• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Bekas luka muncul sebagai tahapan proses penyembuhan luka. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa kehadirannya dapat mengganggu keindahan kulit. Ada beragam cara untuk menghilangkan bekas luka meski tetap dibutuhkan kesabaran dan waktu.

Apakah ada cara mudah yang dapat dilakukan di rumah untuk menghilangkannya? Mari kita coba 3 cara menghilangkan bekas luka secara alami ini!

Aplikasikan Lidah Buaya pada Bekas Luka

cara-menghilangkan-bekas-luka-secara-alami-OkayDoc1.jpg

Lidah buaya dipercaya sebagai penyembuh, pelembut, pemutih kulit alami - OkayDoc

Lidah buaya tidak hanya berfungsi sebagai penyembuh alami dan pelembut kulit. Tanaman ini telah diketahui dapat membantu menghilangkan bekas luka secara alami di berbagai daerah kulit.

Lidah buaya dapat bertindak sebagai pemutih alami. Cukup oleskan lidah buaya pada bagian bekas luka yang ingin dihilangkan sebelum tidur.

Baca Juga: Petik Manfaat Lidah Buaya dan Jauhi Efek Sampingnya!

Pudarkan Bekas Luka dengan Lemon

cara-menghilangkan-bekas-luka-secara-alami-OkayDoc2.jpg

Vitamin C pada lemon dianggap sebagai kandungan yang mampu mencerahkan warna bekas luka - OkayDoc

Lemon kaya akan vitamin C, yang dipercaya dapat mencerahkan warna kulit, hingga bekas luka. Kandungan lainnya, yaitu Alpha Hydroxy Acids (AHA), pada buah kuning ini membantu mengangkat kulit mati dan merangsang pembentukan kulit baru.

Konsultasi DokterBabe

dok, saya ada luka di kaki akibat jatuh saat main basket dan berbekas sampai sekarang. adakah cara untuk menghilangkan bekas luka?

Jawaban Dokter

Cara memakainya sangat sederhana. Kamu hanya perlu mengoleskan 1 sendok teh air perasan lemon menggunakan cotton bud pada bekas luka. Lalu diamkan selama 10 menit, kemudian basuh hingga bersih. 

Manfaatkan Kunyit, si Rempah Kuning

cara-menghilangkan-bekas-luka-secara-alami-OkayDoc3.jpg

Kunyit tak hanya berguna sebagai rempah penyedap makanan, rempah ini juga memberi efek baik bagi kolagen dan jaringan kulit - OkayDoc

Kunyit dipercaya dapat memberikan kilau pada kulit. Rempah kelompok kurkuma ini mengandung sekitar 5 persen kurkumin. Kandungan kurkumin dapat menurunkan risiko peradangan dan oksidasi yang akan menenangkan kulit.

Rempah ini mempunyai efek positif terhadap kolagen dan jaringan kulit. Sifat antioksidan dan antimikroba pada kunyit dapat membantu menyembuhkan luka serta mengurangi bekas luka.

Sayangnya, penggunaan masker kunyit pada kulit dapat meninggalkan noda berwarna kuning selama beberapa waktu. Sebagian orang dapat pula memiliki alergi jika memakai bahan ini dengan cara dioleskan langsung pada kulit.

Oleskan si Manis Madu

madu-OkayDoc-toples.jpg

Madu mempercepat pemulihan luka dan menyamarkan bekasnya - OkayDoc

Madu telah lama dikenal dapat membantu mempercepat penyembuhan luka serta menyamarkan bekasnya. Hal tersebut berkat kandungan dan sifat yang dimiliki oleh cairan manis ini.

Pasalnya, madu mengandung beragam mineral mulai dari magnesium, kalium, kalsium, juga zat besi. Madu pun memiliki sifat antiinflamasi juga antibakteri serta dapat mendorong regenerasi jaringan kulit.

Beragam jenis luka termasuk luka bakar, bekas jerawat, juga keloid dapat diatasi berkat ragam kandungan tersebut. Penggunaan madu pada bekas luka juga dinilai minim risiko dibanding produk bahan kimia, terutama bila kamu memilih madu mentah organik.

Pemakaian madu pada luka dapat bervariasi. Misalnya, pada keloid, kamu cukup mengoleskannya. Pada bekas luka ini, hasil optimal didapat saat madu dioles sekitar 3 kali sehari.

Gunakan Bawang Bombay dari Dapurmu

bawangbombay.jpg

Bawang bombay dapat membantu menghilangkan bekas luka secara alami - OkayDoc

Ekstrak bawang bombay disebut dapat menghentikan fibroblas, yakni sel yang menghasilkan jaringan parut pada kulit. Tak hanya itu, ekstrak bawang juga menyamarkan bekas luka hingga mengurangi perubahan warna pada kulit yang dapat terjadi akibat kondisi ini.

Kemampuan tersebut mungkin terjadi karena kandungan antioksidan quercetin dalam bawang bombay. Sayangnya, pemakaian bawang pada luka membutuhkan waktu cukup lama hingga memberikan hasil, mulai dari 4 minggu hingga sekitar 3 bulan.

Kamu bisa menggunakannya langsung dengan mengoleskan air perasan bawang ke bekas luka atau membeli produk dengan kandungan ekstrak tumbuhan ini. Produk dapat digunakan pada keloid, bekas luka bakar, bekas penghapusan tato, juga operasi pengangkatan jaringan.

Sapukan Minyak Kelapa

minyakkelapa-OkayDoc.jpg

Cara menghilangkan bekas luka secara alami termasuk menggunakan minyak kelapa - OkayDoc

Vitamin E membantu produksi kolagen yang dapat menyamarkan bekas luka. Sayangnya, minyak vitamin E jarang ditemukan di sekitar kita. Oleh karena itu, sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan minyak kelapa yang tinggi kandungan vitamin ini.

Tak hanya itu, minyak ini pun mengandung asam lemak dan mikronutrien lain yang dapat membantu mengatasi kerusakan kulit karena sifat antiinflamasi juga antioksidannya.

Kamu bisa menggunakan minyak ini pada beragam kondisi, mulai dari keloid hingga bopeng bekas jerawat. Bila dioleskan teratur, hasil dapat dilihat dalam 10 hari.

Tetapi ingat, sebelum menggunakan minyak ini lakukan uji alergi dengan mengoleskannya ke lengan bawah terlebih dahulu. Pasalnya, beberapa orang mungkin mengalami iritasi akibat minyak kelapa.

Ambil Minyak Zaitun

minyak zaitun.jpg

Minyak zaitun dapat membantu menghilangkan bekas luka secara alami - OkayDoc

Minyak zaitun kaya akan antioksidan dan ragam vitamin (K,E,A,C,B1,B2,D) juga zat besi. Kandungan tersebut dapat membantu regenerasi sel, mencegah hiperpigmentasi dan menyamarkan bekas luka.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa mengoleskannya pada bekas luka. Setelah itu, berikan pijatan lembut area tersebut dan tunggu sekitar 2 menit agar minyak meresap. Selanjutnya, kamu bisa membilas perlahan bekas luka dengan air hangat bersabun.

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah Cantikmu

Bila kamu ingin menggunakan satu atau lebih bahan di atas, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Pasalnya, masih diperlukan penelitian lanjutan terkait bukti penggunaan ragam bahan di atas.

Kenyataannya, bekas luka tidak dapat dihilangkan secara sempurna. Tetapi kamu bisa berusaha untuk mengurangi atau memudarkan warnanya. Dengan ini, bekas luka akan makin samar.

Penggunaan salah satu bahan di atas mungkin akan membantumu menangani bekas luka yang tak kunjung hilang. Jangan lupa, lakukanlah secara teratur. Hentikan pemakaian dan hubungi dokter apabila terjadi iritasi atau alergi. 

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Herba
Manfaat Suntik Vitamin C: Dari Menghambat Kanker Hingga Stroke
Vivi Hermin
10 Dec 2017
Kebugaran
4 Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh Kuat Bebas Penyakit
Annisa Trimirasti
12 Jul 2018
Rambut
Rawat Rambutmu dengan Racikan Masker Rambut Lidah Buaya
Asa Citra
04 Jan 2018
Wajah
7 Jenis Pelembap untuk Kulit Berminyak yang Bisa Jadi Pilihan!
Rabbani Haddawi
08 Jul 2018
Kulit
Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air dengan Obat dan Alami
Eka Aulia
06 Oct 2018
Wajah
7 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah Cantikmu
Maya Ligina
15 Oct 2018
Herba
8 Manfaat Bawang Putih Untuk Wajah Cantikmu!
Zainabul Khubro
06 Feb 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...