• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Kesalahan saat pemulihan amandel dapat mengakibatkan komplikasi berbahaya, seperti dehidrasi, kurang nutrisi, hingga perdarahan. Tak perlu khawatir, tips selama masa penyembuhan amandel ini akan membantumu menghindarinya.

Sebagian kasus infeksi amandel akan membaik setelah beberapa minggu tanpa pengobatan khusus. Sayangnya pada kasus lain, operasi harus dilakukan.

Rasa sakit setelah operasi mungkin kamu rasakan hingga berhari-hari dan paling menyiksa pada 1 minggu pertama. Sakit akan berkurang pada minggu kedua. Selama masa penyembuhan, kamu juga mungkin akan sulit menelan.

Prosedur Pengangkatan Amandel

masa penyembuhan amandel OkayDoc

Setelah pengangkatan amandel, maka dokter menyarankan untuk beristirahat di rumah 2-3 hari - OkayDoc

Pada kasus yang parah, infeksi berulang yang tak kunjung sembuh, mengganggu aktivitas sehari-hari, tidak bisa ditangani dengan obat-obatan, amandel akan diangkat. Prosedur ini disebut tonsillectomy.

Meski tergolong sederhana, ada berbagai keluhan akan muncul setelah operasi. Termasuk rasa sakit pada area pengangkatan amandel.

Sakit pada bagian rahang, kuping, atau leher juga bisa muncul. Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk beristirahat di rumah selama 2-3 hari setelah operasi. Aktivitas berat, seperti olahraga, baru boleh kamu jalani setelah 2 minggu.

Ketika sudah di rumah, kamu mungkin bingung apa yang harus dilakukan untuk mempercepat proses pemulihan. Mempelajari tips selama masa penyembuhan amandel akan membantumu melewatinya.

Baca Juga : 5 Cara Jitu Untuk Mencegah Bau Mulut

5 Tips Selama Masa Penyembuhan di Rumah

tips selama masa penyembuhan amandel

Diperlukan perawatan yang tepat selama masa penyembuhan amandel - OkayDoc

Masa penyembuhan merupakan fase yang menentukan keberhasilan penanganan amandel. Jika salah memberikan perawatan pada masa ini, risiko berbagai komplikasi mungkin akan muncul. Berikut tips mudah yang dapat kamu lakukan di rumah:

Posisi Kepala untuk Mencegah Bengkak

Begitu sampai di rumah, kamu sebaiknya langsung berbaring dengan posisi kepala lebih tinggi. Kamu bisa memakai beberapa bantal untuk melakukannya.

Posisi kepala yang lebih tinggi berperan untuk mengurangi bengkak. Kamu juga bisa mengompres lehermu dengan kain berisi es.

Perhatikan Makanan dan Minumanmu

Untuk mencegah munculnya mual dan muntah, disarankan makan dengan perlahan. Sebaiknya hindari pula makanan atau minuman panas, pedas, keras, dan renyah selama beberapa hari.

Untuk mengatasi sakit tenggorokan, kamu harus sering minum air sedikit demi sedikit atau mengisap serpihan es. Makanan dingin, lembut dan tawar paling baik pada masa ini. Misalnya es krim, puding, dan oatmeal.

masa-penyembuhan-amandel-OkayDoc.jpg

Saat masa penyembuhan amandel direkomendasikan mengonsumsi puding atau oatmeal

Banyak Minum untuk Cegah Dehidrasi

Risiko dehidrasi sangat mungkin terjadi setelah operasi amandel karena kamu kesulitan menelan. Karena itu, perbanyaklah minum pada masa penyembuhan meski disertai sakit. Tapi ingat, jangan mengonsumsi minuman asam.

Kurangi Interaksi dengan Banyak Orang

Setelah pulang, beberapa temanmu mungkin datang menjenguk. Sebaiknya batasi interaksi dengan banyak orang. Hal ini penting untuk mencegah kemungkinan terpapar infeksi dari orang lain.

kurangi interaksi dengan orang lain saat masa penyembuhan amandel

Setelah amandel diangkat, jangan sampai terkena infeksi kembali - OkayDoc

Istirahat Selama Beberapa Hari

Setelah operasi, hindari aktivitas sehari-hari yang menguras banyak energi selama 2 minggu. Misalnya, sekolah atau bekerja. Cobalah untuk beristirahat total dan tidur.

Aktivitas normal baru dapat dilanjutkan apabila kamu sudah tidak memerlukan obat pereda rasa sakit. Ciri kondisi telah membaik lainnya meliputi pola makan dan tidurmu yang normal kembali.

Baca Juga : Operasi Amandel Dewasa Dilakukan dengan Cara-cara Ini

Konsumsi obat untuk mengatasi rasa sakit akan diperlukan selama masa penyembuhan. Pastikan mengonsumsinya sesuai dengan resep dokter.

Jangan lupa untuk kembali memeriksakan kondisimu ke dokter pada 10-14 hari pascaoperasi. Bila terjadi dehidrasi, perdarahan (bukan sekedar bercak darah berwarna hitam), demam tinggi, atau kesulitan bernapas, segeralah memeriksakan diri ke dokter. 

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Gangguan Kesehatan
Kenali Penyebab Kepala Sering Pusing dan Cara Mencegahnya
Vivi Hermin
19 Aug 2018
Kesehatan Ibu
Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil yang Tak Boleh Dilewatkan
Vivi Hermin
26 Aug 2018
Pengobatan
Simak 4 Operasi Amandel Dewasa Sebelum Menjalaninya
Veronica
01 Sep 2017
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...