• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Masturbasi adalah proses untuk memperoleh kepuasan seks tanpa berhubungan intim. Tak hanya pria, wanita, termasuk ibu hamil juga kadang menginginkannya. Tetapi, amankah masturbasi saat hamil untuk dilakukan?

Ternyata, masturbasi boleh dilakukan selama masa kehamilan. Namun orgasme yang Bunda alami dapat memicu kontraksi rahim. Karena itu, dalam beberapa kondisi, masturbasi sebaiknya tidak dilakukan. Bila tetap ingin melakukannya, Bunda mungkin butuh pertimbangan dari dokter.

## Jadi, Bolehkah Melakukan Masturbasi Saat Hamil? ##

masturbasi saat hamil

Bila rahimmu yang lemah atau pernah keguguran, sebaiknya hindari melakukan masturbasi - OkayDoc

Wanita meskipun sedang hamil tetap saja memiliki gairah seksual yang perlu disalurkan. Bahkan terkadang, libido beberapa wanita akan naik selama masa kehamilan.

Saat hal tersebut terjadi pada Bunda, hubungan intim saat hamil dapat Bunda lakukan. Namun, lebih baik jika Bunda memastikan pada dokter yang merawat mengenai keamanan melakukan hubungan seks atau masturbasi, agar sesuai dengan kondisi pribadi Bunda.

Jika kehamilan sehat dan tidak berisiko, kegiatan intim ini biasanya memang tidak dilarang.

Hal yang perlu dicatat adalah beberapa wanita dapat merasakan sensasi kram ringan setelah melakukan kegiatan masturbasi. Sensasi tersebut dikaitkan dengan kontraksi otot rahim yang terjadi saat melakukan masturbasi.

Pada kondisi kehamilan tertentu, Bunda mungkin tidak disarankan melakukan kegiatan ini. Berikut rincian kondisi yang dimaksudkan:

  • Pernah melahirkan prematur atau memiliki ciri-ciri risiko melahirkan prematur.
  • Pernah keguguran.
  • Menderita plasenta previa. Kondisi di mana plasenta terletak rendah di dinding rahim bagian bawah sehingga sebagian atau seluruhnya menutupi jalan lahir.
  • Memiliki rahim lemah.
  • Mengalami perdarahan pada vagina.
  • Mengalami ketuban pecah sebelum waktunya.
  • Memiliki leher rahim yang pendek.
  • Pernah mengalami subchorionic hematoma. Penggumpalan darah di belakang plasenta pada tiga bulan pertama kehamilan.

Bila mengalami satu atau lebih kondisi di atas, periksakanlah diri ke dokter dan ikuti anjurannya. Bila dokter menyarankan untuk tidak melakukan hubungan seks, tanyakan kembali apakah masturbasi saat hamil juga sebaiknya kamu hindari.

Baca Juga: Bolehkah Berhubungan Intim Saat Hamil Muda?

## Manfaat Masturbasi Saat Hamil ##

manfaat masturbasi saat hamil

Masturbasi dapat membuatmu rileks dan meredakan sakit punggung akibat hamil - OkayDoc

Bila kehamilan sehat dan dokter memperbolehkan Bunda melakukan masturbasi, Bunda perlu mengetahui berbagai manfaatnya.

Sebenarnya, masa kehamilan dapat memicu peningkatan hormon progesteron dan estrogen dalam tubuh beberapa wanita. Peningkatan kedua hormon tersebut dapat menyebabkan gairah seks meningkat pesat.

Sebagian lainnya mungkin merasa kurang nyaman melakukan hubungan seks secara langsung. Hal tersebut diakibatkan ukuran perut yang terus membesar, gejala mual dan muntah yang mengganggu, perasaan mudah lelah serta merasa lemas.

Beberapa pria pun kadang khawatir berhubungan seks akan menyakiti pasangan atau bayi di dalam kandungan. Dalam kondisi ini, masturbasi bersama menjadi jawaban solutif untuk kedua belah pihak. Kekhawatiran pria dapat diredam dan keinginan orgasme wanita hamil tetap dapat terpenuhi.

Selanjutnya, masturbasi saat mengandung juga dapat mengurangi ketegangan otot atau perasaan tidak nyaman akibat kehamilan. Dibandingkan bercinta saat hamil dengan posisi tertentu, masturbasi jauh lebih minim gerakan dan kamu juga bisa menopang kondisi perut yang membesar agar aman dari goncangan.

Ada gerakan-gerakan dalam berhubungan intim yang mungkin memicu mual dan muntah. Sementara pada masturbasi, Bunda dapat menghindari gerakan tersebut.

Bunda juga dapat menghindari tekanan fisik yang berlebihan pada tubuh yang mungkin muncul saat berhubungan, seperti sakit punggung bagian bawah atau nyeri yang bertambah bila kaki membengkak. Selain itu, masturbasi dapat memberikan kenikmatan seksual yang sama seperti interaksi seksual yang sebenarnya.

Cara Melakukan Masturbasi Saat Hamil

mandi-OkayDoc-500364.jpg

Agar sensasi masturbasi semakin optimal, manjakan diri dengan mandi air hangat sebelumnya - OkayDoc

Cara melakukan masturbasi saat mengandung tidak jauh berbeda dengan mempraktikannya di waktu lain. Untuk menambah sensasi, Bunda dapat melakukan beberapa kegiatan sebelum masturbasi. Berikut contohnya:

  • Mandilah cukup lama sambil mengusap seluruh bagian tubuh termasuk alat kelamin dan payudara.
  • Setelah mandi, coba keringkan tubuh perlahan di depan cermin. Cobalah gunakan losion dengan wangi favorit Bunda ke seluruh tubuh.
  • Kemudian, buat suasana kamar tidur Bunda nyaman. Bisa dengan menjadikan suhu ruangan hangat atau dengan memutar musik santai.
  • Bila ingin memakai alat bantu seks, pastikan kehamilan Bunda tidak bermasalah, jangan melakukannya secara berlebihan, dan alat tersebut benar-benar bersih. Selalu cuci dengan sabun pembersih, bilas, dan keringkan alat tersebut setiap akan dipakai.

Setelah selesai melakukan masturbasi, pastikan juga Bunda menerapkan tips di bawah ini agar kehamilan tetap terjaga dan tidak mengalami komplikasi akibat masturbasi:

  • Membersihkan organ intim setelah melakukan masturbasi. Langkah ini akan menurunkan risiko infeksi pada vagina.
  • Jika Bunda menggunakan alat bantu seks, basuhlah alat tersebut sampai bersih setelah selesai digunakan. Ingat juga agar Bunda tidak menggunakan alat bantu seks bekas orang lain, atau meminjamkannya pada orang lain.

Orgasme bisa saja menyebabkan kontraksi palsu (kontraksi Braxton Hicks), Bunda tidak perlu khawatir karena hal ini normal. Kondisi ini disebabkan oleh detak jantung yang bertambah cepat sehingga janin bergerak lebih sering.

Namun, jika kontraksi dirasa bertambah parah, segera hubungi dokter ahli kandungan yang merawat Bunda.

Baca Juga: Fakta dan Bahaya Masturbasi yang Tidak Kamu Ketahui

Tentu saja, setelah membaca rincian di atas, Bunda mengetahui bahwa masturbasi saat hamil aman dilakukan jika kandungan dalam kondisi sehat. Selain itu, kegiatan intim ini memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil.

Mulai dari kepuasan pribadi, menghindari tekanan fisik yang mungkin muncul saat berhubungan seks, hingga merelaksasi otot-otot yang tegang akibat kehamilan. Meski begitu, akan lebih baik jika Bunda juga mengonsultasikan terlebih dahulu hal ini kepada dokter kandungan. Ingat, demi kesehatan janin, jangan malu bertanya ya!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Gangguan Kesehatan
Arti Warna Darah Haid yang Perlu Kamu Ketahui
Annisa Trimirasti
05 Nov 2018
Pasangan
Intip Foreplay yang Disukai Wanita dan Jadikan Ia Ratu
Dedi Irawan
16 Sep 2017
Diet Ibu Hamil
Makanan Ibu Hamil Trimester Pertama agar Janin Sehat
Tsalis Annisa
28 Mar 2018
Diet Ibu Hamil
8 Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Kedua yang Patut Dicoba
Dedi Irawan
08 Aug 2017
Kesehatan Kandungan
Persiapkan Kelahiran si Kecil, Ini 5 Tips Melahirkan Normal
Veronica
30 Aug 2017
Diet Ibu Hamil
Makanan Ibu Hamil Trimester Pertama agar Janin Sehat
Tsalis Annisa
28 Mar 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...