• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Warna kulit yang tidak merata karena paparan matahari berlebih tentu dapat mengganggu penampilan. Nah, untuk mengatasinya kamu perlu cari tahu berbagai cara menghilangkan belang yang tepat.

Pada beberapa orang, perubahan warna kulit ini baru dapat hilang setelah beberapa bulan. Namun umumnya, kulit belang karena matahari dapat kembali seperti semula dalam waktu yang relatif singkat.

Cara Menghilangkan Belang di Kulit

cara-menghilangkan-belang-produk.jpg

Atasi kulit belang dengan produk pencerah kulit - OkayDoc

Perubahan warna kulit setelah terkena paparan matahari sebenarnya merupakan cara kulit untuk melindungi diri. Saat terpapar, kulit akan menambah produksi pigmen berwarna gelap bernama melanin.

Agar masalah warna kulitmu yang tak merata dapat teratasi, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

1. Scrub

Kamu bisa menggunakan scrub yang dapat dibeli bebas untuk mencerahkan kembali warna kulitmu. Bahan ini bekerja dengan mengangkat sel kulit mati sehingga dapat membantu proses pengelupasan secara halus. Pastikan untuk memilih scrub berbahan lembut dan melakukannya secara perlahan, ya.

Namun setelah melakukan perawatan ini, kamu dianjurkan untuk sementara menghindari paparan matahari. Pasalnya, hilangnya lapisan sel kulit mati menyebabkan kulit lebih sensitif terhadap cahaya matahari.

2. Menggunakan Produk Pencerah Kulit

Saat ini, sudah banyak produk perawatan kulit serta krim yang dapat dibeli secara bebas. Saat kamu ingin menggunakan produk ini, carilah yang memiliki kandungan vitamin C, asam glikolat, retinoid, asam azaleat, atau asam kojic.

Bahan aktif tersebut akan membantu mencerahkan kulit dengan melakukan pengelupasan serta mendorong pertumbuhan sel baru. Beberapa juga dapat menghambat produksi melanin sehingga bintik hitam pada kulit dapat dicegah.

Namun, kamu harus tetap berhati-hati dalam menggunakannya. Jangan gunakan produk dengan bahan aktif yang berbeda secara bersamaan karena dapat menimbulkan iritasi serta efek negatif lainnya.

Jangan lupa pula untuk menggunakan tabir surya setiap kali bepergian keluar rumah selama menjalani perawatan ini.

cara-menghilangkan-belang-peeling.jpg

Chemical Peeling dapat menjadi pilihan saat produk perawatan tidak efektif - OkayDoc

3. Chemical Peel

Jika perawatan di atas tidak membuahkan hasil yang berarti, kamu dapat mengunjungi dokter spesialis kulit untuk melakukan perawatan chemical peel atau lebih dikenal dengan peeling.

Bahan yang sering digunakan pada chemical peel adalah asam glikolat, dan asam salisilat. Perawatan ini umumnya akan didampingi juga dengan pemberian dengan krim perawatan lain untuk memperbaiki penampilan kulit.

Baca Juga: Peeling Pada Kulit Wajah? Ketahui Dulu Manfaatnya!

4. Laser

Jenis laser yang digunakan pada perawatan ini adalah IPL (Intense Pulsed Light) dan Q-switched laser. Sama seperti di atas, perawatan laser juga dapat dikombinasikan dengan pemberian krim khusus untuk kulit.

Sebelum melakukan perawatan, dokter akan melakukan percobaan terlebih dahulu di area kulit tertentu untuk mengetahui efeknya terhadap kulit kita. Hal ini dilakukan karena kulit setiap orang memiliki respon yang berbeda-beda terhadap perawatan ini.

Penggunaan laser hanya dapat dilakukan oleh dokter spesialis kulit. Jadi, jangan lakukan perawatan di sembarang tempat untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Penggunaan produk seperti scrub dan pencerah kulit harus dilakukan secara hati-hati sesuai petunjuknya. Penggunaan produk pencerah kulit berlebih dapat menyebabkan atrofi kulit (penipisan kulit) dan justru dapat menyebabkan penggelapan warna kulit secara permanen.

Selain itu, perhatikan bahan-bahan lain yang terkandung dalam produk perawatan tersebut. Hindari memakai produk yang mengandung merkuri, steroid, dan bahan-bahan berbahaya lainnya.

Atasi Kulit Belang Secara Alami

cara-menghilangkan-belang-kunyit.jpg

Ratakan kembali warna kulitmu dengan perawatan alami menggunakan kunyit - OkayDoc

Belang di kulit juga dapat kamu hilangkan menggunakan bahan-bahan alami seperti lidah buaya dan kunyit. Lidah buaya dipercaya dapat menekan pelepasan melanin sehingga proses pigmentasi (perubahan warna kulit menjadi lebih gelap) dapat dikurangi.

Sedangkan pada kunyit, rempah ini disebut memiliki potensi untuk melindungi kulit dari kerusakan yang ditimbulkan oleh sinar matahari apabila digunakan sebagai campuran krim perawatan kulit. Kunyit juga dipercaya dapat mencegah kulit menjadi kering.

Cegah Kulit Kembali Belang

cara-menghilangkan-belang-tabir-surya.jpg

Cegah kulit belang dengan menggunakan tabir surya - OkayDoc

Cara terbaik untuk mencegah kulit kembali belang adalah dengan melindungi diri dari paparan sinar matahari berlebih. Sebisa mungkin tetap di dalam ruangan dari jam 10 pagi hingga jam 2 siang karena sinar matahari paling kuat dipancarkan selama selang waktu ini.

Selain itu, lindungi kulit dari efek buruk paparan sinar matahari dengan menggunakan pakaian yang menutupi bagian tubuhmu dengan baik, topi, dan tabir surya. Agar dapat bekerja dengan optimal, oleskanlah tabir surya di kulitmu 15 hingga 30 menit sebelum keluar ruangan.

Gunakan tabir surya yang dapat melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet (UV) A dan B. Aplikasi tabir surya yang memiliki SPF (Sun Protection Factor) lebih dari 30 dinilai dapat mencegah perubahan warna dan kerusakan kulit akibat matahari.

Baca Juga: Pahami Ragam Jenis Tabir Surya Sesuai dengan Tipe Kulitmu

Sekarang kamu sudah tahu berbagai cara menghilangkan belang, kan? Apapun jenis perawatan yang kamu pilih, ingatlah untuk melakukannya secara teratur sesuai anjuran dan bersabar. Karena pada dasarnya, kulit yang berubah warna tersebut dapat mengelupas secara alami dan digantikan oleh sel kulit baru.

Jika kamu ingin segera mengembalikan warna kulitmu seperti semula, kunjungi dokter spesialis kulit untuk mencari solusi yang aman dan tepat untuk kondisimu. Lakukan juga berbagai langkah pencegahan di atas agar kulit belang tidak kembali muncul.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Gangguan Kesehatan
Mengenal Apa Itu Penyakit Erisipelas, Kembaran Selulitis
Annisa Trimirasti
16 Sep 2018
Gangguan Kesehatan
Kenali Fungsi Kulit Dan Cara Tepat Menjaga Kesehatannya
Eni Sapta
16 Aug 2018
Wajah
Catat, Ini 13 Masker Wajah Alami Untuk Memutihkan Kulit!
Zainabul Khubro
16 Apr 2018
Kulit
Catat, Ini 10 Cara Memutihkan Kulit Tangan dan Kaki
Dedi Irawan
23 Oct 2018
Herba
11 Manfaat Air Mawar untuk Kesehatan dan Kecantikan
Venny Firstyani
11 May 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...