• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Yoghurt adalah salah satu produk susu fermentasi yang paling populer di seluruh dunia dan telah diklaim sebagai makanan sehat. Yoghurt mengandung probiotik, yaitu bakteri hidup yang dikultur dan biasa disebut bakteri baik. Bakteri tersebut banyak ditemukan di produk susu, seperti keju parmesan dan cheddar. Selain itu, ditemukan pada produk-produk yang difermentasi, seperti acar, miso jepang, dan kimchi korea.

Manfaat yoghurt untuk kesehatan dapat diandalkan untuk membantu sistem pencernaan, menenangkan perut yang mual, mengurangi kembung, dan mengatur fungsi usus. Yoghurt dapat diberikan apabila kita mengalami diare. Meskipun saat diare dianjurkan untuk menghindari produk susu, tetapi tidak untuk minuman susu fermentasi yang mengandung probiotik, seperti yoghurt. Hal ini dikarenakan yoghurt mampu mengembalikan bakteri baik di dalam tubuh.

Yoghurt juga merupakan makanan yang sangat tinggi kalsium, yang mana kita tahu bahwa kalsium sangat berperan penting untuk kekuatan tulang. Di dalam yoghurt juga banyak terdapat vitamin dan mineral, seperti vitamin B2 (riboflavin), vitamin B12, potasium, fosfor, iodine, magnesium, dan zinc. Dikarenakan yoghurt dihasilkan dari susu, maka yoghurt juga tinggi akan protein hewani, yaitu sekitar 9 gram per porsi. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa manfaat mengonsumsi yoghurt dikaitkan dengan kesehatan tulang yang baik, mencegah penyakit jantung, mencegah diabetes, dan menghambat obesitas. Fakta bahwa manfaat yoghurt untuk kesehatan sangatlah bagus, maka banyak orang-orang yang sadar akan kesehatan membuatnya menjadi suatu healthy habit tersendiri.

Apa Saja Manfaat dan Kebaikan Mengonsumsi Yoghurt?

manfaat yoghurt untuk kesehatan tubuh

Konsumsi yoghurt secara rutin bisa menurunkan risiko mengalami pengeroposan tulang akibat osteoporosis - OkayDoc

Siapa yang menyangka ternyata yoghurt menyimpan beragam nutrisi yang bermanfaat. Meski begitu, daripada hanya dicoba sesekali saja, lebih disarankan untuk mengonsumsinya secara rutin tiap hari agar bisa mendapatkan manfaatnya semaksimal mungkin. Apa saja kebaikannya?

  • Mencegah osteoporosis

    Sebuah studi dari Journal Osteoporosis International membandingkan antara orang-orang yang tidak mengonsumsi yoghurt dengan orang-orang yang tiap hari mengonsumsi yoghurt. Mereka menemukan bahwa seseorang yang tiap hari mengonsumsi yoghurt mendapatkan peningkatan kepadatan mineral tulang hingga 3-4 persen. Sehingga yoghurt yang dikonsumsi tiap hari mampu membantu tulang kita tetap sehat di usia tua kelak.
  • Mampu menekan risiko darah tinggi (hipertensi)

    Takaran yang dianjurkan untuk mengonsumsi yoghurt setidaknya 170 gram yoghurt per tiga hari atau tiga sendok yoghurt tiap hari. Sebuah publikasi dari Harvard Health Publication yang meneliti sebanyak 2.200 orang dewasa dan menilai makanan mereka dengan kuesioner selama 15 tahun, menyebutkan bahwa seseorang yang mengonsumsi yoghurt sebanyak 170 gram tiap hari memiliki tekanan darah rendah dan 30 persen lebih kecil berkemungkinan untuk memiliki tekanan darah tinggi dibandingkan yang tidak mengonsumsi yoghurt sama sekali.
  • Menghindari risiko diabetes tipe 2

    Yoghurt mampu meningkatkan resistensi insulin, menurunkan kadar glukosa darah, dan menurunkan lemak trigliserida serta kolesterol. Survei longitudinal dari EPIC (European Prospective Investigation into Cancer) mengenai hubungan mengonsumsi produk susu dengan risiko penyakit diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa yoghurt yang dikonsumsi secara teratur mampu mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebanyak 28 persen sehingga yoghurt bisa dijadikan healthy snack yang tepat.
  • Mampu menurunkan berat badan berlebih atau obesitas

    Yoghurt telah sering dijadikan dasar untuk mengontrol berat badan selama beberapa dekade. Seseorang yang mengalami kelebihan berat badan dan ingin mengontrol kalori mereka dengan diet, mengonsumsi yoghurt tiap harinya terbukti bermanfaat mendukung penurunan berat badan lebih cepat. Menurut data yang dipaparkan di sebuah konferensi internasional, mengonsumsi tiga porsi yoghurt tiap hari mampu menurunkan lebih dari 30 persen berat badan, menurunkan lemak tubuh sebanyak 60 persen, dan ukuran pinggang berkurang 15 persen.
  • Dapat menurunkan risiko Kanker Usus Besar (kanker kolon)

    Manfaat yoghurt untuk kesehatan yang terakhir adalah untuk menurunkan resiko kanker usus besar. Dari data Globocan, insiden kanker usus besar di Indonesia menempati urutan nomor 3 dari seluruh kasus kanker. Yoghurt sebagai camilan sehat yang mengandung probiotik banyak menguntungkan beberapa fungsi usus, termasuk usus besar, seperti detoksifikasi. Sebuah jurnal penelitian menyimpulkan bahwa susu yang difermentasi dengan kultur probiotik dapat menurunkan risiko kanker usus besar, meskipun masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Jenis Yoghurt Berdasarkan Bahan Dasar dan Kadar Lemak

manfaat yoghurt untuk kesehatan yang harus kamu ketahui

Yoghurt aman untuk dikonsumsi oleh semua orang, terlepas dari usia atau kondisi-kondisi lainnya - OkayDoc

Terdapat beberapa jenis yoghurt yang dibuat dari bahan-bahan yang berbeda dan mengandung kadar lemak yang berlainan pula. 

  • Yoghurt susu murni (whole milk yogurt)

    Yoghurt ini terbuat dari susu yang memiliki lemak sebanyak 3,25 persen.
  • Yoghurt rendah lemak (low-fat yogurt)

    Yoghurt ini terbuat dari susu rendah lemak yang mengandung lemak sebanyak 0,5-2 persen.
  • Yoghurt tanpa lemak (non-fat yogurt)

    Yoghurt ini terbuat dari susu skim yang memiliki lemak kurang dari 0,5 persen.
  • Yoghurt Yunani (greek yogurt)

    Yoghurt ini dikenal juga dengan sebutan yoghurt Yunani. Yoghurt ini lebih kental daripada jenis yoghurt umumnya karena tidak mengandung dadih susu.
  • Yoghurt susu kambing (goat milk yogurt)

    Ini adalah yoghurt dengan rasa gurih yang lebih terasa. Jika Anda penggemar keju kambing, Anda akan menikmati yoghurt susu kambing.
  • Yoghurt kacang kedelai (soy yogurt)

    Terbuat dari susu kedelai, produk ini memiliki tekstur dan konsistensi yoghurt susu. Yoghurt kedelai tersedia di dalam berbagai rasa dengan/tanpa kultur aktif.
  • Yoghurt kefir

    Yoghurt ini biasa disebut dengan drinking-style yoghurt karena lebih encer dari yoghurt biasa dan sering ditambahkan perisa buah-buahan. Kefir dapat dibuat dari susu sapi, domba, kelapa, atau kacang kedelai.

Yoghurt dinilai sebagai camilan sehat unik dan bersejarah yang mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting, belum lagi protein yang berkualitas tinggi. Fleksibilitasnya membuat manfaat yoghurt untuk kesehatan cocok untuk semua umur dan bermanfaat juga untuk diet terapeutik untuk menurunkan risiko kardiovaskular, mendukung kesehatan tulang, dan manajemen berat badan.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Diet
Lezatnya Kacang dan Buah yang Mengandung Vitamin E Ini!
Annisa Trimirasti
07 Oct 2018
Gangguan Kesehatan
Kenali Gejala Saraf Kejepit agar Bisa Ditangani Secepatnya
Rabbani Haddawi
28 Jul 2018
Gangguan Kesehatan
Mengenali Ciri-ciri Kelenjar Getah Bening yang Bermasalah
Dedi Irawan
05 Oct 2018
Gigi
Ikuti Cara Merawat Gigi Palsu Ini untuk Hindari Komplikasinya!
Nina Hertiwi
12 Oct 2018
Kesehatan Ibu
Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil yang Tak Boleh Dilewatkan
Vivi Hermin
26 Aug 2018
Kebugaran
5 Manfaat Mendaki dan Tips Aman untuk Melakukannya
Rabbani Haddawi
28 Jul 2018
Memuat...
Tanya Dokter
Memuat...