko ini pun bertambah seiring pertambahan usia. Sebagai saran, berikut berbagai cara yang bisa kamu terapkan untuk meminimalkan kontak dengan beragam polutan di udara:

  • Sebisa mungkin tidak berlama-lama di area berpolusi tinggi, seperti banyak kendaraan bermotor. Hindari berolahraga di area ini.
  • Gunakan alat pelindung diri (masker) di tempat tinggi kadar polutan (debu, cat, zat kimia), misalnya di lahan konstruksi, tambang, area pengelolaan sampah, dan lainnya. Hal ini wajib kamu lakukan bila bekerja di wilayah ini.
  • Perhatikan produk pembersih yang digunakan. Hindari produk dengan kandungan VOCs, amonia, pemutih. Produk dari bahan alami lebih disarankan. Selain itu, sangat disarankan untuk memilih cat berbahan dasar air, bukan minyak.
  • Bersihkan rumah dan perabotannya paling tidak seminggu sekali. Jarang membersihkan suatu tempat bisa memicu penumpukan debu dan jamur yang dapat mengiritasi paru-paru.
  • Jaga sirkulasi udara dalam ruangan dengan baik, misalnya memasang kipas angin, exhaust fan, juga membuka jendela.
  • Hindari penyegar udara dari bahan sintetik (buatan). Pasalnya, hal ini bisa membuatmu lebih mungkin terpapar bahan kimia seperti formaldehida dan benzena.

Selain itu, lakukanlah upaya pengurangan polusi udara mulai dari diri sendiri. Misalnya dengan menggunakan listrik seperlunya, membatasi penggunaan kendaraan bermotor, dan menghindari pembakaran kayu juga sampah.

4. Cegah Infeksi Paru Sedini Mungkin

MengajaKesehatanParu-paru-Tomat-OkayDoc.jpg

Makanan tinggi antioksidan seperti tomat dapat membantu menjaga kesehatan paru-parumu - OkayDoc

Hidup sehat merupakan cara terbaik untuk menjaga paru-parumu tetap sehat. Saran-saran berikut untuk melakukannya bisa mulai kamu terapkan dari sekarang:

  • Rajin mencuci tangan dengan air hangat bersabun
  • Menyentuh wajah dengan tangan seperlunya
  • Menghindari berada di kerumunan orang banyak saat musim flu tiba
  • Memastikan tubuh cukup istirahat, yaitu sekitar 7-8 jam tidur per malam
  • Mengelola stres dengan baik. Misalnya dengan meditasi dan memanjakan diri
  • Mencukupi kebutuhan cairan tubuh, yaitu sekitar 2L air per hari
  • Menerapkan pola makan sehat dan seimbang kaya buah dan sayuran seperti brokoli, kubis, tomat dan apel. Batasi juga konsumsi daging olahan yang terkait dengan kanker paru.

Selain itu, jangan lupa melakukan vaksinasi flu setiap tahunnya. Kamu pun disarankan untuk memeriksakan diri secara berkala meskipun kamu tidak sakit.

5. Waspada Pada Ciri Infeksi Ini

MenjagaKesehatanParu-BatukParah-OkayDoc.jpg

Bila mengalami batuk lebih dari 1 bulan segera hubungi dokter - OkayDoc

Saat mengalami salah satu atau lebih kondisi di bawah ini, segeralah memeriksakan diri ke dokter:

  • Mengalami batuk lebih dari sebulan
  • Merasa kesulitan bernapas saat beraktivitas fisik ringan
  • Mengalami mengi, batuk berdarah, ataupun batuk berdahak lebih dari 1 bulan
  • Mengalami nyeri dada dan nyeri bertambah saat batuk ataupun bernapas

Baca Juga: Penyebab Paru-paru Basah dan Tips Jitu untuk Mencegahnya

Tips menjaga kesehatan paru-paru tidaklah sulit dilakukan. Kamu hanya perlu menerapkan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga dan menghindari asap rokok. Tidak lupa, segera periksakan diri ke dokter bila mengalami batuk ataupun mengi lebih dari sebulan ya.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Gangguan Kesehatan
9 Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kanan Ini Perlu Diwaspadai!
Rabbani Haddawi
01 Aug 2018
Gangguan Kesehatan
Ragam Penyebab Napas Pendek Ini Mungkin Kamu Alami
Rabbani Haddawi
12 Aug 2018
Pencegahan
4 Cara Jitu Mencegah Paru-paru Basah!
Lenny Tan
17 Oct 2017
Gangguan Kesehatan
Waspadailah Kumpulan Gejala Paru-paru Basah ini!
Lenny Tan
17 Oct 2017
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...