• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Cari Rumah Sakit
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

Cara Menghilangkan Jerawat pada Kulit Sensitif hingga Tuntas

Diverifikasi oleh dr. Asti Meidianti

Jerawat umumnya disebabkan perubahan hormon, konsumsi makanan tertentu, dan kulit yang kotor. Pengobatan jerawat juga berbeda bagi setiap jenis kulit. Terutama menghilangkan jerawat pada kulit sensitif.

Kulit sensitif terkadang membutuhkan perhatian yang lebih. Bisa saja kamu kesulitan memilih sabun muka untuk jerawat atau obat yang efektif dalam menanganinya. Bahkan tidak jarang, kesalahan memilih produk perawatan berujung pada kondisi jerawat memburuk.

Mengapa Jerawat pada Kulit Sensitif Perlu Ditangani?

perawatan jerawat kulit sensitif

Kulit sensitif rentan terserang infeksi bakteri - OkayDoc

Jerawat memang suatu kondisi yang normal karena umumnya hilang dengan sendirinya. Namun, ada kalanya jerawat berubah menjadi kondisi yang membahayakan, terutama jika jerawat terpapar oleh kuman atau bakteri menyebabkan infeksi sekunder.

Dalam hal ini, kamu perlu merawat kebersihan kulit sensitif. Tentu saja berbeda dengan seseorang yang berjenis kulit normal, kulit sensitif ini membutuhkan perawatan ekstra.

Kamu juga perlu mempertimbangkan pemilihan produk dan obat dengan hati-hati. Agar tidak salah memberikan tindakan, berikut delapan cara menghilangkan jerawat pada kulit sensitif:

1. Gunakan Sabun Pembersih secara Rutin

menghilangkan jerawat pada kulit sensitif menggunakan sabun pembersih

Cara menghilangkan jerawat pada kulit sensitif dengan rutin cuci muka - OkayDoc

Kulit sensitif umumnya menunjukkan gejala seperti kulit yang amat kering, cenderung mudah kemerahan, atau muncul reaksi iritasi.

Membersihkan wajah dengan benar terutama pada kulit sensitif akan membantu kulitmu menahan kelembapan lebih lama serta optimal fungsinya menjadi barier kulit.

Hal ini wajib dilakukan baik bagi kamu dengan aktivitas yang dominan di dalam rumah atau kamu yang sering berolahraga di luar ruangan. Frekuensi membersihkan kulit wajah yang direkomendasikan adalah dua kali sehari.

Cara pertama menghilangkan jerawat pada kulit sensitif adalah menggunakan sabun pembersih yang tepat. Yang kamu perlu perhatikan adalah:

  • Hindari menggunakan pembersih wajah yang mengandung pewangi.
  • Jangan menggosok wajah terlalu keras saat sedang membersihkannya. Kamu bisa gunakan kain atau sarung tangan microfiber yang super halus.
  • Hindari mandi dengan sabun kecantikan, terutama yang mengandung bahan-bahan antibakteri, alkohol, atau pemutih kulit.

2. Gunakan Pelembap Khusus Wajah Sensitif

menghilangkan jerawat pada kulit sensitif menggunakan pelembab khusus

Gunakan pelembab wajah khusus kulit sensitif - OkayDoc

Selain membersihkan dengan sabun wajah, wajah sensitifmu butuh pelembap. Penggunaan pelembap sangat efektif untuk melindung kulit sensitif dari kekeringan yang dapat menjadikannya terlihat kusam.

Sebagian pelembap mengandung bahan-bahan aktif yang belum tentu cocok untuk kulitmu. Maka dari itu, disarankan untuk menanyakan hal ini kepada dokter guna menghindari alergi atau timbulnya reaksi iritasi.

Krim atau losion pelembap dengan hyaluronic acid, gliserin, atau ekstrak aloe vera, teh hijau, atau chamomile disebut dapat menjadi pilihan untuk kulit sensitif. Hindari penggunaan scrub wajah karena dapat memperburuk gejala yang timbul.

Baca Juga: 9 Bahan Efektif untuk Mengobati Jerawat Batu

3. Mengatur Pola Makan

menghilangkan jerawat kulit sensitif

Penelitian menunjukkan asupan gula berlebihan dapat meningkatkan risiko terbentuknya jerawat - OkayDoc

Sebelum menghilangkan jerawat pada kulit sensitif dengan penggunaan obat. Kamu bisa mengatur pola makan terlebih dahulu. Pada beberapa kasus, membatasi konsumsi makanan tertentu dipercaya memberikan pengaruh yang signifikan.

Sebagian orang perlu membatasi konsumsi daging merah, produk susu dan olahannya, serta cokelat. Penelitian menyebutkan bahwa mengurangi asupan gula pada tubuh memberikan peranan besar dalam memberantas jerawat.

Kamu dapat mengurangi karbohidrat olahan seperti roti, pasta, dan nasi putih. Kamu bisa mulai meningkatkan konsumsi gandum yang kaya serat, sayuran dan buah-buahan. Cukupi juga asupan air mineral sekitar 8 gelas per hari.

4. Bersihkan Riasan Dengan Tepat

bersihkan riasan wajah untuk menghilangkan jerawat kulit sensitif

Bersihkan riasan wajah dengan tepat setiap hari - OkayDoc

Penggunaan riasan wajah atau make-up yang sembarangan mungkin memperparah kondisi jerawat pada kulit sensitif. Untuk itu, pilihlah produk make-up dengan bahan yang sesuai dan ringan untuk kulit kamu.

Para ahli merekomendasikan menggunakan bedak tabur untuk meminimalisir kemungkinan iritasi, memilih alas bedak dengan dasar silikon (silicon-based foundation), serta penting untuk memerhatikan tanggal kedaluwarsa kosmetik.

Segera buang produk yang telah habis masa pakainya untuk menghindari kontaminasi bakteri di wajahmu. Hal terpenting yang harus kamu lakukan, selalu bersihkan wajah dengan cara yang benar dan sampai tuntas. Pahami juga ciri-ciri kulit sensitifmu dengan lebih baik.

Konsultasi OkayDoc

"Dok kulit wajah saya sensitif, kering kadang kalo terkena matahari langsung memerah dan kadang suka gatal di bagian jidat, cara mengatasinya bagaimana ya dok? Terimakasih"

Jawaban Dokter

5. Gunakan Obat Bebas untuk Jerawat dengan Bijak

jangan gunakan obat-obatan bebas untuk menghilangkan jerawat pada kulit sensitif

Meski beberapa obat dipercaya ampuh dan aman untukmu, berhati-hatilah dalam menggunakannya - OkayDoc

Untuk mengatasi jerawat, kamu bisa menggunakan obat-obatan tanpa resep dokter yang didapatkan di apotek. Meski begitu, cara mengatasi jerawat pada kulit sensitif yang ini perlu dilakukan secara berhati-hati.

Tanyakan kepada dokter atau ahli farmasi mengenai kecocokan obat dengan kondisi kulitmu yang sensitif ini. Obat-obatan bebas yang dijual umumnya mengandung dua bahan utama. Obat yang mengandung benzoil peroksida dan asam salisilat.

Benzoil peroksida

Zat kimia ini berfungsi secara khusus membunuh bakteri penyebab jerawat dengan cara mengeringkan lapisan epidermis pada kulit wajah. Obat-obatan yang dijual bisa mengandung zat benzoil peroksida yang berbeda-beda, misalnya ada yang mengandung 2,5, 5, dan 10 %.

Jangan memilih secara sembarang, ya. Tanyakan kepada dokter atau ahli farmasi mengenai perbedaannya. Benzoil peroksida umumnya dapat menyebabkan wajah kering.

Dibanding meninggalkannya semalaman di wajahmu, cobalah oleskan produk di wajahmu dan hapus setelah kira-kira 30 menit untuk melihat reaksi yang timbul.

Asam salisilat

Zat asam salisilat berfungsi untuk mengikis lapisan terluar kulit. Jika penggunaan obat jerawat yang mengandung zat ini mengakibatkan kulitmu menjadi tidak nyaman, segera hentikan dan konsultasikan kondisinya kepada dokter.

Apa pun pilihan obatmu, selalu awali dengan membaca cara pakai pada label kemasan. Jangan melebihi saran pemakaian melebihi frekuensi yang disarankan.

6. Konsultasikan Penggunaan Obat Resep Pada Dokter

konsultasikan kepada dokter untuk menghilangkan jerawat pada kulit sensitif

Konsultasikan masalah kulitmu pada dokter kulit guna mendapatkan perawatan yang tepat - OkayDoc

Waspadai jika obat-obatan bebas yang kamu gunakan ternyata memberikan efek samping disertai dengan kondisi jerawat yang terlihat makin parah.

Terdapat beberapa obat yang dokter biasa rekomendasikan untuk mengatasi jerawat yang lebih parah, tergantung dari kondisi masing-masing penderita, dokter dapat menyarankan penggunaan obat-obatan seperti:

Obat antibiotik

Jika jerawat disertai dengan infeksi bakteri, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik jenis clindamycin atau erythromycin. Penggunaan antibiotik tertentu juga berisiko menjadikan seseorang menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Penting untuk diperhatikan, antibiotik harus dihabiskan dan dikonsumsi sesuai dosis yang diberikan dokter.

Suntik steroid

Suntik steroid mungkin akan dipertimbangkan pada beberapa tipe jerawat tertentu, contohnya jenis kistik. Sebaiknya konsultasikan kondisi kulitmu pada dokter terlebih dahulu untuk mendapat penanganan yang tepat.

7. Sabar Menunggu Hasil Pengobatan Jerawat

tunggulah hasil pengobatan saat menghilangkan jerawat kulit sensitif

Saat menggunakan obat untuk penanganan jerawat, cobalah bersabar dalam menunggu hasilnya - OkayDoc

Saat kamu menggunakan obat untuk menghilangkan jerawat, kamu perlu sabar dalam menanti hasilnya. Pada umumnya, hasil perawatan jerawat dapat terlihat setelah 2-3 bulan. Hal terpenting adalah tetap konsisten menjalani langkah-langkah di atas dalam penanganan jerawat.

Sebagai perhatian, pengobatan dengan efek instan tidak selalu baik untuk dilakukan. Terlebih lagi jenis pengobatan yang keamanannya belum terjamin secara medis.

8. Jangan Gunakan Terlalu Banyak Produk Perawatan

menghilangkan jerawat pada kulit sensitif dengan penggunaan produk spesifik.jpg

Membombardir kulit sensitif kamu dengan berbagai produk perawatan jerawat justru dapat memperparah kondisinya - OkayDoc

Menggunakan terlalu banyak produk dalam waktu yang bersamaan atau berdekatan bisa saja menimbulkan iritasi pada kulit sensitif. Setiap kandungan produk bisa saja bereaksi dan membuat kondisi kulit sensitif kamu memburuk.

Lebih bijak bagimu untuk mendiskusikan penggunaan produk perawatan wajah dengan dokter. Biarkan dokter kulit yang memberikan arahan terbaiknya setelah memeriksa kulit kamu secara saksama.

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami Bikin Kamu Makin Cantik

Cara-cara menghilangkan jerawat pada kulit sensitif sebaiknya mendapatkan pengawasan dari dokter atau ahli dermatologi dikarenakan kondisi kulit yang rentan iritasi dengan jenis obat tertentu.

Jangan sampai langkah penanganan yang kamu tempuh justru menyebabkan kondisi jerawatmu menjadi lebih parah, tetap berhati-hati dan lakukan pengobatan dengan telaten!

Diverifikasi oleh dr. Asti Meidianti
Komentar
Artikel Terkait
Kulit
22 Dec 2017
Anti Jerawat dengan 7 Cara Merawat Kulit Sensitif Ini!
Maya Ligina
Kulit
23 Sep 2018
5 Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung hingga Tuntas
Venny Firstyani
Wajah
09 Nov 2017
Perawatan Jerawat pada Kulit Sensitif yang Perlu Diperhatikan!
Annisa Trimirasti
Wajah
10 Jul 2018
6 Tips Aman dalam Memilih Pelembap untuk Kulit Sensitif
Rabbani Haddawi
Pasangan
23 Mar 2018
9 Bagian Sensitif Wanita yang Harus Pria Ketahui!
Vivi Hermin
Kebugaran
17 Nov 2017
Tambah Percaya Diri Dengan Cara Menghilangkan Bau Kaki Hingga Tuntas!
Veronica
Memuat...
Konsultasi
Memuat...