• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Rambut kerap dianggap sebagai mahkota, terutama bagi wanita. Bila mengalami kerontokan, kamu tentu mencemaskan penampilanmu. Tapi tidak perlu panik, masih ada bahan-bahan alami yang bisa kamu pakai untuk mengatasi rambut rontok!

Normalnya, rambut akan rontok sekitar 50 hingga 100 helai dalam sehari. Helai-helai baru kemudian akan tumbuh untuk menggantikannya.

Gugurnya helai rambut yang tidak biasa dan berlebihan tentu akan membuatmu cemas. Kamu bisa melakukan berbagai cara untuk mengatasinya. Yuk, intip sederet bahan alami untuk mengatasi rambut rontok ini!

1. Lidah Buaya

3Bahan-Alami-untuk-Mengatasi-Rambut-Rontok-isi1-OkayDoc.jpg

Lidah buaya terkenal berguna dalam memperkuat helai rambut - OkayDoc

Substansinya yang mirip gel sering membuat lidah buaya digunakan untuk melembapkan kulit. Demikian juga untuk membantu mengatasi luka bakar.

Tanaman ini juga terkenal berguna dalam memperkuat helai rambut dan merangsang pertumbuhannya, sekaligusmenyehatkan kulit kepala.

Cara pakai yang paling efektif adalah menggunakan dengan mengoleskan gel bening dari lidah buaya segar langsung ke rambut. Setelah dioleskan, tunggulah selama kira-kira 1 jam sebelum keramas dengan air dan sampo.

Baca Juga: Cara Meluruskan Rambut dengan Mudah, Bikin Makin Cantik!

2. Minyak Kelapa

3Bahan-Alami-untuk-Mengatasi-Rambut-Rontok-isi2-OkayDoc.jpg

Minyak kelapa sudah dipakai sejak dulu untuk menyehatkan rambut - OkayDoc

Sejak dahulu kala, minyak kelapa sudah digunakan untuk menyehatkan rambut. Kandungan asam lemaknya akan membantu helai rambut dalam mempertahankan kandungan protein sehingga berujung pada berkurangnya kerontokan.

Minyak ini dapat digunakan sebelum atau setelah keramas. Bila rambutmu berminyak, usapkan dan biarkan minyak kelapa selama beberapa jam hingga semalaman. Tapi jika rambutmu kering, kamu bisa langsung menggunakannya tiap hari di tengah kesibukanmu.

3. Minyak Jojoba

3Bahan-Alami-untuk-Mengatasi-Rambut-Rontok-isi3-OkayDoc.jpg

Minyak jojoba kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk rambut - OkayDoc

Jojoba kaya akan vitamin dan mineral. Contohnya, vitamin E, C, B serta zinc yang baik untuk rambut. Sebab, rambut yang kering lebih rentan untuk mengalami kerontokan. Oleh karena itu, minyak ini diyakini mampu menebalkan rambut dan mencegah kerontokan.

Hangatkan minyak sebelum digunakan. Teteskan 1-2 sendok makan minyak jojoba ke rambut di kepala bagian atas (jangan di kulit kepala), lalu usap hingga ke ujung rambut. Keramaslah setelah membiarkannya selama 20 menit.

4. Lemon

lemon

Kamu bisa menggunakan air perasan lemon untuk memperkuat helai rambutmu - OkayDoc

Bahan alami untuk mengatasi rambut rontok berikutnya adalah lemon. Kamu bisa menggunakan lemon segar maupun yang sudah diolah menjadi minyak.

Lemon diyakini memiliki kemampuan untuk merangsang pertumbuhan rambut sekaligus memperkuat helainya. Kesehatan kulit kepalamu juga bisa terjaga berkat minyak ini.

Bila ingin menggunakan lemon segar, peraslah lemon dan oleskan airnya pada kulit kepalamu. Tunggu sampai 15 menit, lalu keramaslah memakai sampo.

5. Minyak Peppermint

Minyak Peppermint

Minyak peppermint mampu melancarkan peredaran darah di kulit kepala sehingga membantu pertumbuhan rambut - OkayDoc

Minyak ini mengandung bahan mentol. Bahan ini dapat melebarkan pembuluh darah di bawah kulit. Berkat itu, aliran darah di kulit kepala pun bertambah lancar sehingga membantu pertumbuhan rambut.

Minyak peppermint juga dikatakan memiliki manfaat untuk menebalkan kulit kepala sekaligus meningkatkan jumlah folikel rambut.

6. Minyak Geranium

Minyak Geranium

Kamu bisa mengoleskan beberapa tetes minyak geranium pada helai rambutmu untuk menguatkan dan melembapkannya- OkayDoc

Minyak dari tanaman ini diduga mampu membantumu dalam menguatkan, melembapkan, dan merangsang pertumbuhan rambut. Cara pakainya cukup mudah, kamu cukup mencampurkan beberapa tetes minyak ini pada sampo dan conditioner yang biasa kamu gunakan.

Baca Juga: Rambut Hitam Berkilau dengan Cara Menghitamkan Rambut

Mengatasi rambut rontok biasanya membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Dibutuhkan komitmen dan kesabaran hingga efeknya bisa terlihat.

Kamu juga disarankan untuk bertahan pada 1 pola perawatan agar hasilnya optimal. Apabila cara-cara yang kamu lakukan tetap tidak efektif, konsultasikanlah dengan dokter agar bisa mendapatkan diagnosis dan penanganan medis yang lebih tepat.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Rambut
Jangan Sedih, Ini Dia Ragam Cara Mengatasi Kebotakan
Rini
17 Nov 2017
Diet
Lemas dan Sering Sakit? Mungkin Kamu Kekurangan Vitamin D
Annisa Trimirasti
12 Oct 2017
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...